Kepo

Perjuangan Wanita Perkasa di The Woman King

Home / Kepo / Perjuangan Wanita Perkasa di The Woman King

The Woman King

Dengan rating luar biasa di The Rotten Tomatoes (94% kritikus / 99% audiens), The Woman King tak pelak menjadi salah satu film epik yang paling ditunggu-tunggu penayangannya. Sutradara Gina Prince-Bythewood (The Old Guard) sukses menanamkan penuturan kisah heroik sang pejuang wanita dalam film berdurasi 2 jam 14 menit ini.

Terinspirasi dari sejarah kerajaan Dahomey (kini bernama Benin) di abad ke-19 dimana hidup para pejuang wanita perkasa penjaga raja legendaris yang paling ditakuti seantero Afrika, The Agojie. Wanita-wanita hebat ini mendedikasikan hidup mereka untuk melindungi raja dan kerajaan Dahomey, meski nyawa jadi taruhannya.

Dahomey vs. OYO

Woman King and King

Nanisca (Aktris peraih Oscar Viola Davis, The Suicide Squad) adalah seorang jenderal dari pasukan Agojie, ia tangguh dan sigap untuk menghalau semua serangan dari musuh bebuyutannya, kerajaan Oyo. Ancaman Oyo bukan hanya satu-satunya yang menjadi kekhawatiran Nanisca, namun juga fokus sang Raja Ghezo (John Boyega, Star Wars: The Force Awakens) yang baru saja naik tahta setelah mengkudeta kakak laki-lakinya tampak kurang visi dan mudah dipengaruhi oleh permaisurinya yang ambisius, Shante (Jayme Lawson, The Batman).

Didukung oleh dua letnan yang paling ia percaya Izoge (LashanaLynch, No Time To Die) dan Amenza (Sheila Atim MBE, Doctor Strange: In the Multiverse of Madness), Nanisca bahu membahu bersama keduanya membebaskan para tawanan dari cengkraman Oyo yang berniat menjual mereka sebagai budak.

Diantara semua kekacauan tersebut, Nanisca juga dipertemukan dengan seorang remaja keras kepala namun multi talenta bernama Nawi (Thuso Mbedu, The Underground Railroad) yang kerap mencuri perhatiannya lewat beragam pembangkangan yang dilakukan. Nawi yang dibuang sang ayah karena menolak untuk dinikahkan pada seorang pengusaha tua bangka, tumbuh menjadi prajurit tangguh dibawah naungan keluarga barunya, para Agojie.

Masalah menjadi pelik disaat Oyo bersatu dengan kerajaan lain untuk membantai masyarakat Dahomey. Kalah jumlah dan kalah persenjataan tidak menjadikan Agojie patah semangat. Berbekal strategi mumpuni, para wanita perkasa Agojie memutuskan untuk membawa perang ke Oyo, sebelum mereka sampai ke Dahomey. Berhasilkah mereka?

Emotional & Epic

Duo

Menonton film The Woman King pasti kita akan segera teringat dengan pasukan Dora Milaje, wanita-wanita perkasa penjaga raja di Black Panther (2018) produksi Marvel. Baik para Agojie dan Dora Milaje digambarkan sebagai wanita-wanita pejuang yang tak hanya kuat dan jago bertarung, tapi juga loyal kepada raja dan rakyat mereka. Banyak elemen pertarungan di The Woman King yang mengingkatkan kita pada ketangguhan Dora Milaje. Namun tentu saja bintang utama yang paling bersinar adalah Viola Davis.

Entah ini kabar baik atau kabar buruk, penampilan Viola Davis di film ini terlalu OP (over powered/hebat) sehingga membuat bintang-bintang lain terlihat biasa saja. Bahkan villain utama film ini yang digadang-gadang sebagai orang paling jahat pun kalah jauh dari kharisma yang dipancarkan Viola Davis. Jika ada satu keluhan untuk film ini adalah ketidakhadiran penjahat atau villain yang mampu berdiri sejajar dengan Viola Davis.

Namun selain itu film yang naskahnya ditulis oleh Maria Bello (The Water Man) dan Dana Stevens (Life or Something Like It) ini nyaris sempurna. Pantas mendapatkan skor rating yang dia atas 90%. Aktingnya, musiknya, bahkan kostum dan backdrop yang digunakan sangat membuat penonton merasa imersif, seolah-olah kita turut menjadi bagian dari kerajaan Dahomey. Sudah lama sekali sejak terakhir kali ada film epic seperti Braveheart (1995) ataupun Gladiator (2000) di layar lebar. Kehadiran The Woman King is a welcome one.

The Woman King sudah tayang mulai hari ini di bioskop-bioskop di Indonesia. Yuk, tonton di layar lebar, ajak teman dan keluarga sekarang!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top