Tech-Fun!

Lulusan IT Tapi Gak Jago Coding? Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Untukmu

Home / Tech-Fun! / Lulusan IT Tapi Gak Jago Coding? Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Untukmu

Di zaman yang sudah serba teknologi ini menjadi kesempatan kampus untuk menyediakan jurusan mengenai komputer. Biasanya jurusan komputer sendiri disebut IT (Ilmu Teknologi). Jurusan IT sendiri pun lebih banyak mata kuliah mengenai cara membuat program komputer maupun robot.

Nah, tentu cara tersebut diharuskan untuk mengerti coding atau pemograman. Karena, coding harus berpikir secara logika, banyak mahasiswa yang kurang mengerti. Lantas, jika lulus dari kampus mau bekerja sebagai apa? Gak usah takut, ada kok! Simak aja ya berikut ini!

Airy Rooms
BACA
10 Pekerjaan Part Time yang Paling Cocok untuk Anak Kuliahan

Lulusan IT Nggak Bisa Coding? Ini Pekerjaan Cocok untuk Kamu!

Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberikan rekomendasi buat kamu yang lulusan IT tapi nggak bisa ngoding. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

1. Guru Komputer

Guru

Guru Komputer

Pekerjaan yang pertama adalah sebagai guru komputer. Nah, buat kamu yang merasa nggak jago ngoding, kamu bisa loh menjadi guru.

Guru adalah tenaga pendidik yang mengajar. Jadi, kamu bisa memanfaatkan ilmu kamu selama kuliah untuk berbagi ilmu kepada anak SMK, SMP atau bahkan SD.

Karena, sudah hampir semua jenjang pendidikan telah ada mata pelajaran mengenai komputer.

Baca Juga: 10 Tips Ampuh Agar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

2. Software Tester

Aplikasi Tester

Software Tester

Pekerjaan yang kedua adalah sebagai software tester atau aplikasi tester. Nah, buat kamu yang merasa kurang paham dengan coding-an, kamu bisa nih melamar pekerjaan sebagai software tester.

Karena, sebagai software tester kamu tidak diharuskan terlalu mengerti kodingan. Hanya saja pekerjaan ini kamu terlalu berurusan dengan dokumen.

Artinya kamu harus mencari celah kesalahan dari aplikasi atau software yang telah dibuat, Jika, kamu menemukan bug atau error pada aplikasi, kamu harus segera mencatatnya sebagai bentuk dokumentasi.

Baca Juga: Cara Mencari dan Melamar Pekerjaan Lewat LINE

3. Design Grafis

Design Grafis

Design Grafis

Pekerjaan yang ketiga adalah sebagai design grafis. Jika kamu memang tidak jago ngoding dan lebih suka dibagian design, kamu bisa melamar sebagai design grafis gaes!

Nah, pekerjaan ini kamu hanya perlu menggunakan imajinasi, bermain warna, sketsa saja gaes! Tanpa harus menggunakan logika, seperti programmer.

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Agar Diterima Bekerja di Google!

4. Administrasi

Administration

Administrasi

Pekerjaan yang keempat adalah sebagai administrasi. Pekerjaan sebagai administrasi kamu hanya mengelola dokumen atau keuangan.

Karena, biasanya pekerjaan administrasi juga tidak jauh-jauh dari komputer gaes. Administrasi pun hanya menggunakan software microsoft office. Jadi, nggak pusing lagi deh mikirin coding-an program. Hehee..

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

5. Tukang Service Komputer

Tukang Service Komputer

Tukang Service Komputer

Pekerjaan yang kelima adalah sebagai tukang service komputer. Biasanya saat kuliah IT tidak hanya diajarkan pemograman aja ya gaes, ada juga mata kuliah mengenai hardware.

Nah, kamu harus pahami bagian komponen-komponen komputer. Pekerjaan ini nggak cuma memperbaiki komponen komputer, kamu juga bisa menawarkan jasa sebagai install sistem operasi atau software yang lainnya.

Baca Juga: 10 Skill yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Sukses di Tahun 2018

6. Blogger / Penulis

Penulis

Blogger

Pekerjaan yang keenam adalah sebagai blogger atau penulis. Pekerjaan ini juga cukup mudah, karena kamu hanya perlu menulis mengenai hal apapun di internet.

Banyak juga loh perusahaan digital yang membutuhkan seorang blogger untuk menjadi penulis. Selain itu, kamu juga bisa membangun blog sendiri dari hasil tulisan kamu dan mendaftar blog kamu di Google Ads.

Sehingga, kamu bisa mendapatkan uang dari hasil tulisan kamu. Tapi, untuk menjadi blogger kamu juga harus belajar mengenai SEO maupun algoritma yang telah Google tetapkan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Hanya dengan Nonton YouTube

7. Spesialis Sosial Media

Sosmed

Spesialis Sosial Media

Pekerjaan yang ketujuh adalah sebagai spesialis sosial media. Pasti kamu udah tau dong ya kalau hampir semua kalangan menggunakan media sosial. Seperti, Facebook, Twitter dan Instagram.

Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan skill atau kemampuan mengoding. Akan tetapi, kamu diharuskan untuk mengatur strategi gimana caranya brand atau perusahaan kamu dikenal orang melalui sosial media.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial

8. Operator

Staff Operator

Operator

Pekerjaan yang kedelapan adalah sebagai operator. Sebenarnya banyak sekali pekerjaan mengenai operator. Seperti, operator mesin, operator perkantoran, operator rumah sakit atau bisa juga operator warnet.

Nah, biasanya pekerjaan operator bertugas untuk memantau jalannya perkerjaan atau sebagai jembatan untuk berkoordinasi antara perusahaan pusat dengan perusahaan lainnnya.

Ada juga operator yang sebagai jembatan untuk tempat berkoordinasinya staff lapangan dengan staff pusat. Pekerjaan ini juga tidak diharuskan memiliki skill coding, hanya saja kamu harus mengerti tentang komputer maupun mesin.

Baca Juga: 10 Tips Agar Kamu Mahir Mengetik dengan 10 Jari

9. Wiraswasta

Wiraswasta

Pekerjaan yang kesembilan adalah wiraswasta. Nah, jika memang kamu tidak memiliki skill mengoding, kamu bisa loh menjadi wiraswasta.

Wiraswasta adalah seseorang yang terjun langsung dan mengambil kesempatan dalam berbisnis. Jadi, kamu bisa menjadi wiraswasta untuk menjual produk-produk kepada orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan internet maupun sosial media untuk mempromosikan usaha atau bisnis kamu gaes!

Baca Juga: 10 Kunci Sukses Bill Gates yang WAJIB Kamu Tiru

10. Customer Service

CS

Customer Service

Pekerjaan yang kesepuluh adalah sebagai customer service. Pekerjaan ini kamu gak harus diwajibkan bisa mengoding gaes! Akan tetapi, kamu harus memiliki komunikasi yang baik.

Karena, pekerjaan ini diharuskan untuk memberikan pelayanan yang baik atau informasi selengkap mungkin terhadap client atau customer.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik CEO Amazon ‘Jeff Bezos yang Kalahkan Kekayaan Bill Gates

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan IT yang tidak bisa koding. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top