Intermezzo

Sejarah Mencatat! Ini 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Seperti yang kita ketahui kalau zama dahulu Indonesia memiliki nama lain. Nah, nama lain Indonesia yang sudah terkenal sebelum merdeka salah satunya adalah Hindia, Nusantara dan lain sebagainya. Namun pada tahun 1850 kemudian dikenalkan di dunia dengan nama Indonesia.

Banyak peninggalan saat Indonesia ketika dijajah, salah satu contohnya angkutan umum di Indonesia yang sudah punah seperti becak dan bus tingkah. Oh iya, ternyata Indonesia bukan hanya dijajah oleh Belanda dan Jepang aja loh! Ternyata ada 6 negara yang menjajah Indonesia.

Nah, pas banget nih! Berikut ini daftar negara yang pernah menjajah Indonesia. Jadi, langsung aja yuk disimak!

Ternyata Ini Loh Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Karena, saat sekolah hanya diajarkan sejarah penjajahan Indonesia oleh negara Belanda dan Jepang saja. Tapi, ternyata ada 4 negara lain yang menjajah Indonesia. Nah, berikut ini negara yang pernah menjajah Indonesia!

1. Portugal (1509 – 1595)

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara Portugal (1509 – 1595)

Negara yang pernah menjajah Indonesia yang pertama adalah Portugal. Negara yang memiliki nama resmi Republik Portugal ini merupakan salah satu negara Eropa yang berada di bagian barat daya dan berbatasan langsung dengan Spanyol dan Samudra Atlantik. Makanya gak heran kalau bahasa Portugal dan Indonesia ada beberapa yang sama.

Negara Portugal menjajah Indonesia pada tahun 1509 dan pada saat itu tokoh pentingnya bernama Alfonso de Albuquerque. Negara ini pertama kali datang ke daerah Maluku. Kabarnya bangsa Portugal pernah melanggar aturan dengan melakukan monopoli tidak sehat terhadap Raja Maluku.

Hingga akhirnya Portugal ingin menjajah Indonesia ke seluruh Nusantara termasuk Jawa. Hingga akhirnya pada tahun 1602 negara Belanda datang mengalahkan pasukan Portugal dan kolonilasasi Portugal pun berakhir.

2. Spanyol (1521 – 1692)

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara Spanyol (1521 – 1692)

Negara yang pernah menjajah negara Indonesia yang kedua adalah Spanyol. Seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau negara Spanyol merupakan salah satu negara yang terdapat tradisi paling aneh di dunia, yaitu tradisi melompati bayi. Negara yang dikenal dengan nama resmi Kerajaan Spanyol ini merupakan negara Eropa bagian Barat Daya dan berbatasan langsung dengan Potugal dan Perancis.

Oh iya, negara Spanyol pernah menjajah Indonesia pada tahun 1521. Negara ini menjajah untuk mendapatkan negara penghasil rempah-rempah terbaik. Pada saat itu Spanyol bekerja sama dengan kerajaan Tidore dan bersaing dengan negara Portugal.

Hingga akhirnya di tahun 1529 membuat negara Spanyol meninggalkan Indonesia dan melakukan perdagangan di negara Filipina. Karena konflik yang berkepanjangan dengan negara Portugal yang saat itu juga sedang menjajah Indonesia di Maluku.

3. Belanda (1602 – 1942)

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara Belanda (1602 – 1942)

Negara yang pernah menjajah Indonesia yang ketiga adalah Belanda. Negara yang disebut juga negara Kerajaan Belanda ini pun pernah menempati posisi ibu kota negara paling canggih di dunia, tepatnya di kota Amsterdam. Negara Belanda ini terdapat 12 provinsi loh gaes.

Nah, negara ini pun pernah menjajah Indonesia paling lama juga yakni 346 tahun. Mereka menjajah Indonesia mulai tahun 1602 dan telah menguasai beberapa wilayah Indonesia seperti Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Papua. Sama dengan negara lain, tujuan Belanda menjajah pun untuk mencari rempah-rempah.

Saat negara Portugal kalah, negara Belanda pun melakukan kolonialisasi dengan mendirikan kongsi dagang yang kita sebut VOC (Verenigde Oostindische Compagnie). Namun di tahun 1799 VOC pun dibubarkan dengan berbagai alasan.

Hingga akhirnya di tahun 1940 pun terjadi perang dunia ke 2 dimana Belanda mengalami kekalahan sehingga negaranya dikuasai oleh Jerman. Kemudian pada tahun 1942 Belanda pun kalah dengan Jepang hingga akhirnya Indonesia jatuh ke tangan Jepang.

4. Prancis (1806 – 1811)

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara Prancis (1806 – 1811)

Negara yang pernah menjajah negara Indonesia yang keempat adalah Prancis. Negara yang memilki nama resmi Republik Prancis ini pun memiliki aturan paling aneh di dunia yaitu dilarang makan sambil jalan. Negara Prancis merupakan negara Eropa Barat yang memiliki pulau dan juga tetorial laut.

Pada tahun 1806 Belanda sedang menghadapi masa krisis VOC sehingga Belanda kalah oleh Prancis dan wilayah kolonilisasinya pindah ke tangan negara Prancis. Kemudian di tahun 1808 pun Raja Prancis pernah mengirimkan Marsekal Willem Daendels untuk dijadikan Gubernur di Indonesia.

Hingga akhirnya di tahun 1811 negara Prancis pun kalah dengan negara Inggris dan memberikan kekuasaan wilayah Jawa kepada negara Inggris.

5. Inggris (1811 – 1816)

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara Inggris (1811 – 1816)

Negara yang pernah menjajah Indonesia yang kelima adalah Inggris. Negara yang merupakan salah satu bagian dari Britania Raya ini pun berbatasan dengan negara Skotlandia dan Wales. Walaupun pernah menjajah Indonesia, sayangnya tidak semua masyarakat Indonesia pandai berbahasa Inggris.

Makanya nggak heran kalau banyak yang mencari tau tips belajar bahasa Inggris dengan cepat. Karena, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa Internasional. Oh iya, negara Inggris menjajah Indonesia pada tahun 1811 dan awalnya menguasai pulau Jawa di bawah pimpinan Stamford Raffles.

Penjajahan Inggris pun membawa perubahan, salah satunya penghapusan monopoli dan perbudakan. Namun, karena adanya konflik antara Inggris dan Belanda, kemudian terbentuk perjanjian kalau Belanda resmi menguasai wilayah Jawa kembali di tahun 1816.

6. Jepang (1942 – 1945)

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara Jepang (1942 – 1945)

Negara yang pernah menjajah negara Indonesia yang terakhir adalah Jepang. Negara yang terletak di kepulauan Asia Timur ini pun bertetangga langsung dengan negara Tiongkok. Negara Jepang pernah menjajah pada tahun 1942 dengan yang awalnya ingin membantu Indonesia untuk merdeka.

Namun, kenyataannya Jepang malah membuat organisasi militer yang tujuan untuk melawan pasukan negara Amerika Serikat. Namun di tahun 1945 negara Jepang dijauhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki sehingga Jepang memberikan kemerdekaannya untuk Indonesia sesuai janjinya.

Walaupun Hiroshima dan Nagasaki hancur lebur dijatuhkan bom saat perang dunia. Namun, kenyataannya negara Jepang mampu bangkit kembali bahkan menjadi negara maju. Makanya nggak heran kalau ada beberapa teknologi unik Jepang yang belum ada di negara lain.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih negara yang pernah menjajah Indonesia. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai daftar negara yang pernah menjajah Indonesia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih negara yang pernah menjajah Indonesia. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar negara yang pernah menjajah Indonesia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top