Lifestyle

Hati-Hati! 5 Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang selalu lupa dibersihkan. Padahal untuk wanita, rambut merupakan mahkota loh gaes. Apalagi kalau rambut dimiliki sangat panjang, hal ini akan mempercantik penampilan si wanita.

Walaupun banyak juga wanita yang mengikat rambutnya ketika melakukan aktivitas. Namun, perlu kamu ketahui juga ya gaes, kalau ternyata keseringan mengikat rambut kepala bisa memberikan dampak yang buruk.

Nah, pas banget nih! Berikut ini beberapa dampak buruk keseringan mengikat rambut bagi kesehatan.

Jangan Keseringan Ya! Berikut Ini Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Jangan sampai hanya karena keseringan mengikat rambut dan mengikatnya terlalu kencang, kamu terkena kanker paling mematikan di Indonesia ya gaes. Salah satunya kanker otak. Karena, berikut ini adalah dampak yang berbahaya jika kamu keseringan mengikut rambut!

1. Rambut Menjadi Mudah Rontok

Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Rambut Menjadi Mudah Rontok

Dampak buruk keseringan mengikat rambut yang pertama adalah rambut kamu akan menjadi mudah rontok. Mungkin kamu pernah mendengar salah satu penyebab rambut rontok itu karena sedang haid, padahal itu sebenarnya hanya mitos cewek saat datang bulan.

Bisa saja rambut rontok kamu karena terlalu sering diikat. Apalagi kalau kamu mengikatnya terlalu kencang. Hal ini akan membuat akar rambut menjadi lemah dan menyebabkan kerontokan. Selain itu, juga bisa merusak folikel rambut. Jadi, biarkan rambut terurai ya gaes!

2. Banyak Rambut yang Patah

Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Banyak Rambut yang Patah

Bahaya keseringan mengikat rambut yang kedua adalah akan banyak rambut yang patah. Nggak hanya patah aja sih, rambut kamu bisa bercabang di ujungnya gitu gaes. Hal ini disebabkan karena mengikat rambut bisa menghambat peredaran darah serta oksigen ke bagian rambut kamu gaes.

Dengan begitu, rambut kamu akan menjadi lebih rapuh, rentan rusak dan tentunya mudah patah. Nah, seperti yang kita ketahui kalau salah satu manusia terunik di dunia yang memiliki rambut panjang mengatakan menjaga rambut tetap sehat adalah jangan terlalu sering diikat.

3. Memicu Ketombe dan Gatal

Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Memicu Ketombe dan Gatal

Dampak buruk keseringan mengikat rambut yang ketiga adalah bisa memicu datangnya ketombe dan juga gatal pada kepala. Mengapa demikian? Karena, mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang juga bisa mengakibatkan sirkulasi rambut menjadi rapat.

Sehingga air pada rambut tidak cepat menguap dan menimbulkan ketombe pada rambut. Nah, ketombe inilah yang akan membuat kepala kamu menjadi gatal. Eits, akan tetapi kalau gatalnya berlebihan, lebih baik diperiksa aja ya gaes. Takutnya itu merupakan gejala penyakit kanker.

4. Rambut Mudah Berminyak

Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Rambut Mudah Berminyak

Bahaya keseringan mengikat rambut yang keempat adalah rambut akan lebih mudah berminyak. Sama seperti poin sebelumnya, kalau kamu terlalu sering mengikat rambut akan menghambat sirkulasi udara pada kulit kepala. Apalagi kalau kamu termasuk orang dengan jenis kulit berminyak gaes.

Jika tidak ada sirkulasi udar maka minyak yang dihasilkan kulit kepala lebih banyak dan membuat rambut kamu lepek. Jadi, pastikan sudah kering ya setelah selesai mandi dan membersihkan rambut kepala. Karena, kalau berminyak akan membuat kamu tidak percaya diri.

5. Menyebabkan Kepala Menjadi Pusing

Dampak Buruk Keseringan Mengikat Rambut

Menyebabkan Kepala Menjadi Pusing

Dampak buruk keseringan mengikat rambut yang terakhir adalah bisa menyebabkan kepala menjadi pusing. Mungkin kamu berpikir kepala pusing ini akibat tubuh mengalami stres berat kan gaes? Padahal tidak selalu begitu loh! Bisa jadi karena kamu keseringan menguncir rambut.

Perlu kamu ketahui ya, kalau mengikat rambut terlalu sering dan kencang bisa menyebabkan sirkulasi di kulit kepala kamu menjadi terhambat dan peredaraan darahnya menjadi kurang lancar. Nah, hal tersebut yang membuat saraf kepala menjadi tertarik dan mengakibatkan cepat pusing.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih dampak buruk keseringan mengikat rambut. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai dampak buruk keseringan mengikat rambut ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih dampak buruk keseringan mengikat rambut ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai dampak buruk keseringan mengikat rambut ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top