iOS

iPhone 14 Dirilis, Ini Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Home / iOS / Tips / iPhone 14 Dirilis, Ini Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

iPhone jadi satu-satunya smartphone dengan sistem operasi iOS. Tidak kalah dengan pesaingnya Android, iPhone juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memanjakan penggunanya. Bahkan beberapa orang mengaggap jika iPhone lebih bagus dibandingkan HP tipe Android dari berbagai merk.

Hal tersebut membuat orang seakan berlomba untuk membeli HP keluaran iPhone. Bahkan, harganya yang cenderung lebih mahal dibanding HP lainnya tidak jadi penghalang untuk tetap membelinya.

Sama halnya dengan merk HP lainnya, iPhone juga meluncurkan berbagai seri. Baru-baru ini iPhone telah meluncurkan seri terbarunya yaitu iPhone 14 Pro Max yang digadang-gadang jadi HP iPhone terbaik. Hal ini berdampak pada menurunnya harga iPhone seri sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin berburu HP iPhone seri terbaru maupun yang lawas, sebaiknya pertimbangkan aspek lainnya, selain dari segi harga. Berikut ini tips memilih HP iPhone yang bagus, agar tidak menyesal setelah membelinya seperti yang dilansir dari ceklist.id.

5 Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

1. Beli di Gerai Resmi

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Beli di Gerai Resmi

Sebagian orang sering kali tergiur dengan harga iPhone murah yang dijual di gerai tidak resmi. Padahal, membeli barang dari gerai tidak resmi beresiko tinggi. Resiko keasliaan dan kualitas produk jadi jaminan yang harus ditanggung pembeli.

Oleh karena itu, jika tidak ingin merugi akibat kena tipu, maka belilah di gerai resminya. Kini gerai resmi iPhone sudah tersedia di berbagai kota. Bahkan Anda dapat membelinya melalui marketplace. Contoh gerai resmi iPhone yang tersedia offline maupun online yaitu iBox.

Belilah produk hanya di gerai resmi untuk menjamin kualitas, keaslian, dan garansi produk. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah dan belum pasti keasliannya. Sebab, hal tersebut bisa menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

2. Periksa IMEI

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Periksa IMEI

Melakukan pemeriksaan kode IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui keaslian produk. Pemeriksaan IMEI dapat dilakukan dengan mencocokkan kode IMEI pada kotak HP dengan yang terdapat di sistem operasinya. Apabila kode IMEI tidak terdeteksi, maka bisa dipastikan bahwa produk tersebut palsu.

3. Periksa Keaslian Layar dengan True Tone

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Periksa Keaslian Layar dengan True Tone

HP iPhone telah dilengkapi fitur True Tone yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian layar HP. Fitur ini bisa membantu Anda untuk mengubah white balance layar secara otomatis sesuai dengan kondisi lingkungan. Hal ini secara tidak langsung membantu pengguna dalam menghemat baterai.

Guna melekukan pemeriksaan keaslian, Anda cukup kunjungi aplikasi setting atau pengaturan, lalu buka bagian display dan brightness. Setelah itu, Anda bisa lihat fitur True Tone. Apabila tidak menemukan fitur tersebut, maka bisa dipastikan bahwa layar iPhone Anda bukan asli bawaan pabrik.

4. Manfaatkan iTunes untuk Mengetahui Keasliannya

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Manfaatkan iTunes untuk Mengetahui Keasliannya

Selain True Tone, iTunes juga bisa membantu Anda memeriksa keaslian HP iPhone. Hal tersebut berfungsi untuk melakukan pencocokan nomor seri dan IMEI, apakah tersedia di iTunes atau tidak. Apabila tidak ditemukan, maka Anda bisa mengajukan ganti unit kepada penjual.

5. Perhatikan Kondisi Box dan Perangkat

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Perhatikan Kondisi Box dan Perangkat

Saat pembeliaan iPhone, Anda juga perlu memeriksa kondisi box dan HP saat diterima. Walaupun gerai resmi terpercaya, tetapi Anda tetap perlu memeriksa kondisi perangkat secara keseluruhan. Perhatikan setiap sisi dan sudut box, apakah terdapat kerusakan atau tidak. Setelah itu, periksalah perangkat yang telah Anda beli dengan mencoba menyalakan dan mencobanya. Jika terjadi gangguan saat mencoba, maka segera tukarlah perangkat Anda dengan yang baru, selama masa garansi masih berlaku.

6. Periksa Kartu Garansi

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Periksa Kartu Garansi

Ketika membeli iPhone, pastikan Anda mendapatkan kartu garansi. Apabila iPhone yang Anda beli asli, maka tanggal pada kartu garansi sama dengan tanggal saat Anda membelinya. Selain sebagai penanda keaslian produk, kartu garansi juga berfungsi sebagai alat perlindungan konsumen.

Melalui kartu garansi, hak konsumen Anda dapat terlindungi. Anda dapat dengan mudah mengklaim garansi jika HP mengalami kerusakan. Bahkan apabila terjadi kerusakan akibat kesalahan produksi, HP bisa ditukar dengan unit baru.

7. Belilah iPhone Sesuai Kebutuhan

Cara Pilih HP iPhone yang Bagus

Belilah iPhone Sesuai Kebutuhan

HP iPhone tidak hanya terdiri dari satu seri, akan tetapi berbagai seri dan tipe. Masing-masing seri memiliki fitur dan keunggulan tersendiri. Sebelum membelinya, sebaiknya pastikan Anda sudah mengetahui HP seperti apa yang dibutuhkan.

Jika masih bingung menentukan HP iPhone yang mana, maka Anda bisa sedikit melirik seri iPhone XR. Walaupun bukan seri terbaru, tetapi fitur yang ditawarkan cukup mumpuni. Selain itu, seri ini juga mendapat kesempatan untuk update ke iOS 16.

Namun apabila Anda ingin memiliki seri yang terbaru, tentu iPhone 14 Pro Max jadi pilihannya. Untuk urusan kualitas, tidak perlu diragukan karena sudah pasti sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Apabila Anda masih terjebak dalam rasa bimbang saat memutuskan membeli iPhone, cara diatas bisa jadi solusinya. Cara tersebut bisa jadi peta bagi Anda dalam perjalanan menemukan iPhone impian. Perlu diingat bahwa pilihlah HP sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab iPhone terbaik adalah perangkat yang dapat menjawab kebutuhanmu akan barang tersebut.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top