Tech-Fun!

Bank Jago vs Jenius, Mana yang Lebih Terbaik?

Home / Tech-Fun! / Bank Jago vs Jenius, Mana yang Lebih Terbaik?

Bank Jago vs Bank Jenius

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak sekali aplikasi e-Wallet, dimana aplikasi ini berfungsi untuk pembayaran yang bisa tentunya akan ada banyak sekali promo menarik yang didapatkan.

Selain aplikasi e-Wallet, ada juga aplikasi bank digital. Yups, sama seperti bank konvensional pada umumnya, aplikasi ini berguna untuk menyimpan uang atau tabungan.

Dimana nasabah tidak perlu datang ke kantor untuk mendaftar. Jadi, cukup melalui aplikasi saja, nasabah sudah bisa terdaftar. Salah satu aplikasi bank digital adalah Bank Jago, Jenius, Seabank dan lain sebagainya.

Nah, salah satu aplikasi bank yang kerap dibandingkan oleh orang-orang adalah aplikasi Bank Jago dan Jenius. Pas banget nih, berikut ini kami bahas mengenai perbedaan Bank Jago vs Jenius. Jadi disimak ya!

Apa itu Bank Jago?

Bank Jago vs Bank Jenius

Bank Jago

Bank Jago merupakan salah satu bank digital di Indonesia yang dimana aplikasi ini berada dinaungan perusahaan PT Bank Jago Tbk. Sebelumnya bank ini bernama PT Bank Artos Indonesia Tbk.

Namun di tahun 2020 berganti menjadi Bank Jago. Aplikasi bank digital ini tersedia di Play Store dan juga App Store. Nah, untuk kamu yang mau download, bisa langsung klik tombol berikut ini ya!

 

Apa itu Bank Jenius?

Bank Jago vs Bank Jenius

Bank Jenius

Sama seperti Bank Jago, Bank Jenius merupakan salah satu bank digital terbaik yang ada di Indonesia. Aplikasi ini merupakan aplikasi bank digital milik BTPN yang dirilis pada tahun 2016. Kerennya, Bank Jenius inilah yang menjadi pelopor sebagai aplikasi bank digital.

Banyak yang menggunakan aplikasi ini karena terdapat fitur yang bisa kamu gunakan sebagai transaksi untuk berlangganan aplikasi streaming film seperti Viu, Disney+ maupun Neflix.

Nah, untuk kamu yang mau download aplikasi Bank Jenius, bisa langsung klik tombol berikut ini ya!

 

Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang sama dimana pengguna bisa menabung, mengatur keuangan, serta bertransaksi online. Lantas apa ya yang membedakan antara Bank Jago vs Bank Jenius? Kalau penasaran, kamu bisa simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Antara Bank Jago dan Jenius

Nah, berikut ini beberapa perbedaan antara Bank Jago vs Jenius. Jadi disimak baik-baik ya!

1. Layanan

Bank Jago vs Bank Jenius

Layanan – Image by Bank Jago

Setiap bank pasti memiliki pelayanan yang berbeda, meskipun tujuannya untuk membuka tabungan secara online. Nah, perbedaan layanan ini juga nantinya akan mempemudah kamu dalam memilih mana bank yang terbaik untuk kamu.

So, berikut ini beberapa layanan yang tersedia antara Bank Jago dan Bank Jenius:

Layanan yang TersediaBank JagoBank Jenius
Membuka Tabungan OnlineTersediaTersedia
Transfer OnlineTersediaTersedia
Tarik Tunai Menggunakan ATM Bank LainTersediaTersedia
Tabungan BerjangkaTersedia – Kantong Nabung (Maximal 20)Tersedia – Dream Saver (Maximal 5)
Tabungan USDTidak TersediaTersedia
DepositoTersedia – Kunci KantongTersedia – Maxi Saver
Fasilitas SBNTidak TersediaTidak Tersedia
Akun Premium/BisnisTersediaTersedia
Payment Menggunakan QRISTidak TersediaTersedia
Promo CashbackTidak TersediaTersedia
InterkoneksiTersediaTidak ersedia
Aplikasi ResponsiveTersediaTersedia

Bisa dilihat dari table di atas, kedua tabungan ini memiliki fitur yang hampir sama. Sehingga untuk menentukannya kamu perlu tau layanan apa yang tersedia.

Contohnya:

  • Kamu ingin menabung di tabungan USD, maka Bank Jenius bisa menjadi pilihan terbaik.
  • Jika tujuanmu ingin menabung lebih dari 5, maka Bank Jago bisa kamu gunakan karena kamu bisa membuat hingga 20 kantong tabungan.
  • Jika tujuanmu ingin investasi obligasi ritel dimana membutuhkan fasilitas SBN, maka kedua aplikasi ini tidak cocok untuk kamu.

2. Biaya Administrasi

Bank Jago vs Bank Jenius

Biaya Administrasi – Image by Bank Jenius

Selanjutnya biaya administrasi atau layanan. Karena keduanya merupakan aplikasi bank digital online, maka akan ada biaya yang harus kamu keluarkan untuk bisa menikmati layanannya.

Nah, berikut ini perbandingan biaya administrasi antara Bank Jago vs Jenius:

Biaya LayananBank JagoBank Jenius
Administrasi Per BulanRp0,-Rp10.000,-/Bulan
Transfer Online dan Top Up e-WalletRp0,-Gratis sampai 25 kali transaksi
Tarik Tunai di ATM Bank LainRp0,-Gratis sampai 25 kali transaksi

Perbedaan dari segi biaya antara Bank Jago vs Jenius, cukup signifikan ya. Karena keseluruhan transaksi di Bank Jago gratis. Sedangkan Bank Jenius, kamu dikenakan biaya Rp10.000,-/bulan.

Pada bagian ini mungkin kamu akan memilih Bank Jago sebagai aplikasi bank digital terbaik. Tapi tunggu dulu, masih ada beberapa perbedaan lainnya yang perlu kamu pertimbangkan di poin selanjutnya.

3. Transaksi

Bank Jago vs Bank Jenius

Transaksi – Image by Bank Jago

Berikutnya dari segi transaksi, yups kedua aplikasi ini memiliki misi yang sama, dimana mereka ingin membuat layanan bank menjadi lebih mudah, fun, dan tidak kaku seperti bank konvensional pada umumnya.

Sehingga saat kamu membuka halaman utama pada kedua aplikasi ini kan sangat eye catching, dimana sangat memanjakan mata karena tampilannya yang terlihat muda.

Apalagi transaksi di kedua aplikasi ini sangat mudah, bahkan terdapat history atau riwayat transaksi kamu. Sehingga akan lebih mudah kamu pantau ketika ingin menabung atau berhemat uang agar kamu bisa traveling.

4. Keamanan

Bank Jago vs Bank Jenius

Keamanan

Kemudian dari segi keamanan, kedua aplikasi ini tentu memiliki keamanan masing-masing dimana berguna untuk memproteksi data nasabahnya. Karena bagaimana pun aplikasi ini aplikasi bank.

Artinya aplikasi yang bergerak di bidang keuangan. Sehingga resiko terkena serangan kelompok hacker lebih besar juga. Oleh sebab itu, nasabah dianjurkan menggunakan kode OTP.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk membuat PIN yang tidak mudah ditebak dan jangan sembarangan meng-klik link di email, WhatsApp atau sosial media. Karena bisa saja itu link phising.

5. Kantor Cabang

Bank Jago vs Bank Jenius

Kantor Cabang – Image by Bank Jenius

Lalu perbedaan kedua bank ini dari segi kantor cabang. Yups, kedua aplikasi ini tidak memiliki kantor cabang formal atau dedicated seperti bank konvensional pada umumnya.

Tapi untuk Bank Jenius, biasanya terdapat stand di berbagai mall, dimana mereka menawarkan pelayanan customer service juga. Sedangkan untuk Bank Jago saat ini belum tersedia.

Meski begitu, kedua aplikasi ini melayani customer service lalui call center, fitur chat di aplikasi chatting, email dan contact di sosial media.

6. Kolaborasi

Bank Jago vs Bank Jenius

Kolaborasi – Image by Bank Jago

Untuk yang terakhir dari segi kolaborasi. Kalau dari segi kolaborasi, nampaknya aplikasi Bank Jago lebih unggul karena sudah bekerjasama dengan aplikasi saham seperti Bibit dan aplikasi Gojek.

Fungsi dari kolaborasi ini tentu untuk interkoneksi, dimana kedua aplikasi bisa saling terhubung. Sehingga bisa membantu kamu untuk melakukan proses top up secara rutin atau auto-debit.

Makanya gak heran kalau kamu menggunakan layanan Gojek dimana pembayarannya melalui Bank Jago, akan ada promo seperti mendapatkan voucher Gojek atau promo lainnya.

So, itulah perbedaan antara Bank Jago vs Bank Jenius. Nah, kalau kamu ada pendapat lain mengenai Bank Jago dan Bank Jenius ini, kamu bisa langsung tulis ja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top