Gadget

10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

Home / Gadget / Power Bank / 10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

Tips disini menjelaskan bagaimana kamu harus memilih power bank dengan kualitas yang bagus untuk smartphone kamu, Kamu bisa memilih power bank yang tahan lama sehingga meminimalisir kesalahan dalam memilih power bank dengan kualitas yang jelek

Power Bank yang artinya penyimpanan daya merupakan Hardware atau Perangkat keras portable untuk mengisi gadget atau smartphone kamu tanpa menyolokkan lagi ke listrik. Power Bank ini berkerja seperti layaknya baterai yang bisa dibawa kemana saja dan kapan saja dan dengan kondisi apapun.

Fungsi dari power bank sendiri itu adalah dapat mengisi ulang gadget kamu. Untuk kamu yang masih bingung dan takut salah membeli power bank yang cocok untuk gadget kamu, alangkah baiknya kamu harus tau terlebih dahulu kualitas power bank yang bagus itu sendiri seperti apa.

10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

Agar kamu tidak ragu dalam memilih Power Bank yang bagus, Maka dari itu TipsPintarCom akan memberikan tips memilih power bank dengan kualitas yang bagus.

1. Pilih Power Bank dengan Kapasitas yang Besar

Contoh Power Bank kapasitas besar

Sesuaikan Power Bank dengan kapasitas baterai gadget atau smartphone kamu dengan power bankPower Bank berkapasitas besar juga bagus digunakan karena kamu tidak perlu repot men-charger ulang lagi power bank kamu.

Power bank berkapasitas besar nantinya bisa digunakan bisa sampai 2-3 kali pemakaian. Karena, power bank berkapasitas kecil akan terasa cepat habis. Perlu kamu ingat kamu juga harus menyesuaikan kapasitas baterai power bank dengan kapasitas baterai gadget atau smartphone kamu.

2. Pilih Power Bank yang kompatible dengan Smartphone kamu

power bank yang kompatible

Power Bank yang kompatible dengan gadget atau smartphone kamu memiliki arus daya yang penting dalam penggunaannya. Tujuannya agar arus daya dari power bank dapat terisi secara normal. Hal ini mempengaruhi umur dari baterai gadget atau smartphone kamu sendiri.

Jika kamu memilih sembarang power bank yang tidak kompatible maka bisa saja smartphone kamu akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, sangat disarankan kamu harus memilih power bank yang kompatibel dengan smartphone kamu.

3. Pilih Power Bank yang memiliki Output Pengisian lebih dari satu

2 output power bank

Power Bank dengan kapasitas yang besar memiliki 2 port konektor yang tediri dari 1 output dengan 1 A dan 1 output 2 A. Besarnya output daya ini menentukan kecepatan pengisian power bank terhadap gadget atau smartphone kamu karena output 2 A akan lebih cepat pengisian daya terhadap gadget atau smartphone kamu dibandingkan dengan output 1 A.

Penjelasannya seperti ini jika kapasitas baterai kamu 1800 mAh maka jika di-charger menggunakan tegangan output 2 A maka membutuhkan waktu 1,8 jam sampai baterai terisi penuh, sedangkan jika menggunakan tegangan output 1 A maka dibutuhkan waktu sekitar 54  menit.

4. Pilih Power Bank yang memiliki Indikator LED

Indikator LED Power Bank

Pilih Power Bank yang memiliki indikator LED untuk menunjukkan jumlah presentase power bank, Indikator bisa titik-titik lampu penunjuk atau jumlah persentase. Hal ini bertujuan untuk memberitahu dan mengingatkan kamu jumlah daya yang tersisa pada power bank sehingga tidak akan membuat kamu lupa untuk men-charger ulang power bank kamu.

5. Pilih Power Bank yang memiliki Safety Protection

Safety Protection

Memilih Power Bank yang memiliki Safety Protection merupakan hal yang penting dalam memilih power bank yang berkualitas. Karena jika tidak maka bisa saja terjadi korsleting pada gadget atau smartphone kamu, hal ini mempengaruhi kerusakan pada komponen hardware-nya.

Jika pada produk power bank mencantumkan fitur Over Charging Protection, sudah dipastikan jika daya pada gadget atau smartphone kamu terisi penuh maka power bank tersebut akan memutuskan aliran daya.

BACA
10 Laptop Lenovo Terbaik Harga 3 Jutaan

6. Pilih Power Bank yang menyediakan Konektor berbagai Tipe USB

konektor power bank

Pilih Power Bank yang juga menyediakan konektor berbagai tipe USB, karena setiap gadget atau smartphone memiliki tipe USB yang berbeda-beda. Misal, jika smartphone kamu Samsung dan teman kamu memiliki HP Apple sudah dipastikkan akan memiliki port USB yang berbeda.

Alangkah baiknya kamu menggunakan konektor asli bawaan dari gadget atau smartphone kamu, karena konektor bawaan tersebut sudah disesuaikan spesifikasi-nya dengan gadget atau smartphone kamu. Sehingga, penggunaan daya pada power bank lebih stabil dan juga aman.

7. Pilih Power Bank yang hanya berfungsi sebagai Power Bank

Contoh power bank kipas angin

Kamu harus memilih Power Bank yang hanya berfungsi sebagai Power Bank bukan yang di lengkapi dengan fitur MP3 Player, Kipas angin, Flashdisk, Senter dan WiFi. Hal ini tidak bagus untuk ketahanan dan stabilitas power bank tersebut.

Hal tersebut juga akan mengurangi daya penyimpanan dari power bank itu sendiri, sehingga power bank lebih tahan lama penggunaannya. Fungsi utama power bank adalah perangkat portable yang nantinya akan memudahkan kamu dalam men-charger gadget atau laptop kamu tanpa menyambungkan ke aliran listrik pada umumnya.

8. Pilih Power Bank dengan Merk yang sudah terkenal

Mengapa memilih Power Bank dengan Merk yang sudah terkenal ? Karena ini sudah dipastikan power bank yang ber-merk lebih terpercaya agar lebih aman, hati-hati juga untuk memilih power bank ber-merk tapi KW karena bisa saja power bank KW tersebut produk tidak dipastikan aman digunakan. Berikut Power Bank dengan Merk terkenal :

  • Power Bank Xiaomi
  • Power Bank Sony
  • Power Bank Samsung
  • Power Bank Vivan
  • Power Bank Panasonic
  • Power Bank Asus
  • Power Bank YooBoo
  • Power Bank Wellcomm PowerSafe
  • Power Bank Cooler

9. Pilih Power Bank yang mempunyai Garansi Produk

Contoh kartu garansi power bank

Power bank yang memiliki garansi sudah dipastikan bahwa produk yang mereka keluarkan membuktikan bahwa produk power bank-nya berkualitas dan tidak akan mengecewakan konsumen. Garansi yang bagus bisa mencapai masa 1 tahun dan dengan adanya garansi membuat konsumen merasa aman jika akan membeli produk tersebut.

10. Pilih Power Bank yang telah mempunyai Sertifikasi

Power Bank yang tidak memiliki sertifikasi sudah dipastikan salah satu produk replika. Oleh karena itu perlu kamu ketahui power bank dengan kualitas yang bagus memiliki lambang atau logo sertifikasi pada kemasan produknya. Berikut adalah lambang yang harus ada dalam memilih power bank yang bagus.

  • Sertfikasi CE (Coformité Europénne) yang artinya produk ini sudah memiliki sertifikasi yang disesuaikan dengan standar Eropa. Sertifikasi sudah ada sejak tahun 1985 dan mengartikan bahwa produk tersebut aman digunakan.

CE – Conformité Européenne

  • FCC (Federal Communications Commission) adalah sebuah lembaga independen dari Amerika Serikat yang membuat regulasi dalam bidang broadband, kompetisi, frekuensi radio, media, keselamatan publik dan keamanan dalam negeri. Produk yang memiliki cap logo ini berarti sudah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan Amerika Serikat.

FCC – Federal Communications Commission

  • UL (Underwriters Laboratories Inc) merupakan perusahaan yang berbasis di Northbrook-illinois yang bergerak di bidang konsultasi dan sertifikasi keamanan elektronik. Menganalisa dan menguji dari beberapa teknologi baru, produk dan komponen elektronik.

UL – Underwriters Laboratories Inc.

  • Li Ion Recycle Pada logo ini menyatakan bahwa baterai lithium ion yang digunakan dapat di daur ulang. Jika sudah rusak kamu dapat membuangnya ke tempat sampah yang telah di sediakan dengan kategori limbah pabrik.

Li Ion Recycle

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top