Kepo

Cuma Belajar 5 Jam Per Hari, Indonesia Ketinggalan Jauh Sama Negara ini!

Home / Kepo / Lifestyle / Cuma Belajar 5 Jam Per Hari, Indonesia Ketinggalan Jauh Sama Negara ini!

Pasti waktu sekolah kamu berlomba-lomba untuk mendapatkan ranking 1 kan gaes? Kalau iya, pastinya kamu harus belajar mati-matian untuk bisa mencapai nilai yang terbaik.

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Pelajar di Negara Finlandia

Airy Rooms

Karena, untuk mendapatkan ranking 1, kamu dituntut untuk mendapatkan nilai bagus di kelas. Walaupun begitu, ternyata kesenjangan pendidikan di Indonesia paling tinggi di dunia loh gaes.

Artinya, pendidikan di Indonesia masih di bawah rata-rata. Berbeda dengan negara Finlandia, negara tersebut menjadi negara dengan kesenjangan pendidikan paling rendah di dunia.

Kok bisa? Nah, berikut ini ada beberapa alasan kenapa pendidikan di negara Finlandia maju!

Ini Alasan Orang Finlandia Lebih Pintar Dari Orang Indonesia!

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Pelajar di Negara Finlandia

1. Anak Finlandia Baru Boleh Bersekolah Jika Sudah Berusia 7 Tahun

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Anak-anak Finlandia

Perlu kamu ketahui di Finlandia terdapat undang-undang yang hanya memperbolehkan anaknya masuk ke jenjang sekolah di usia 7 tahun loh gaes.

Berbeda dengan Indonesia yang orang tua sudah repot mempersiapkan sekolah anak di usia 3 tahun! Katanya sih, takut anaknya telat mengerti pelajaran dan susah masuk SD, SMP, SMA yang bagus.

Nah, di Finlandia sendiri meyakini bahwa keutamaan anak di usia 7 tahun bermain sambil belajar, berimajinasi dan bisa menemukan jawabannya sendiri dalam bermain.

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Anak-anak Finlandia

Jadi, anak usia di bawah 7 tahun justru didorong untuk lebih banyak main dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Selain itu, di Finlandia pembelajaran paling efektif adalah tidak memaksakan anak untuk mau belajar. Walaupun begitu, ternyata pelajar di Finlandia bisa mengungguli pelajar hebat dari berbagai dunia di dalam tes PIS (Programme for International Student Assessment).

2. Durasi Belajar Hanya 45 Menit dan Istirahat Selama 15 Menit

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Suasana Belajar di Finlandia

Nah, di Finlandia jika seorang anak sudah belajar selama 45 menit, ia berhak mendapatkan waktu istirahat selama 15 menit loh gaes.

Kenapa demikian? Karena, orang Finlandia percaya kemampuan terbaik seorang anak ketika menyerap ilmu dan fokus lebih cepat, ketika si anak mendapatkan kesempatan untuk mengistirahatkan otak.

Selain itu, orang Finlandia juga percaya istirahat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jadi, si anak akan lebih aktif lagi dan tidak terlalu banyak duduk di dalam kelas.

3. Sekolah Negeri di Finlandia Bebas Biaya dan Sekolah Swasta Masih Terjangkau

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Biaya Sekolah di Finlandia

Kalau di Finlandia sekolah negeri semua biayanya gratis loh gaes. Makanya orangtua mereka tidak pusing-pusing memikirkan biaya. Apalagi kualitas sekolah negeri semua sama rata bagusnya.

Lantas, bagaimana kalau sekolah swasta? Yups, ternyata sekolah swasta juga diawasi Pemerintah dengan sangat ketat agar biayanya masih bisa terjangkau oleh masyarakatnya.

Pada tahun 1970-an di Finlandia ada reformasi pendidikan yaitu merancang sistem kepercayaan. Sehingga tidak ada evaluasi atau ranking antar sekolah. Jadi, setiap sekolah tidak perlu ada kompetisi.

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Sekolah Negeri di Finlandia Gratis

Nah, kerennya lagi Pemerintah Finlandia bukan hanya menggratiskan biaya pendidikan., akan tetapi memberikan biaya gratis kepada pelajar untuk makan siang, kesehatan dan angkutan sekolah.

Harusnya negara lain patut mencontoh negara Finlandia dalam menggratiskan semua biaya untuk anak-anak yang sekolah. Karena, mereka jugalah penerus bangsa kedepannya.

BACA
10 Makhluk Mengerikan ini Ternyata Pernah Hidup di Bumi!

Baca Juga: Mirip di Neraka! Ini 5 Tempat Terpanas di Dunia

4. Guru Finlandia Mendapatkan Gaji Besar dan Beasiswa untuk Mendapatkan Gelar Master

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Guru di Finlandia

Bukan hanya kesejahteraan pelajar saja loh gaes. Ternyata Pemerintah Finlandia juga sangat peduli dengan gurunya. Bayangkan pendapatan gurunya bisa 2 kali lipat dari guru di Amerika Serikat.

Katanya sih, pendapatan guru di Finlandia yang terbesar loh dari berbagai profesi di Finlandia. Selain itu, Pemerintah membiayai guru di Finlandia agar bergelar Master, baik untuk jenjang SD, SMP dan SMA.

Akan tetapi, guru yang dibiayai ini harus memiliki tesis yang sudah dipublikasi. Oh iya, Finlandia juga percaya kalau guru adalah orang yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Beasiswa Guru di Finlandia untuk Mendapatkan Gelar Master

Supaya lebih insentif dan optimal lagi, 1 kelas hanya terdapat 12 siswa dengan 1 guru. Jadi, dengan begitu guru mampu memberikan perhatian khusus untuk akan-anaknya.

Makanya nggak heran, kalau kualitas pendidikan di Finlandia sangat bagus sekali. Nah, jika Indonesia ingin terus maju, seharusnya guru diberikan pendapatan yang layak, agar bisa lebih optimal dalam mengajar.

5. Tidak Ada Ujian Nasional!

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Tidak Ada Ujian Nasional

Pemerintah Finlandia percaya yang paling mengerti dalam penilaian anak-anaknya adalah gurunya sendiri. Oleh sebab itu, tidak ada yang namanya Ujian Nasional di Finlandia.

Karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sehingga untuk menyelaraskan mutu pendidikan siswa diberikan fasilitas untuk mengembangkan potensinya masing-masing sesuai arahan gurunya.

6. Waktu Belajar untuk SD-SMP Cuma 5 Jam dan Sistem Pendidikan SMP-SMA Sudah Seperti di Kuliah

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Belajar Cuma 5 Jam

Perlu kamu ketahui jam sekolah di Finlandia lebih cepat dibandingkan negara lainnya loh. Jadi, siswa dengan jenjang SD dan SMP hanya belajar di sekolah selama 4 sampai 5 jam saja,

Kemudian, sistem belajar jenjang SMP dan SMA sudah seperti di kuliah. Siswa boleh masuk ke kelas dengan pelajaran yang ia sukai saja. Jadi, anak-anak di Finlandia tidak merasa terpaksa dalam belajar.

Cara guru Finlandia membuat si anak agar tetap produktif adalah dengan menyuruh si anak untuk menentukan target dan aktivitasnya sendiri. Jadi, ketika masuk kelas si siswa harus siap untuk melakukan proyeknya sendiri.

7. Tidak Ada Sistem Ranking Karena Semua Siswa Harusnya Ranking 1

Alasan Kenapa Orang Finlandia Lebih Pintar dari Orang Indonesia

Tidak Ada Sistem Ranking

Mungkin di Indonesia para pelajar berlomba-lomba mendapatkan ranking 1 di kelas. Sedangkan di Finlandia tidak ada sistem ranking loh gaes. Pemerintah Finlandia percaya kalau semua siswa terlahir menjadi pintar.

Mereka juga berpendapat kalau sistem tersebut hanya menciptakan ‘siswa pintar’ dan ‘siswa bodoh’. Walaupun ada beberapa siswa yang membutuhkan perhatian lebih, mereka tetap ditempatkan di kelas dan program yang sama.

Semua siswa sama rata, tidak ada program akselerasi dan lain sebagainya. Justru strategi ini berhasil karena Finlandia termasuk negara dengan kesenjangan pendidikan paling kecil di dunia.

Baca Yuk Artikel Ini!

Nah, menurut kamu Indonesia seharusnya mencontoh sistem pendidikan negara Finlandia gak sih gaes? Kalau menurut kamu iya atau tidak, coba tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top