Tips

10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas 6

Tips tips mengatasi HP Android kamu yang cepat panas atau overheat. Penggunaan Aplikasi HP Android yang berlebihan bisa menjadi pemicu HP Android overheat

Overheating adalah salah satu gejala suhu panas secara tiba-tiba pada hardware atau perangkat keras. Terkadang panas yang dihasilkan berlebihan makanya disebut overheat. Overheat biasanya terjadi pada perangkat elektronik khususnya HP Android yang berkapasitas besar.

Biasanya HP dengan spesifikasi rendah juga lebih sering mengalami gejala HP Android yang panas atau overheat. Tapi bukan berarti HP Android dengan spesifikasi tinggi terhindar dari overheat. Bisa saja loh gaes! Salah satu penyebab HP Panas adalah karena kerja CPU, RAM atau perangkat keras lainnya digunakan secara berlebihan. Sehingga menimbulkan gejala overheat.

Overheat ini berbahaya loh gaes. Karena, bisa saja HP kamu cepat rusak, HP tidak bisa dicharger dan bahayanya lagi bisa meledak. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas tips mengatasi HP Android yang cepat panas. Jadi, simak baik-baik ya gaes.

HP Android Panas? BAHAYA! Ini Tips Mengatasi HP Android Panas dengan Cepat

Kalau kamu sudah merasa HP Android menjadi cepat panas, mending kamu segera mengikuti tips agar HP Android tidak cepat panas berikut ini deh gaes.

1. STOP! Menggunakan HP Android Secara Berlebihan

tips mengatasi HP Android panas

Stop! Memainkan HP Android secara berlebihan

Tips mengatasi HP Android panas dengan cepat yang pertama adalah STOP! Menggunakan HP Android secara berlebihan. Alangkah lebih baiknya, kamu mengurangi pemakain HP Android yang terus menerus, baik itu ketika menggunakannya untuk bermain game Mobile Legends dan lainnya, browsing internet.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mengurangi pemakaian HP untuk berjelajah di media sosial maupun menggunakan aplikasi chatting untuk bertukar pesan sampai teleponan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini menyebabkan HP Android kamu tidak mempunyai ruang untuk beristirahat, CPU pada HP Android kamu akan bekerja terus menerus sehingga menimbulkan reaksi overheating pada perangkatnya.

Jadi, kamu harus menggunakan HP Android sewajarnya sesuai dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya gaes.

2. STOP! Menggunakan HP Android yang Sedang di-Charger

tips mengatasi HP Android panas

STOP! Menggunakan HP Android yang Sedang di-Charger

Tips mengatasi HP panas dengan cepat yang kedua adalah kamu harus TOP! Menggunakan HP Android saat sedang di-charger. Ternyata sampai saat ini masih banyak loh yang memainkan HP Android sambil di-charger. Padahal kamu seharusnya berhenti dengan kebiasaan buruk ini.

Hal tersebut merupakan penyebab paling sering terjadinya HP Android overheating. Jika kamu terus menerus memainkan HP Android kamu sambil di-charger ini akan memperburuk baterai pada HP Android.

Selain itu, kurangi juga kebiasaan buruk charger HP semalaman ya gaes. Karena, jika hal ini terus menerus dilakukan maka akan membahayakan kamu dan lingkungan sekitar. Bahaya yang biasanya akan terjadi contohnya adalah akan terjadinya ledakan dari HP Android, menjadi cepat rusak, korsleting, kesetrum dan mengurangi umur baterai HP Android kamu.

3. Install Aplikasi Pendingin HP Android

tips mengatasi HP Android panas

Install Aplikasi Pendingin HP Android

Tips mengatasi HP Android yang cepat panas ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin HP Android. Pilih aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimasi HP Android kamu agar menjadi ringan dan mengurangi suhu secara berlebihan pada HP Android kamu.

Aplikasi pendingin HP Android biasanya mampu mengurangi panas pada CPU dan mengurangi overheat, bukan hanya itu aplikasi pendingin juga akan menghemat daya baterai yang diakibatkan kinerja CPU yang berlebihan.

Salah satu contoh aplikasinya adalah Clean Master, aplikasi ini multifungsi bisa untuk mengoptimasi HP Android kamu. Nah, buat kamu yang belum tau langkah-langkahnya bisa ikuti cara berikut ini:

  • Download aplikasi Clean Master dan buka aplikasi tersebut
  • Kemudian pilih fitur ‘Percepat Ponsel‘.
  • Selanjutnya pada bagian Suhu CPU, kamu klik ‘COMPROBAR‘.
  • Lalu Clean Master akan menampilkan aplikasi apa saja yang membuat HP Android kamu overheating, kemudian klik ‘DINGINKAN‘.
  • Kemudian aplikasi Clean Master akan memindai apa saja yang membuat HP Android kamu overheating.

Jika pemindaian CPU sudah selesai, kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas secara berulang-ulang hingga HP Android kamu sudah tidak terasa lagi panas atau overheat.

4. Hindari Meletakkan HP Android di Suhu yang Panas

tips mengatasi HP Android panas

Hindari Meletakkan HP Android di Suhu yang Panas

Tips mengatasi HP Android cepat overheat yang keempat adalah kamu harus menghindari untuk meletakkan HP Android terkena paparan sinar matahari secara langsung. Suhu sekitar yang panas juga akan mempengaruhi HP Android kamu menjadi cepat panas

Sama halnya ketika kamu terkena sinar matahari langsung, kamu akan merasakan panas menyengat ke kulit kamu dan ini juga sama jika terjadi kepada perangkat HP Android kamu.

Jadi, kamu harus meletakkan HP Android kamu di tempat yang suhunya stabil ya. Jika kamu meletakkan di ruang yang siklus udaranya sedikit pun akan membuat HP Android kamu mudah panas.

Misalnya kamu meletakkan di saku celana jeans kamu yang ketat. Nah, sebaiknya kamu letakkan di saku yang memiliki ruang lebih untuk HP Android kamu. Hal ini juga sudah pernah dibahas di artikel tempat yang nggak aman untuk simpan HP Android.

5. Uninstall Aplikasi yang Memberatkan RAM

tips mengatasi HP Android panas

Uninstall Aplikasi yang Memberatkan RAM

Tips mengatasi HP Android panas dengan cepat yang kelima adalah dengan uninstall aplikasi yang memberatkan RAM. Aplikasi – aplikasi yang sebenarnya tidak kamu perlukan seharusnya kamu hapus atau uninstall saja. Karena, jika tidak dihapus akan menyebabkan kinerja RAM akan bekerja secara berlebihan.

BACA
Cheat Free Fire Terbaru 2019, Auto Booyah! (Tanpa Root)

Selain itu, dengan uninstall atau menghapus aplikasi tentu akan membuat kinerja Android kamu menjadi lebih ringan. Walaupun kamu tidak menjalankan aplikasi tersebut tetapi sebenarnya dibalik kinerja Android aplikasi tersebut dijalankan oleh sistem android.

Ini menyebabkan terkurasnya daya baterai HP Android kamu dan tentu saja ini salah satu penyebab kenapa HP Android cepat rusak karena mudah panas atau overheat. Jadi, segera hapus aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan ya gaes.

6. Matikan Layanan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

tips mengatasi HP Android panas

Matikan Layanan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Tips mengatasi HP Android cepat panas yang keenam adalah jangan lupa untuk mematikan layanan sistem android yang berjalan di HP Android kamu. Jika HP Android kamu sudah overheating sebaiknya kamu mematikan layanan yang sudah tidak perlukan lagi.

Contohnya kamu bisa matikkan fungsi Bluetooth jika sudah tidak digunakan. Selanjutnya jika kamu sedang tidak menggunakan jaringan WiFi sebaiknya juga kamu matikkan hal ini dikarenakan kinerja Android akan mencari jaringan WiFi agar terus bisa tersedia di HP Android kamu.

Terakhir kamu bisa mengurangi kontras dari pencahayaan HP Android kamu. Tips ini juga berlaku untuk kamu yang ingin baterai HP Android cepat awet. Karena, semakin banyak aktivitas di HP Android maka akan semakin turun kualitas baterainya.

7. Lakukan Power Off Terlebih Dahulu pada HP Android

tips mengatasi HP Android panas

Lakukan Power Off Terlebih Dahulu pada HP Android

Tips mengatasi HP Android yang cepat panas ketujuah dalah kamu harus melakukan Power Off atau Turn Off  HP Android jika HP Android yang kamu miliki sudah menunjukkan tanda overheat atau panas.

Nah, setelah kamu menonaktifkan HP Android dan mendiamkannya beberapa menit hingga suhu panas HP Android hilang, baru deh bisa kamu aktifkan kembali HP Android tersebut. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kinerja sistem Android yang berlebihan ketika digunakan.

Selain itu, cara ini akan mengoptimalkan daya baterai HP Android kamu. Karena ketika HP Android dalam keadaan Off maka seluruh aplikasi yang berjalan akan secara terpaksa akan terhenti penggunaannya. Hal ini juga berlaku loh untuk mengatasi modem yang panas.

8. Pastikan Jaringan yang Stabil

tips mengatasi HP Android panas

Pastikan Jaringan yang Stabil

Tips mengatasi HP Android yang cepat banget panas kedelapan adalah kamu harus memastikan menggunakan jaringan yang stabil. Entah itu menggunakan internet atau tidak. Karena, jaringan yang buruk akan memacu HP Android untuk mengoptimalkan mencari jaringan.

Jadi setelah membeli paket internet, kamu harus memastikan koneksi yang kamu digunakan stabil. Solusi lainnya kamu bisa menggunakan Simcard  Provider yang memiliki jaringan yang stabil di lingkungan kamu.

Mengapa demikian, karena jika kamu menggunakan Simcard provider dengan jaringan yang kurang stabil di lingkungan kamu, akan menyebabkan sistem HP Android kamu lebih ekstra bekerja keras lagi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasanya sistem HP Android akan mencari sinyal terus menerus untuk memenuhi standar dari jaringan yang kamu butuhkan. Sehingga daya pada HP Android kamu juga akan terkuras hanya untuk mencari jaringan tersebut.

9. Mengecek Baterai HP Android

tips mengatasi HP Android panas

Mengecek Baterai HP Android

Tips mengatasi HP Android panas selanjutnya adalah kamu harus mengecek baterai HP Android. Jika HP Android kamu terlalu sering panas atau overheat dan juga sering mengalami crash atau mati sendiri dan juga restart sendiri sudah dipastikan bahwa baterai kamu bermasalah atau sudah mengalami kebocoran baterai.

Tenaga baterai yang semakin turun juga salah satu yang mempengaruhi HP Android kamu cepat panas. Sebaiknya kamu bisa membawa HP Android kamu ke Counter Service HP Android kamu. Oh iya, kamu juga harus memastikan  menggunakan baterai dengan produk yang original.

10. Menggunakan Charger dan Konektor USB yang Original

tips mengatasi HP Android panas

Menggunakan Charger dan Konektor USB yang Original

Tips mengatasi HP Android panas dengan cepat berikutnya adalah kamu harus menggunakan charger dan konektor USB yang original. Charger dan konektor USB jugaakan mempengaruhi terhadap kinerja dari sistem HP Android kamu loh gaes.

Hal ini biasanya menyebabkan baterai kamu mendapatkan kapasitas daya yang bukan seharusnya. Jika kamu menggunakan charger dan konektor USB yang origanal atau bawaan dari brand-nya ini sudah dilakukan pengujian sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan HP Android kamu sehingga lebih aman.

Oleh sebab itu, pastikan charger yang kamu gunakan asli atau original. Jika kamu belum tau cara membedakan charger HP Android yang original bisa coba simak beberapa artikel berikut ini:

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan tips mengatasi HP Android panas dengan cepat. Oh iya, jangan lupa untuk share artikel tips mengatasi HP Android panas dengan cepat ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau, bagaimana sih tips mengatasi HP Android panas dengan cepat. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel tips mengatasi HP Android panas dengan cepat ini, bisa langsung tulis saja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top