Android

Cara Menghidupkan Layar Android Tanpa Tombol Power

Home / Android / Cara Menghidupkan Layar Android Tanpa Tombol Power

Pada jaman teknologi smartphone sekarang ini, keberadaan tombol power sangatlah dibutuhkan. Selain digunakan untuk menghidup atau mematikan smartphone, tombol power juga digunakan untuk membuka layar ponsel.

Tentunya sangat menyebalkan apabila mengetahui tombol power kita mengalami kerusakan. Rusaknya tombol power bisa dikarenakan pemakaian smartphone yang sudah cukup lama, atau menekan tombol power tersebut secara kasar.

Lalu bagaimana cara kita untuk membuka layar smartphone ketika tombol power smartphone kita rusak?

Berikut ini Beberapa Cara untuk Menyalakan Layar Tanpa Menyentuh Tombol Power

Kali ini, TipsPintar.com akan memberi tau kamu cara menyalakan layar smartphone tanpa menyentuh tombol power. Cekidot..

1. Menyalakan Layar Menggunakan Aplikasi Smart Screnn On Off

Nah, Smart Screen On Off adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyalakan layar tanpa harus menekan tombol power. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu:

Install Aplikasi Smart Screen On Off

Berikan Hak Akses Administrator

  • Setalah unduhan kamu selesai, buka aplikasi tersebut. Kemudian kamu diharuskan memberikan hak akses Device Manager pada aplikasi tersebut.

Nyalakan Smar Screen On Off

  • Selanjutnya kamu bisa tap tombol ON pada aplikasi tersebut untuk memulainya.

Aktifkan Fitur yang ingin Digunakan

  • Setelah aplikasi berjalan, kamu bisa memilih fitur apa saja yang ingin kamu gunakan untuk menyalakan layar. Sebagai contoh, TipsPintar.com menggunakan fitur Shake Sensor. Dengan fitur ini, kamu hanya tinggal menggoyangkan smartphone kamu untuk menyalakan dan mematikan layar.

2. Menyalakan Layar Menggunakan ZenMotion (ASUS)

Nyalakan Fitur ZenMotion

ZenMotion adalah fitur unggulan dari ASUS dimana kamu bisa menyalakan dan mematikan layar hanya dengan menekan sebanyak dua kali pada layar smartphone kamu. Cara mengaktifkan fitur ini adalah kamu harus masuk ke dalam Settings > ZenMotion > lalu pilih Screen On / Off.

Catatan : fitur ini hanya bisa di gunakan oleh pengguna smartphone ASUS tertentu. Jadi, tidak semua smartphone ASUS memiliki fitur ini.

3. Menyalakan Layar Menggunakan Fitur Fingerprint

Smartphone pada saat ini memang sudah banyak yang dibekali dengan fitur fingerprint. Fingerprint sendiri adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunci atau membuka smartphone menggunakan sensor sidik jari.

1. Xiaomi

Fitur Fingerprint pada Xiaomi

Cara mengaktifkan fitur ini pada smartphone Xiaomi kamu adalah masuk ke Settings > Layar kunci dan Sandi > Sandi & Sidik Jari > Tambah Sidik Jari > Masukan Pola atau PIN > kemudian kamu masukan sidik jari kamu melalui sensor yang ada di belakang smartphone dengan cara lepas dan tekan hingga semua penuh.

2. Samsung

Fitur Fingerprint pada Samsung

Cara mengaktifkan fitur fingerprint pada smartphone Samsung ialah kamu harus masuk ke Settings > Lock Screen & Security > Fingerprint. Kemudian pada tampilan Set up Fingerprint Security, pilih PIN. Buatlah PIN yang mudah di ingat sebagai backup jika fingerprint error atau tidak dapat memindai sidik jari kamu.

Setelah memasukan PIN, maka akan ada keterangan Place finger on home key, kemudian tempel dan angkat jari kamu berkali-kali hingga indikator menunjuk angka 100%. Jika sudah selesai maka akan ada keterangan Succes atau Berhasil.

3. Oppo

Fitur Fingerprint pada Oppo

Cara mengaktifkan fingerprint pada smartphone Oppo adalah, masuk ke Settings > Fingerprint and Password > Add Fingerprint. Kemudian tempel dan angkat jari kamu berkali-kali hingga semua sidik jari kamu terekam.

Jika sudah selesai maka kamu akan diminta untuk memasukan sidik jari dengan jangkauan yang lebih lebar lagi, silahkan ikuti perintah tersebut. Apabila sudah selesai, klik Lanjut.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyalakan layar smartphone tanpa harus menekan tombol power. Jangan lupa like, comment dan share artikel ini supaya kamu #SelaluLebihTau

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top