Tips

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer 5

Kamu sering pusing kalau lama-lama menatap layar didepan komputer? Nah, bisa jadi kamu mengalami yang namanya radiasi mata. Mau tahu cara melinidungi mata kamu dari radiasi? Artikel ini cocok untuk kamu baca.

Zaman yang semakin canggih dan modern seperti sekarang ini, semua pekerjaan dituntut untuk menggunakan komputer. Radiasi komputer karena menatap layar monitor selama berjam-jam akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mata.

Gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer disebut Computer Visi Syndrome (CVS) atau sindrom visi komputer. Istilah ini mencakup berbagai macam kelelahan pada mata.

Menurut ahli ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan resiko dari sindrom visi komputer akibat menatap layar terlalu lama. Nah, pada kesempatan kali ini Tipspintar.com akan mengulas tentang Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer

Sebelum kita membahas cara melindungi mata di depan komputer, ada baiknya kita mengetahui apa saja gejala kalau kita sedang mengalami namanya Visi Syndrome (CVS).

Gejala Visi Syndrome (CVS)

Gejala CVS memang akan dirasakan sebagai sumber penyebab kelelahan mata dan ketidaknyamanan. Namun, jika hal ini dibiarkan terus menerus tidak menutup kemungkinan adanya gangguan mata yang lebih serius seperti katarak dan glaukoma. Berikut beberapa gejala yang ditimbulkan akibat CVS adalah:

  • Sakit Kepala
  • Pengelihatan Kabur
  • Pengelihatan Ganda
  • Iritasi Mata
  • Sakit Punggung dan Leher

Lantas Bagaimana Cara Cegah Radiasi Mata di Depan Komputer?

1. Kurangi Pencahayaan Sekitar

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer 6

Ubah pencahayaan di sekitar kamu untuk mengurangi silau pada layar komputer. Atau kamu bisa memindahkan komputer jika letaknya terlalu dekat dengan jendela, karena jendela adalah sumber cahaya selain lampu. Memberikan LCD filter untuk membantu melindungi mata kamu.

Selain menyesuaikan pencahayaan sekitar, kamu juga disarankan untuk menyesuaikan kecerahan layar, kamu harus membuat tampilan layar lebih hangat dengan warna cenderung kuning. Dengan begitu, dapat membuat mata kamu lebih nyaman. Khususnya buat kamu yang sering menggunakan komputer hingga larut malam.

2. Perbesar Ukuran Font

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer 7

Selanjutnya cara untuk mencegah sindrom visi komputer adalah dengan memperbesar font teks di komputer kamu atau melakukan zoom di program komputer. Kamu juga bisa menyetel ukuran font di smartphone menjadi lebih besar.

Selain itu, ubah warna dan kontras layar laptop atau pc agar lebih membuat mata kamu lebih nyaman melihatnya. Pasalnya, ukuran huruf yang kecil akan membuat mata kamu bekerja ekstra untuk membaca. Hal ini juga membuat jarak mata dengan layar lebih dekat.

3. Istirahatkan Mata

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer 8

Selain tubuh yang membutuhkan istirahat, ternyata mata kamu juga perlu istirahat, karna mata adalah organ yang paling penting. Dengan berpaling dari layar setiap 20 menit atau kamu keluar dan menatap keluar jendela sekitar selama 1 menit untuk mengistirahatkan mata kamu. Jika mata menjadi terlalu kering, coba gunakan obat tetes mata.

4. Jangan Lupa Berkedip

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer 9

Pasalnya, seseorang yang menggunakan komputer berkedip 66 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak. Pengguna komputer rata-rata berkedip tujuh kali per menit, tingkat normalnya adalah dua puluh kali per menit.

Alhasil inilah yang mmebuat mata menjadi kering sehingga cepat lelah dan kemerahan. Tentu saja, kadang kita suka lupa. Namun, usahakan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer 10

Untuk mengantisipasi-nya, belilah kacamata khusus untuk mengurangi efek radiasi dari lampu biru pada layar komputer kamu. Harganya sangat terjangkau untuk kesehatan dan kamu juga bisa beli secara online atau di optik terdekat.

Nah, itulah ulasan tentang Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya kami harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya sobat pintar…

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top