Tech-Fun!

10 Dampak Buruk Bagi Anak yang Disebabkan Gadget

Home / Tech-Fun! / 10 Dampak Buruk Bagi Anak yang Disebabkan Gadget

Gadget adalah salah satu bukti dari majunya teknologi dunia yang semakin pesat ini. Pengguna gadget saat ini berasal dari semua umur. Dari orang tua hingga anak kecil zaman sekarang sudah terlihat mahir menggunakan gadget.

Penggunaan gadget yang aktif dan terlalu sering ternyata mengakibatkan dampak yang sangat buruk, terutama bagi anak-anak. Nah, kali ini TipsPintar.com akan membahas dampak buruk apa saja yang disebabkan gadget bagi anak-anak.

Airy Rooms
BACA
10 Dampak Mengerikan Jika Terlalu Sering Buka Sosial Media

Waduh! Ternyata Inilah Dampak Buruk Gadget Bagi Anak.

Sebaiknya, batasi penggunaan gadget bagi anak, adik, keponakan, maupun saudara kita yang masih kecil agar hal-hal ini tidak terjadi ya sobat!

1. Obesitas

Diluar Dugaan, Obesitas ternyata bisa disebabkan oleh Gadget

Diluar dugaan, Obesitas ternyata bisa disebabkan oleh kecanduan gadget.

Penggunaan gadget yang terlalu sering dapat menyebabkan anak menjadi malas. Waktu makan yang tidak teratur dan banyak nyemil menambah parah hal ini. Anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget meningkatkan resiko obesitas sebanyak 30%.

2. Gangguan Mata

Menatap gadget terlalu lama pasti akan merusak mata anak

Menatap gadget terlalu lama pasti akan merusak mata anak.

Terlalu sering menggunakan gadget dianggap dapat merusak mata anak. Pasalnya, saat menggunakan gadget, jumlah kedipan mata menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan lapisan air mata jadi lebih mudah menguap dan rentan membuat mata kering.

Baca Juga: 10 Aplikasi Paling Boros Baterai di Android, Uninstall Sekarang!

3. Susah Tidur

Kurangi penggunaan gadget pada anak diatas jam 8 malam, agar mudah tidur

Kurangi penggunaan gadget pada anak diatas jam 8 malam, agar mudah tidur.

Hal ini bisa terjadi karena hampir semua gadget mengeluarkan Blue Light yang menyerupai cahaya di siang hari. Parahnya, cahaya tersebut dapat mengirimkan sinyal yang salah pada otak anak dan respon dari otak-pun akan membingunkan tubuh manusia.

4. Hambatan Perkembangan

Penggunaan gadget tarlalu sering ternyata dapat menghambat perkembangan anak

Penggunaan gadget tarlalu sering ternyata dapat menghambat perkembangan anak.

Saat menggunakan gadget, anak cenderung kurang bergerak. Sehingga berdampak pada perkembangan anak yang terhambat. Satu dari tiga anak sekolah yang terlalu sering menggunakan gadget terhambat pertumbuhannya, sehingga berdampak buruk bagi kemampuan berbahasa dan prestasi di sekolahnya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Kamu untuk Sukses

5. Agresif

Agresifitas Anak juga dapat meningkat karena input yang diterima dari gadget kesayangannya

Input yang diterima dari gadget dapat meningkatkan agresifitas anak.

Harus diakui, psikologis dari anak ditentukan dengan apa yang dikonsumsinya setiap hari. Parahnya, kebanyakan dari video game yang dimainkan atau tayangan online yang tersedia di gadget berisi tentang kekerasan, pembunuhan, perkelahian, dan hal kekerasan lainya. Hal ini dapat membuat anak mempunyai sikap agresif, tempramen dan mudah marah.

6. Kurang Bersosialisasi

Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

Walaupun banyak aplikasi sosial media yang memungkinkan anak bersosialisasi secara online, namun anak juga perlu untuk bisa membaca emosi orang lain dengan cara berinteraksi secara langsung dengan bertatap muka. Itulah sebabnya penggunaan gadget yang terlalu sering sangat berdampak buruk bagi kehidupan sosial anak.

Baca Juga: 10 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Bagikan di Media Sosial

7. Pelupa/Pikun

Sulit berkonsentrasi dapat menurunkan daya ingat anak.

Sulit berkonsentrasi dapat menurunkan daya ingat anak.

Bermacam media teknologi hari-hari ini memproses informasi dengan sangat cepat. Hal ini menyebabkan anak cenderung terlalu cepat memproses informasi yang mereka dapat. Hal ini mengakibatkan anak cenderung menjadi sulit berkonsentrasi serta daya ingatnya berkurang.

8. Radiasi

Anak-anak jauh lebih mudah terkena radiasi daripada orang dewasa.

Ponsel dikategorikan dalam resiko 2B oleh WHO karena radiasi yang dikeluarkannya. Otak dan sistem imun yang masih berkembang mengakibatkan anak-anak lebih sensitif dan lebih rentan mengalami masalah dengan radiasi daripada orang dewasa.

Baca Juga: 7 Hal Fatal Akibat Download Aplikasi Android di Luar Play Store

9. Penyakit Mental

Mungkin ini hal paling menyedihkan akibat dari penggunaan gadget

Mungkin ini hal paling menyedihkan akibat dari penggunaan gadget terlalu sering.

Sejumlah studi menyimpulkan, penggunaan gadget yang terlalu sering merupakan salah satu faktor besar penyebab laju depresi, kecemasan, defisit perhatian, autisme, gangguan bipolar, dan gangguan perilaku pada anak.

10. Adiksi/Kecanduan

Jika sudah kecanduan, sangat sulit untuk mengurangi penggunaan gadget ada anak

Jika sudah kecanduan, sangat sulit untuk mengurangi penggunaan gadget ada anak.

Kurangnya perhatian dari lingkungan sekitar bisa menjadi alasan kenapa anak terlalu sering bermain dengan gadget. Tentunya hal ini mengakibatkan anak lebih dekat dengan gadgetnya daripada lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat memicu kecanduan sehingga mereka seakan tidak bisa hidup tanpa gadget.

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Memberikan gadget pada anak tentunya bukan hal yang buruk. Tapi, harus diiringi dengan pengawasan yang ketat juga. Dalam hal ini, salah sedikit saja bisa jadi hal yang sangat fatal. Mari selamatkan anak, adik, keponakan, dan saudara kecil kita dengan mengurangi penggunaan gadget pada mereka, jangan sampai kita menyeseal di kemudian hari.

Artikel menarik lainnya: 

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top