Lifestyle

Banyak yang Gak Tau! Ini 5 Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Banyak yang berpendat kalau tidur yang berkualitas itu tidur yang durasinya sekitar 7 sampai 8 jam perhari, tidak mengalami hal aneh saat tidur. Nggak hanya itu aja, tidur yang berkualitas pun tidak ditandai dengan tidur sambil mengigau maupun tidur sambil berjalan.

Makanya banyak yang mencari tau cara mengatasi kebiasaan tidur mengigau dan penyebab tidur sambil berjalan. Dengan begitu, kita bisa tidur dengan baik. Nah, kalau kamu merasa kualitas tidurnya berkurang. Coba deh simak kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur berikut ini. Siapa tau kamu sering melakukannya gaes!

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur yang Jarang Diketahui!

Kalau kamu merasa cepat lelah, mungkin kualitas tidur kamu buruk dan kamu melakukan kebiasaan ini sebelum tidur!

1. Memainkan HP Sebelum Tidur

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Memainkan HP Sebelum Tidur

Kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur yang pertama adalah kamu memainkan HP sebelum tidur. Yups, seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau HP itu memancarkan sinar biru. Nah, sinar biru ini bisa mengganggu kinerja hormon melatonin dalam tubuh kamu.

Sehingga akan membuat kamu tetap terjaga di dalam. Dampak berbahaya jika memainkan HP sebelum tidur lainnya bisa terkena radiasi juga gaes. Makanya, sebelum tidur, kamu harus mengurangi memainkan HP agar tidak cepat resah dan rusaknya otak.

2. Kebanyakan Makan

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Kebanyakan Makan

Kebiasaan yang bisa mengurangi kualitas tidur kedua adalah kamu kebanyakan makan. Memang sih, resiko jika tidur dengan keadaan perut kosong tidak baik. Karena, bisa menyebabkan kamu mudah emosi di malam harinya dan bisa menyebabkan maag.

Namun, kebanyakan makan sebelum tidur pun tidak baik juga. Karena, metabolisme dalam tubuh sebenarnya bekerja dalam keadaan santai. Jika banyaknya asupan yang masuk akan mengganggu metabolisme dalam tubuh kamu dan bisa membuat kamu terkena penyakit gaes.

3. Menggunakan Bantal yang Tidak Nyaman

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Menggunakan Bantal yang Tidak Nyaman

Kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur yang ketiga adalah kamu menggunakan bantal tidur yang tidak nyaman. Perlu kamu ketahui, kalau dalam setahun sekali kamu harus mengganti bantal loh! Karena, bantal yang sudah lama digunakan, biasanya bentuknya sudah tidak proporsional.

Nah, bantal tersebut bisa membuat tubuh kamu terasa sakit dan mengurangi kualitas tidur. Nggak hanya itu aja, bantal yang sudah lama digunakan bisa menimbulkan penyakit kulit. Seperti penyakit kulit berbatu yang menimpa bocah asal Nepal.

4. Tidur dalam Keadaan Lampu Menyala

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Tidur dalam Keadaan Lampu Menyala

Kebiasaan yang bisa mengurangi kualitas tidur keempat adalah tidur dalam keadaan lampu menyala. Sama halnya dengan memainkan HP sebelum tidur, jika kamu menghidupkan lampu ketika tidur akan membuat produksi hormon melatonin terhambat.

Dengan begitu, kualitas tidur kamu akan tidak teratur. Oh iya, kamu harus tau nih! Kalau manfaat tidur dengan keadaan lampu mati akan membuat stamina kamu di pagi hari bagus sehingga kamu tidak mudah kelelahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Mendapatkan Kabar yang Mengejutkan

Kebiasaan yang Mengurangi Kualitas Tidur

Mendapatkan Kabar yang Mengejutkan

Kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur yang terakhir adalah mendapatkan kabar yang mengejutkan. Kabar ini bisa berupa kabar baik maupun kabar buruk. Jadi, ketika seseorang mendapatkan kabar yang mengejutkan pasti akan membuatnya terus kepikiran.

Kepikiran inilah yang akan terus terbawa saat akan tidur. Dengan begitu, kualitas tidur akan berkurang. Makanya gak heran, kalau tanda tubuh mengalami stress berat itu berawal dari istirahat yang kurang gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai kebiasaan yang mengurangi kualitas tidur ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top