Lifestyle

Jangan Percaya! Ini 7 Mitos Cewek Ketika Datang Bulan

Mitos Cewek Ketika Haid

Haid atau Menstruasi atau yang biasa disebut juga datang bulan merupakan salah satu perubahan fisiologis di dalam tubuh seorang cewek yang terjadi secara berkala dan tentunya mempengaruhi hormon reproduksi. Banyak yang berpendapat kalau cewek sedang datang bulan bisa menjadi galak.

Yaa, memang sih beberapa cewek ada yang seperti itu. Hal ini disebabkan karena dipengaruhi oleh hormon. Sehingga, membuat rasa marahnya lebih besar dibandingkan ketika tidak haid. Sama seperti mitos pada umumnya seperti mitos enteng jodoh maupun mitos saat zaman SD.

Mitos cewek ketika haid pun ada loh gaes. Bahkan sampai saat ini masih ada yang percaya dengan mitos tersebut. Nah, berikut ini beberapa mitos cewek ketika haid yang wajib kamu ketahui!

Jangan Percaya dengan Mitos Cewek Ketika Haid Berikut Ini!

Oh iya gaes, saat haid juga kamu harus tetap makan makanan yang bisa mencegah kanker ya! Karena, ketika haid hormon cewek cenderung tidak stabil sehingga perlu asupan gizi yang cukup. Selain itu, kamu juga jangan terlalu percaya dengan mitos berikut ini!

1. Keramas/Membasahi Rambut Bisa Membuat Sakit Kepala

Mitos Cewek Ketika Haid

Keramas/Membasahi Rambut Bisa Membuat Sakit Kepala

Mitos cewek ketika haid yang pertama adalah keramas atau membasahi rambut sampai lepek bisa membuat sakit kepala. Banyak yang berpendapat kalau saat haid pori-pori kepala sedang dalam keadaan terbuka atau membesar, sehingga air keramas bisa membuat kepala menjadi sakit.

Padahal hal yang membuat cewek sakit kepala ketika haid merupakan efek dari PMS atau Premenstrual Syndrome. Perlu kamu ketahui ya gaes, kalau membersihkan anggota tubuh seperti kepala bisa membuat kamu lebih segar dan nyaman.

2. Minum Minuman Bersoda Bisa Membuat Haid Tidak Teratur

Mitos Cewek Ketika Haid

Minum Minuman Bersoda Bisa Membuat Haid Tidak Teratur

Mitos yang kedua ketika cewek sedang datang bulan adalah minum minuman yang bersoda bisa membuat haid menjadi tidak teratur. Banyak yang ingin mempercepat haid dengan cara meminum minuman bersoda. Padahal hal ini belum ada fakta ilmiahnya loh gaes.

Karena, perlu kamu ketahui sistem pencernaan dan reproduksi setiap cewek letaknya berbeda-beda. Hal yang bisa membuat haid tidak teratur bisa karena faktor hormon. Jadi, walaupun soda termasuk makanan/minuman yang diciptakan tidak sengaja, bukan berarti soda bisa membuat haid lebih cepat atau tidak menjadi teratur.

3. Berenang Bisa Membuat Haid Berhenti dengan Cepat

Mitos Cewek Ketika Haid

Berenang Bisa Membuat Haid Berhenti dengan Cepat

Mitos cewek ketika haid yang ketiga adalah berenang bisa membuat haid berhenti dengan cepat. Selain itu, ada juga yang berpendapat ketika haid dan berenang, bisa membuat kolam renang menjadi berwarna merah.

Padahal ketika kamu berenang, darah haid akan mengalami tekanan melalui air yang ada di kolom setelah itu membuat darah haid berhenti sementara. Jika sudah selesai berenang, kamu masih mengeluarkan darah haid kok gaes. Ini semua juga tergantung hormon kamu saat sedang haid.

4. Minum Minuman Berdingin Bisa Menunda Datangnya Haid

Mitos Cewek Ketika Haid

Minum Minuman Berdingin Bisa Menunda Datangnya Haid

Mitos yang keempat ketika cewek sedang datang bulan adalah minum minuman berdingin atau es bisa menunda datangnya haid. Nah, ini juga banyak yang percaya kalau minum es tau dingin bisa memperlambat datang bulan. Karena, dinginnya bisa membuat darah haid membeku dan mengeras di dinding rahim.

Padahal hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali loh gaes. Perlu kamu ketahui, kalau minum ini merupakan sistem pencernaan sedangkan datang bulan atau haid merupakan sistem reproduksi, sehingga tidak ada kaitannya. Jadi, kalau pun kamu minum minuman paling aneh di dunia, tidak akan mempengaruhi datang bulan kamu gaes.

5. Merasa Mudah Lelah Karena Sedang Haid

Mitos Cewek Ketika Haid

Merasa Mudah Lelah Karena Sedang Haid

Mitos cewek ketika haid yang kelima adalah merasa mudah lelah dan lemas karena sedang haid. Banyak yang berpendapat darah yang keluar terlalu banyak bisa menyebabkan cewek mudah lemas. Padahal darah yang dikeluarkan merupakan darah kotor yang bisa menyehatkan badan.

Nah, penyebab rasa lemas dan lelah ini merupakan faktor hormon. Cara mengatasinya adalah dengan mengkomsumsi makanan yang menyehatkan. Salah satu contohnya kamu bisa makan makanan yang baik untuk ginjal seperti nasi, sayuran dan lain sebagainya.

6. Pembalut Bisa Menyebabkan Kanker

Mitos Cewek Ketika Haid

Pembalut Bisa Menyebabkan Kanker

Mitos yang keenam ketika cewek sedang datang bulan adalah pembalut bisa menyebabkan kanker paling mematikan. Nah, anehnya lagi ada yang berpendapat pembalut bekas darah haid jika dibuang dengan sampah lainnya bisa menyebabkan kamu terkena kanker. Oleh sebab itu, ada yang membuangnya dengan dibungkus plastik terlebih dahulu.

Padahal tidak seperti itu gaes. Mungkin memang bagus membungkus pembalut dengan plastik agar tidak bau dan tertata atau tidak tercampur dengan sampah lainnya. Namun, pembalut yang steril tidak akan membuat kamu terkena kanker. Kecuali, jika kamu menggunakan pembalut bekas dari tempat sampah.

7. Darah Haid Dianggap Sebagai Darah Kotor

Mitos Cewek Ketika Haid

Darah Haid Dianggap Sebagai Darah Kotor

Mitos cewek ketika haid yang terakhir adalah darah haid dianggap sebagai darah kotor. Mungkin banyak yang mengira darah haid ini merupakan darah kotor atau racun yang keluar dari tubuh. Namun, pernyataan tersebut kurang tepat gaes.

Nyatanya, darah haid merupakan tanda sebagai berakhirnya rutinitas bulanan dari rahim. Jadi, sel telur yang tidak dibuahi akan luruh dengan darah yang ada di dinding rahim. Jadi, darah haid bukanlah darah penyaringan dari darah kotor.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih mitos cewek ketika haid. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai mitos cewek ketika haid ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih mitos cewek ketika haid yang beredar di lingkungan kita. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai mitos cewek ketika haid ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top