Tips

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas dengan Mudah

cara mengatasi hp yang tidak bisa di cas

Selain baterai bocor, pasti masalah lain yang biasanya menyerang HP kamu adalah tidak bisa di cas (charger). Lalu bagaimana cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas? Tenang, kali ini saya akan membahas permasalahan tersebut.

HP yang terlalu sering digunakan, terutama untuk bermain game pasti akan cepat habis baterainya. Bahkan jika HP yang kamu gunakan memiliki kapasitas baterai yang besar, tentunya akan tetap habis jika kamu sudah terlalu over dalam menggunakannya.

Tapi sebelum membahas cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas, apa kamu tau apa yang menyebabkan HP kamu tidak bisa di charger?

Apa Penyebab HP Tidak Bisa di Cas?

Tentunya ada beberapa penyebab smartphone kamu tidak bisa di charger, apa aja ya?

1. Port USB Rusak

Port USB Rusak

Port USB Rusak

Penyebab pertama yang membuat smartphone kamu tidak bisa di charger adalah port USB yang rusak. Jika port USB rusak, jangan harap deh smartphone akan melakukan pengisian daya.

2. Charger Rusak

Charger Rusak

Charger Rusak

Nah, tentu jika kamu menggunakan charger HP yang sedang dalam kondisi rusak, nggak heran deh kalau baterai HP kamu nggak akan terisi.

Jadi sebelum melakukan pengisian daya, coba cek apakah charger yang digunakan dalam kondisi yang baik atau sedang rusak.

Perhatikan kabel USB maupun Adapter yang digunakan, jika sudah dalam keadaan rusak, sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru.

3. Tegangan yang Berbeda

Tegangan Berbeda

Tegangan Berbeda

Jika smartphone kamu memiliki tegangan charger 2 Ampere, sedangkan charger yang kamu gunakan hanya menyalurkan daya sebesar 1 Ampere, maka nggak heran kalau baterai HP kamu tidak terisi.

Solusinya adalah dengan menggunakan charger yang memiliki ampere pas dengan kebutuhan smartphone, atau yang lebih tinggi.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab HP kamu tidak bisa di cas. Lalu untuk mengatasinya kamu bisa cek ini.

Begini Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas

Ada beberapa cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas, kamu bisa ikuti salah satu dari cara-cara berikut ini:

1. Periksa Port USB

Periksa Port USB

Periksa Port USB

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas adalah dengan mengecek port USB smartphone kamu guys.

HP yang tidak bisa di cas juga dapat ditimbulkan akibat port USB yang rusak atau kotor akibat tumpukan banyaknya debu yang menumpuk.

Jika port USB kamu rusak, cobalah untuk memperbaikinya atau kamu bisa langsung pergi ke tempat service center. Jika port USB kamu kotor, bersihkan dengan cara ditiup.

Jangan mencolok port USB dengan barang-barang lain seperti kawat, lidi, atau hal lainnya yang justru bisa memperburuk keadaan port USB.

Baca Juga: Tanda Smartphone Kamu Terinfeksi Virus atau Malware

2. Restart Smartphone

Restart HP

Restart HP

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas selanjutnya adalah dengan melakukan restart.

Bisa saja HP kamu tidak mau di-charger akibat cache RAM yang menumpuk. Maka dari itu kamu harus melakukan restart untuk membersihkan cache yang menumpuk tersebut.

BACA
7 Tempat Misterius di Dunia (Dilarang Datang!)

Atau mungkin ada hal lainnya yang mengganggu HP kamu dalam proses pengisian daya, sehingga hanya dengan me-restart smartphone, masalah tersebut baru bisa diatasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Bootloop (100% Berhasil)

3. Periksa Adapter Charger

Periksa Adapter Charger

Periksa Adapter 

Terkadang jika kamu menggunakan charger yang bukan bawaan dari smartphone, akan mengakibatkan tidak maunya pengisian daya baterai. Mungkin hal itu terjadi karena adapter dari charger tersebut tidak cocok untuk smartphone kamu.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menggunakan adapter dari charger bawaan smartphone kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengganti ke adapter charger dengan ampere yang lebih tinggi.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Layar Smartphone Android Bergerak Sendiri

4. Matikan Smartphone

Matikan Smartphone

Matikan Smartphone

Memainkan smartphone pada saat pengisian daya juga dapat berpengaruh buruk guys. Selain baterai smartphone kamu cepat bocor, port USB juga bisa mengalami kerusakan akibat gerakan-gerakan pada saat dimainkan.

Maka sebaiknya kamu mematikan smartphone pada saat pengisian daya. Selain lebih cepat dalam pengisian daya, kamu juga bisa mengurangi masalah-masalah buruk yang dapat menimpa smartphone kamu.

Ingat ya guys! Jangan mainkan smartphone ketika dalam posisi pengisian daya ya.

Baca Juga: Cara Aktifkan Sinyal 4G LTE di Smartphone Xiaomi

5. Cek Sumber Daya

Cek Sumber Daya

Cek Sumber Daya

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas selanjutnya adalah dengan memeriksa sumber daya listrik yang akan digunakan.

Jika sumber daya lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter, maka sudah dipastikan smartphone kamu akan lama dalam mengisi daya atau bahkan tidak bisa mengisi daya.

Selain itu, mengecas HP dengan sumber daya yang rendah dapat membuat baterai smartphone cepat rusak. Maka dari itu hindari melakukan pengisian daya di sembarang tempat, seperti melalui PC.

Karena selain berbahaya, mengecas HP di PC juga bisa membuat daya tahan baterai semakin berkurang guys.

Baca Juga: Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Terlihat Baru!

6. Cek Kabel Charger

Cek Kabel Charger

Cek Kabel Charger

Jika kamu menggunakan kabel charger yang palsu, bisa saja itu merupakan penyebab masalahnya. Mungkin kabel tersebut tidak cocok bila digunakan untuk HP kamu. Maka sebaiknya kamu menggunakan kabel charger yang original.

Baca Juga: Cara Bedakan Charger Oppo Asli dan Palsu

7. Gunakan Charger Desktop

Gunakan Charger Desktop

Gunakan Charger Desktop

Jika kamu sudah menggunakan cara di atas tadi namun belum bisa juga, maka sebaiknya kamu harus menggunakan charger desktop.

Charger ini hanya bisa digunakan untuk smartphone yang memiliki baterai removableya. Oh iya, perlu kamu ketahui, cara ini juga bisa membuat baterai kamu lebih cepat rusak guys.

Akhir Kata

Nah, itulah penyebab serta cara mengatasi HP yang tidak bisa di charger. Gimana? Gampang banget kan, jadi usahakan selalu menjaga smartphone kamu ya.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu yang memiliki masalah yang sama ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top