Tech-Fun!

10 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu (Tips Baru 2018)

10 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu (Tips Baru 2018) 7

Biasanya belanja, kamu harus ke tempatnya atau ke toko untuk membeli barang tersebut. Namun, kini kamu ada cara lain untuk membeli suatu barang, yaitu dengan cara online.

Banyak toko-toko yang sudah menjual atau mempromosikan barangnya melalu media sosial dan kamu bisa membelinya tanpa harus ke toko itu. Tapi ada juga loh toko online yang jahat alias menipu kamu. Mari simak artikel ini yuk sobat pintar.

BACA
7 Modus Penipuan Online Shop yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Tipspintar.com akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk kamu yang ingin belanjar onlie agar tidak kena tipu oleh toko online. Daripada penasaran, yuk simak artikel yang satu ini.

1. Cari Toko Online yang Sudah Terpercayai

Toko Online

Toko Online

Tips yang pertama adalah mencari toko online yang sudah dipercayai oleh orang-orang. Toko yang sudah terpercaya pasti tidak akan atau tidak pernah menipu pembelinya.

Cara untuk mengetahui toko tersebut terpercayai atau belum. Kamu bisa melihat melalui testimonial yang telah diberikan pelanggannya yang sudah membeli di toko tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melihat rating dan kamu bisa bertanya kepada orang lain atau teman kamu mengenai toko online tersebut bahwa toko tersebut terpercaya atau tidak.

Baca Juga: 10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

2. Jangan Percaya dengan Promo Menggiurkan

Promo Barang

Promo Barang

Tips yang selanjutnya adalah jangan mempercayai dengan adanya promo yang menggiurkan. Biasanya untuk menarik perhatian, toko tersebut memberikan promo yang tidak masuk akal.

Salah satunya dengan memberikan diskon yang banyak. Bisa kamu bayangkan jika memberikan diskon maupun promo yang banyak. Keuntungan yang toko dapatkan itu berapa banyak.

Setiap toko pasti tidak ingin mengalami kerugian. Untuk itu jangan sampai kamu tergiur dengan promonya. Ga mau kan, kamu sudah membayar tapi barang tidak dikirim.

Baca Juga: 10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas)

3. Mencantumkan Identitas Palsu

Identitas Palsu

Identitas Palsu

Tips yang selanjutnya adalah toko mencantumkan identitas yang palsu. Setiap toko online pasti mencantumkan identitas yang berisi alamat, nama toko maupun nomor telepon.

Untuk itu, kamu bisa mengecek terlebih dahulu sebelum membelinya dengan menghubungi nomor telepon yang tersedia, apakah bisa terhubung atau tidak.

Selain itu, kamu bisa melihat dari alamat toko tersebut. Kamu bisa mengeceknya melalui Google untuk bisa melihat kebenaran dari alamat si toko online tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Jualan Online di Media Sosial Agar Cepat Laku

4. Harga Barang Jauh Lebih Murah

Harga Murah

Harga Murah

Tips yang selanjutnya adalah harga barang lebih murah daripada toko online lainnya. Mungkin jika beda harga hanya sedikit itu wajar saja karena itu menjadi salah satu trik menarik perhatian pembeli.

Jika ada toko online yang menjual dengan harga yang beda dan jauh lebih murah dari toko lain. Kamu harus hati-hati, bisa saja toko tersebut memancing kamu dengan harga yang jauh lebih murah.

Baca Juga: 10 Tips Sebelum Membeli Kamera Mirrorless Bekas (Second)

5. Mengenali Barang

Mengenali Barang

Mengenali Barang

Tips yang selanjutnya adalah mengenali barang yang akan mau kamu beli. Kamu bisa mengeceknya dari Google, barang tersebut agar kamu tidak merasa tertipu.

Dengan mengenali dari barang tersebut. Kamu akan mengetahui secara lebih jelas dari barang yang akan kamu beli, baik itu dari berat, jenis, maupun harga pasarannya.

Baca Juga: 8 Tips Sebelum Membeli MacBook Bekas (Second) Agar Awet

6. Membaca Deskripsi Barang

Deskripsi Barang

Deskripsi Barang

Tips yang selanjutnya adalah membaca deskripsi dari setiap barang yang akan kamu beli. Setiap barang pasti memiliki deskripsi yang berbeda-beda, baik itu dari warna maupun ukuran.

Nah, kamu harus jeli dan teliti dari barang yang akan mau kamu beli. Biasanya di deskripsi juga terdapat cara pemesanan yang baik dan benar dari pihak toko online tersebut.

Baca Juga: 12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR

7. Pastikan Ada Garansi Barang

Garansi Barang

Garansi Barang

Tips yang selanjutnya adalah pastikan ada garansi barang. Pihak toko online yang terpercaya pasti terdapat garansi setiap barang yang ia jual. Sehingga pembeli lebih percaya kepada penjual.

Sedangkan toko online yang akan menipu kamu, toko tidak akan berani memberikan garansi barang yang dijualnya. Nah, untuk itu coba cari toko online yang berani memberikan garansi setiap barang yang dijualnya.

8. Simpan Bukti Transfer

Bukti Transfer

Bukti Transfer

Tips yang selanjutnya adalah menyimpan bukti transfer kamu. Setiap melakukan pembelian maka kamu harus mentrasfer uang kamu kepada toko online tersebut dan kamu akan diberikan bukti transfer.

Ketika pihak toko online tersebut tidak mengirim barang pesanan. Kamu bisa mengajukan bukti transfer yang sudak kamu dapatkan. Mungkin dari pihak toko lupa atau tidak mengetahui bahwa kamu telah membeli.

Jadi, jangan buang dari bukti transfer tersebut. Karena, bukti transfer tersebut bisa menjadi penyelamat kamu ketika barang tidak dikirim oleh toko tersebut.

9. Usahakan Melakukan Pembelian dengan Cara COD

COD Barang

COD Barang

Tips yang selanjutnya adalah usahakan membeli barang dengan cara COD. COD sendiri adalah membeli barang dengan cara bertemu secara langsung dengan penjualnya.

Biasanya dari pihak penjual dan pembeli akan melakukan perjanjian, baik itu tempat maupun waktunya. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi kena tipu.

Ketika kamu melakukan COD, kamu bisa mengetahui kondisi dari barang tersebut dan kamu tidak akan kena tipu dari toko online tersebut.

10. Menggunakan Pembayaran dengan Rekening Bersama

Rekening Bersama

Rekening Bersama

Tips yang terakhir adalah menggunakan pembayaran dengan rekening bersama. Tips yang satu ini bisa kamu gunakan agar uang kamu tidak hilang walau kamu sudah kena tipu.

Rekening bersama adalah kamu akan mentrasfer uang yang dimana akan ada 3 pihak. Ada pihak penjual, pembeli dan dari pihak rekening bersama.

Jika kamu merasa tertipu, kamu bisa memberitahu pihak rekening bersama bahwa kamu ditipu dan uang yang sudah kamu transfer akan dikembalikan lagi kepada kamu.

Nah, itu dia 10 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu (Tips 2018). Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top