Lifestyle

Banyak yang Gak Sadar! Ini Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Banyak resiko yang terjadi jika kita tidur dengan perut kosong. Salah satunya akan menjadi mudah marah, kemudian pagi harinya akan tampak lesuh bahkan ketika tidur kembali akan mengigau atau berbicara sendiri. Jika kamu mengalami hal tersebut mending segera cari tau deh cara mengatasi tidur mengigau.

Karena, tidur mengigau biasanya sangat mengganggu orang lain. Apalagi kalau kamu tidurnya tidak sendirian. Nggak cuma mengigau aja sih, resiko lainnya kamu bakalan mengidap penyakit tidur sambil berjalan atau yang biasa dikenal sleepwalking.

Nah, kalau kamu mengidap penyakit tersebut, kamu harus tau dulu nih penyebab tidur sambil berjalan berikut ini supaya bisa segera diatasi.

Ternyata Ini Loh Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Jadi, kalau kamu ataupun keluarga kamu mengidap penyakit tidur sambil berjalan, coba deh kamu cari tau dulu penyebabnya dengan membaca artikel berikut ini!

1. Kurang Istirahat Cukup

Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Kurang Istirahat Cukup

Penyebab tidur sambil berjalan yang pertama adalah kurang istirahat yang cukup. Istirahat yang kurang bukan hanya membuat seseorang bisa tidur sambil berjalan. Tapi, bisa juga menyebabkan seseorang mudah mengantuk. Hal ini dibuktikan oleh beberapa peneliti di Kanada.

Mereka melakukan penelitian dengan 40 orang yang memiliki penyakit tidur sambil berjalan dan mereka pun mengakui kalau istirahatnya kurang atau waktu tidurnya tidak teratur. Nah, ketika dipantau selama tidurnya benar saja 90% dari mereka semua tidur sambil berjalan atau sleepwalking.

2. Sedang Sakit Demam

Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Sedang Sakit Demam

Penyebab seseorang tidur sambil berjalan yang kedua adalah orang tersebut sedang sakit demam. Seperti yang kita ketahui kalau orang yang sedang mengalami demam biasanya akan melakukan hal aneh saat tidur. Nah, salah satunya tidur sambil berjalan atau sleepwalking.

Hal ini disebabkan karena adanya perubahan temperatur pada tubuh yang ternyata mempengaruhi kinerja otak. Sehingga orang tersebut melakukan hal yang aneh di luar kesadarannya. Makanya gak heran kalau orang yang tidur sambil berjalan tidak mengingat apa-apa ketika sadar.

3. Terlalu Kelelahan

Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Terlalu Kelelahan

Penyebab tidur sambil berjalan yang ketiga adalah terlalu kelelahan. Jika kamu mengalami kelelahan yang sangat ekstream baik fisik maupun mental, maka akan berpotensi terjadinya tidur sambil berjalan. Hal ini disebabkan karena otot sedang melemah.

Sehingga, otak kamu menjadi sulit berkonsentrasi. Jadi, timbulah gejala sleepwalking ini. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui tanda tubuh sedang mengalami kelelahan. Tujuannya agar tidar terjadi hal yang tidak diinginkan seperti contohnya tidur sambil berjalan.

4. Penyakit Genetik

Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Penyakit Genetik

Penyebab seseorang tidur sambil berjalan yang keempat adalah penyakit genetik. Ternyata bukan hanya penyakit langka dan mengerikan di dunia aja yang bisa disebabkan karena genetik keluarga. Namun, penyakit tidur sambil berjalan ini juga bisa menjadi penyakit keturunan.

Karena menurut penelitian dari 22 anggota keluarga yang terkena penyakit sleepwalking ini pun karena di dalam keluarganya ada yang mengalami penyakit serupa. Sayangnya, penyakit keturunan seperti ini lebih sulit diatasi gaes.

5. Keseringan Minum Alkohol

Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Keseringan Minum Alkohol

Penyebab tidur sambil berjalan yang terakhir adalah keseringan minum minuman beralkohol. Keseringan minum beralkohol bukan hanya membuat kamu mengidap penyakit tidur sambil berjalan aja loh. Tapi, bisa juga menjadi penyebab seseorang menjadi mudah lupa.

Hal ini disebabkan karena alkohol bisa mengurangi kualitas tidur seseorang sehingga beberapa diantaranya akan mengalami gangguan dalam tidur seperti tidur kurang nyenyak, sering mengigau dan tidur sambil berjalan atau sleepwalking. Oleh sebab itu, kamu harus mengurangi minum minuman beralkohol ya gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih penyebab tidur sambil berjalan yang orang tidak tau. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai penyebab tidur sambil berjalan ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih penyebab tidur sambil berjalan yang orang tidak tau. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai enyebab tidur sambil berjalan ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top