Internet

Cara Menyimpan Video dari YouTube Go ke Galeri

Cara Menyimpan Video dari YouTube Go ke Galeri

Di YouTube, kamu memang bisa mendownload video, hanya saja video tersebut akan tersimpan di aplikasi YouTube dan kamu bisa memutar video YouTube itu secara offline guys.

Nah, aplikasi YouTube sendiri memiliki ukuran yang cukup besar ya. Namun jika kamu ingin hemat ruang penyimpanan, lebih baik install YouTube Go aja.

Kamu bisa mendownload video di YouTube Go juga kok. Jadi kamu bisa menyimpan video dari YouTube Go ke Galeri guys.

Lantas bagaimana cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri? Gampang atau sulit sih?

Nah, kalau kamu mau tau cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri smartphone dengan mudah, bisa langsung ikuti cara-cara berikut ini ya guys.

Begini Cara Menyimpan Video dari YouTube Go ke Galeri

Memang cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri lebih mudah dibandingkan cara menyimpan video YouTube ke galeri.

Karena kamu tidak memerlukan aplikasi download video atau situs download video seperti pada cara download video pada umumnya.

Berikut ini cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri, ikuti langkah-langkahnya ya!

  • Install terlebih dahulu aplikasi YouTube Go. Aplikasi ini bisa kamu download langsung melalui Google Play Store ya.
  • Setelah aplikasi YouTube Go berhasil terinstall, kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut.
  • Nah, ketika aplikasi YouTube Go sudah terbuka, kamu bisa langsung cari saja video yang ingin di simpan ke galeri.
Pilih Video

Pilih Video

  • Ketika kamu ingin membuka video tersebut, maka akan langsung muncul kualitas video beserta ukuran video tersebut untuk di simpan. Tinggal pilih saja mau yang mana, lalu klik tombol ‘Download‘.
Pilih Kualitas Video

Pilih Kualitas Video

  • Secara otomatis video yang ingin kamu simpan ke galeri akan di download. Lalu kamu bisa memutarnya secara offline melalui galeri HP deh. Gimana? Gampang banget kan?
Video Berhasil Disimpan

Video Berhasil Disimpan

Begitulah cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri smartphone. Eits, tapi video itu akan tersimpan di memori penyimpanan ya.

Nah, kalau kamu terlalu sering menyimpan video di memori internal, bisa-bisa memori internal kamu menjadi penuh ya.

Untuk mengatasi hal itu kamu bisa menggunakan Kartu SD atau memori eksternal guys. Tapi kamu juga harus melakukan pengaturan di aplikasi YouTube Go ya.

Kalau kamu mau tau cara menyimpan video YouTube Go ke Kartu SD, kamu bisa ikuti aja langkah-langkah berikut ini.

Cara Menyimpan Video YouTube Go ke Kartu SD

Nah, ada syarat yang harus kamu lakukan untuk menyimpan video YouTube Go ke Kartu SD.

Yaps, syarat tersebut adalah kamu harus memiliki Kartu SD di dalam smartphone kamu ya. Jika tidak, maka kamu tidak akan bisa melakukan cara ini.

Kalau kamu sudah memiliki Kartu SD di smartphone kamu, maka kamu bisa langsung ikuti cara berikut ini untuk bisa menyimpan video YouTube Go ke Kartu SD.

  • Mula-mula, kamu buka aplikasi YouTube Go. Lalu pilih menu ‘Profil‘ di pojok kanan atas.
Pilih Menu Profil

Pilih Menu Profil

  • Kemudian kamu pilih bagian ‘Penyimpanan Video‘. Maka akan tampil dua penyimpanan yang ada di smartphone kamu, yakni Ponsel (Memori Internal) dan Kartu SD.
Pilih Penyimpanan Video

Pilih Penyimpanan Video

  • Ubah yang tadinya penyimpanan ‘Ponsel‘ menjadi ‘Kartu SD‘.
Pindah Ke Kartu SD

Pindah Ke Kartu SD

  • Maka kamu tinggal mendownload saja video yang kamu inginkan. Maka YouTube secara otomatis akan menyimpannya ke Kartu SD.
Download Video

Download Video

Begitulah cara menyimpan video YouTube Go ke Kartu SD. Gimana? Gampang banget ya, tinggal ubah tempat penyimpanan dan kamu berhasil menyimpannya ke Kartu SD.

Eits, tau nggak sih kamu ternyata ada beberapa kelebihan YouTube Go yang tidak dimiliki YouTube biasa guys.

Kelebihan YouTube Go dibandingkan aplikasi YouTube biasa antara lain adalah sebagai berikut.

Kelebihan YouTube Go Dibanding YouTube Biasa

Ada beberapa kelebihan YouTube Go yang bisa kamu dapatkan, seperti berikut ini contohnya:

1. Ukuran Aplikasi Lebih Ringan

Kelebihan YouTube GO

Ukuran Aplikasinya Lebih Ringan

Yaps, memang ini merupakan salah satu keunggulan utama dari YouTube Go, dimana aplikasi ini lebih ringan dibandingkan aplikasi YouTube biasa.

Tentu hal tersebut sangat menguntungkan apalagi buat kamu yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang sedikit ya.

Jadi nggak perlu repot-repot untuk memindahkan aplikasi ke Kartu SD atau memindahkan file-file ke media penyimpanan lainnya.

2. Lebih Hemat Kuota

Lebih Hemat Kuota

Lebih Hemat Kuota

Sekarang kamu bisa nonton YouTube tanpa boros kuota menggunakan aplikasi YouTube Go ini guys. Jadi selama kamu menggunakan aplikasi YouTube Go, kamu bisa lebih menghemat kuota deh.

BACA
Daftar Paket Nelpon Murah XL Terbaru 2017

Dengan aplikasi YouTube Go, kamu bisa memilih kualitas video yang ingin ditonton atau di download guys. Gimana? Jadi bisa irit kuota ya!

3. Bisa Pilih Mau Putar Video atau Download Video

Bisa Pilih Mau Putar Video atau Download Video

Bisa Pilih Mau Putar Video atau Download Video

Nah, salah satu fitur unggulan dari YouTube Go lagi adalah kamu dapat memilih apakah ingin memutar video atau langsung ingin mendownload video YouTube tersebut.

Jadi jika kamu ingin menyimpan video YouTube ke galeri, bisa langsung memilih ‘Download Video‘, sedangkan jika kamu ingin melihat video terlebih dahulu, kamu bisa memilih ‘Putar Video‘.

4. Kompatibel dengan Semua Versi Android

Android Version

Android Version

Nah, kalau kamu masih menggunakan smartphone Android dengan versi sistem operasi yang cukup rendah, seperti Jellybean, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi YouTube Go loh.

Jadi kamu nggak perlu takut aplikasi YouTube Go ini tidak kompatibel di Play Store smartphone kamu. Gimana? Praktis banget ya.

Nah, kalau selama ini kamu nggak bisa download aplikasi yang tidak kompatibel di Play Store seperti Turbo Downloader yang fungsinya untuk download video YouTube, mending kamu download dan install aplikasi YouTube GO aja guys.

5. Dapat Membagikan Video YouTube dengan Mudah

Share Video

Share Video

Kelebihan YouTube GO selanjutnya adalah kamu bisa membagikan video YouTube yang sudah di download tadi dengan mudah. Yups, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk transfer video YouTube loh.

“Apakah butuh kuota untuk transfer video YouTube tersebut?”

Jawabannya “Enggak dong!“.

Jadi, kamu bisa dengan bebas mengirim hasil download video YouTube tadi ke temen-temen kamu.

Caranya dengan klik aja tombol Share di bagian, kemudian pilih device yang ingin dikirim, setelah itu tunggu proses pengiriman video sampai selesai deh.

Kekurangan YouTube Go Dibanding YouTube Biasa

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata aplikasi YouTube Go juga memiliki kekurangan yang tentunya harus kamu ketahui nih guys. Mau tau apa aja? Simak langsung aja ya.

1. Kualitas Video yang Kurang Baik

Kualitas Video Rendah

Kualitas Video Rendah

Memang aplikasi YouTube Go sangat bisa digunakan untuk menghemat kuota, sehingga kamu dapat memilih kualitas video untuk di unduh atau dimainkan.

Tentu jika kamu memilih kualitas yang rendah, sangat tidak direkomendasikan ya guys. Memang sih dapat menghemat kuota, tapi kesehatan mata kamu yang menjadi jaminannya.

Lebih baik memilih kualitas video yang tinggi meski harus memakan kuota yang cukup besar, dibandingkan memilih kualitas video yang kurang baik.

2. Tidak Bisa Melihat Trending YouTube

Kekurangan YouTube GO

Tidak Bisa Melihat Trending YouTube

Kekurangan aplikasi YouTube Go selanjutnya adalah kamu tidak bisa melihat trending yang ada di YouTube. Salah satu cara mengetahui yang sedang viral di YouTube adalah dengan melihat trending.

Untuk melihat trending di Indonesia saja tidak bisa apalagi untuk melihat trending YouTube di negara lain. Jadi, sangat disayangkan aja sih, nggak bisa melihat trending YouTube melalui YouTube GO.

3. Tidak Tersedia Fitur Komentar

Kekurangan YouTube GO

Tidak Tersedia Fitur Komentar

Kekurangan YouTube GO yang lainnya adalah tidak tersedianya fitur kolom komentar. Seperti yang kita ketahui, untuk menjadi YouTuber pemula dari nol hingga sukses adalah dengan berinteraksi di kolom komentar.

Dengan tidak adanya fitur kolom komentar di YouTube GO ini, kamu mau tidak mau harus membuka aplikasi YouTube biasa untuk membalas atau berinteraksi dengan subscriber di kolom komentar.

4. Tidak Ada Tombol Like dan Dislike

Kekurangan YouTube GO

Tidak Ada Tombol Like dan Dislike

Kekurangan YouTube GO yang berikutnya adalah tidak tersedianya tombol like dan juga dislike. Pasti kalau kamu menyukai video YouTube, kamu akan memberikan apresiasi dengan tombol like kan?

Begitupun sebaliknya, jika kamu tidak menyukai video YouTube yang ditonton, maka kamu akan memberikan tombol dislike. Nah, sayangnya di YouTube GO kedua tombol tersebut tidak tersedia.

Jadi, kalau kamu ingin memberikan like atau dislike harus melalui aplikasi YouTube biasa atau bisa juga melalui browser dengan mengunjungi situs YouTube.

Eits, akan tetapi di YouTube Go masih terdapat tombol ‘Subscribe’ guys. Jadi kamu masih bisa melihat subscriber para YouTuber.

5. Tidak Bisa Melihat Profil Channel YouTube Orang Lain

Tidak Bisa Melihat Profil Channel

Tidak Bisa Melihat Profil Channel

Nah, YouTube Go juga memiliki kelemahan lainnya, yakni kamu tidak bisa melihat profil channel orang lain guys.

Eits, tapi meski begitu, kamu tetap bisa melihat playlist video yang dimiliki oleh channel tersebut kok. Gimana? Masih cukup oke ya?

Akhir Kata

Begitulah cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri smartphone. Gimana? Lebih simple pakai YouTube Go atau YouTube biasa?

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi cari cara menyimpan video dari YouTube Go ke galeri ya!

Baca Juga Artikel Seputar YouTube Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top