Kepo

7+ Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Home / Kepo / Lifestyle / 7+ Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Ada banyak sekali ide bisnis paling menguntungkan di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah dengan menjual pakaian muslim dan berjualan takjil.

Tapi sebelum kamu memulai berbisnis di bulan Ramadhan, alangkah baiknya kamu belajar terlebih dahulu mengenai tips usaha online di bulan puasa.

Selain itu, kamu perlu tau kalau di bulan puasa terjadi banyak perubahan perilaku yang terjadi. Sehingga kamu perlu menyesuaikannya agar bisnis kamu bisa laris manis. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Alasan Kenapa Promosi Selama Bulan Ramadhan Penting?

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Promosi di Bulan Ramadhan

Sebelum membahan perubahan perilaku yang terjadi di bulan Ramadhan, kamu harus tau nih kenapa sih promosi di bulan Ramadhan itu penting banget?

Karena saat bulan Ramadhan bukan hanya umat muslim aja yang merasakan euforianya tetapi umat non muslim juga. Hal ini disebabkan karena bulan Ramadhan hanya bisa dirasakan sekali dalam setahun.

Bahkan di bulan Ramadhan ini bisa menjadi peluang kamu untuk menaikan brand awarness. Sehingga di bulan Ramadhan akan sangat efektif banget untuk promosi.

Nah, agar kamu tidak salah dalam mempromosikan produk di bulan Ramadhan, alangkah baiknya kamu tau nih perubahan yang terjadi di bulan puasa, sebagai berikut ini:

Perilaku Konsumen di Bulan Ramadhan yang Jarang Diketahui

Yuk simak perubahan yang terjadi pada konsumen di bulan puasa berikut ini.

1. Waktu Istirahat Menjadi Lebih Banyak

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Waktu Istirahat Menjadi Lebih Banyak

Pada umumnya perilaku orang Indonesia lebih banyak yang memanfaatkan waktunya untu beristirahat di bulan ramadhan. Hal ini kemungkinan karena terjadinya perubahan pola makan dan juga waktu luang yang lebih banyak dibandingkan bulan lain.

Biasanya pola makannya 3x kali sehari dan berubah menjadi 2 kali sehari yaitu waktu sahur (sebelum subuh) dan waktu berbuka puasa (setelah magrib).

Sehingga jam makan siang yang biasanya untuk digunakan untuk makan maka akan berubah menjadi jam untuk istirahat atau tidur siang.

Bukan hanya itu aja, ketika libur panjang menjelang idul fitri atau lebaran, orang Indonesia memanfaatkannya untuk beristirahat dari semua rutinitas.

Sehingga di bulan Ramadhan ini waktu istirahat menjadi lebih banyak dan biasanya saat istirahat diisi dengan menghabiskan waktu untuk online atau berselancar di internet.

Saran / Tips

Jika kamu ingin membuat konten di waktu istirahat cobalah buatlah konten yang ringan yang bertujuan untuk menghibur pengunjung di sela-sela waktu istirahatnya.

Selain itu kamu juga bisa membuat konten seputar Ramadhan yang ringan dan lakukan hal tersebut secara konsisten atau bersambung. Tujuannya supaya pengunjung merasa penasaran dan menantikan kontenmu.

Sehingga semakin sering mereka menunggu, kamu juga bisa meningkatkan awareness pada produk. Ingat sekali lagi, buatlah yang ringan.

2. Waktu Online Lebih Banyak

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Waktu Online Lebih Banyak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ketika bulan Ramadhan, orang Indonesia akan lebih banyak memiliki waktu luang. Waktu luang ini pun dipakai untuk online di internet atau media sosial.

Selain itu, tercatat bahwa orang Indonesia paling sering menghabiskan waktu online menggunakan perangkat mobile atau smartphone.

Bahkan tercatat kalau orang Indonesia bisa menghabiskan waktu hingga 4 jam lebih untuk mengakses internet di bulan Ramadhan. Tentu setiap tahunnya akan terus ada peningkatan pengguna yang mengakses internet di bulan Ramadhan.

Jadi ini tentu akan menjadi peluang yang cukup besar untuk kamu membuka untuk segera move on dari jualan offline ke jualan online gaes.

Saran / Tips

Terjadi peningkatan konsumsi internet pada mayarakat Indonesia di bulan Ramadhan ini tentu kamu bisa juga meningkatkan online persentase agar orang-orang bisa menemukan bisnis kamu dengan mudah di internet.

Kamu bisa memberikan informasi bisnis kamu dengan melakukan promo di bulan Ramadhan secara online. Tujuannya agar orang-orang sadar bahwa bisnis kamu itu ada.

Apalagi seperti yang kita tau setiap orang akan menghabiskan waktu hingga 4 jam untuk mengakses internet dan ini sangat potensial sekali untuk kamu melakukan branding.

Jangan lupa untuk membuat website atau konten yang mobile friendly ya. Karena menurut catatan kebanyakan orang Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile.

3. Lebih Sering Menonton Video Online

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Lebih Sering Menonton Video Online

Selanjutnya saat bulan Ramadhan orang-orang Indonesia akan lebih sering menonton video online dibandingkan di bulan-bulan lainnya. Aktivitas ini kerap dilakukan karena akan dirasa lebih menghemat waktu dibandingkan membaca.

Bahkan setiap tahunnya terus terjadi peningkatan jumlah penonton di YouTube, Facebook dan media sosial lainnya saat bulan puasa. Bahkan tonton di bulan puasa ini kebanyakan merupakan konten yang berkaitan dengan Ramadhan.

Makanya gak heran kalau channel YouTube dakwah dan channel YouTube tutorial hijab akan terjadi peningkatan viewers. Bukan hanya itu aja, konten seputar memasak untuk buka puasa dan sahur juga sangat laris di bulan Ramadhan.

Saran / Tips

Jika kamu ingin membuat konten di bulan Ramadhan cobalah membuat konten video. Bahkan kamu juga harus membuat konten video yang berkaitan dengan bulan Ramadhan.

Karena konten video yang berkaitan dengan bulan Ramadhan akan sangat efektif, mengingat para pengunjung akan mencari hal tersebut dan konten tersebut juga relevan dengan momen.

Sebagai contoh kamu bisa membuat konten dengan tema Ramadhan, religius atau keluarga. Dengan begitu kamu secara tidak langsung membangun koneksi dengan pengunjung dan mereka pun akan mengingat produkmu.

4. Lebih Rajin Beribadah

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Lebih Rajin Beribadah

Bulan suci Ramadhan akan menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk berbuat kebaikan dan juga beribadah. Saat bulan ini semu orang akan bersemangat dan mencari kata kunci yang berkaitan dengan ibadah.

Bahkan di bulan Ramadhan kata kunci yang berkaitan dengan kultum, doa, hadist, kisah nabi dan quotes tentang Islam akan mengalami peningkatan di bulan ini dibandingkan di bulan-bulan biasa.

Saran / Tips

Dengan adanya perubahan ini tentu bisa menjadi peluang untuk kamu membuat konten yang berkaitan sesuai perubahan pola aktivitas orang Indonesia bulan puasa.

Misal kamu membuat konten yang berkaitan dengan ibadah, bisa tips dan trik seputar Islam. Selain itu, pastikan kamu tidak mengunggahnya di jam-jam mereka sedang melakukan aktivitas beribadah seperti saat shalat tarawih.

5. Menjadi Lebih Derawan

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Menjadi Lebih Derawan

Perubahan prilaku di bulan Ramadhan selanjutnya adalah orang-orang menjadi lebih dermawan. Bukan tanpa sebab orang menjadi dermawan, karena di bulan Ramadhan ini salah satu kesempatan mereka untuk mendapatkan pahala yang besar dan juga keberkahan.

Bahkan saat bulan puasa kebanyakan orang Indonesia akan mencari kata kunci zakar, sedekah, amal dan lain sebagainya. Biasanya mereka akan mencari situs untuk bayar zakat online, karena lebih memudahkan mereka dibandingkan harus datang ke posko.

Saran / Tips

Dengan perubahan perilaku ini bisa kamu manfaatkan dengan mengadakan kampanye untuk bersedekah atau beramal bersama. Misal kamu bisa menawarkan produk yang sudah termasuk untuk berdonasi kepada orang yang membutuhkan.

Dengan kampanye ini tentu kamu sudah mengajak mereka untuk langsung berbuat kebaikan. Sehingga mereka membeli produk kamu merasakan manfaatnya secara langsung.

Tidak hanya itu, kamu pun menjadi jembatan untuk orang lain yang ingin berbuat kebaikan dan membantu orang lain yang membutuhkan bantuan.

6. Lebih Sering Mencari Promo atau Diskon

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Lebih Sering Mencari Promo atau Diskon

Siapa sih yang nggak suka dengan promo dan diskon, pasti hampir semua orang menyukai hal ini. Tapi di bulan Ramadhan minat atau permintaan adanya diskon menjadi lebih besar dibandingkan bulan biasa.

Karena adanya promo atau diskon di bulan Ramadhan, tentu mereka akan berhemat untuk keperluan lebaran nantinya. Ketertarikan promo dan diskon ini jangan sampai kamu melewatkan ya! Apalagi kalau kamu menjual produk yang merupakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula dan lainnya.

Saran / Tips

Karena tingginya ketertarikan orang-orang terhadap promo dan diskon khususnya di bulan Ramadhan, ini menjadi keharusan kamu untuk mengadakan promo atau diskon khusus Ramadhan.

Promo ini jangan hanya dibuat khusus untuk platform online saja tapi untuk offline pun kamu harus mengadakannya. Nah, kamu bisa memberikan penawaran yang menarik seperti membeli 5 produk akan mendapatkan parsel atau hampers menarik.

7. Waktu Bersama Keluarga Lebih Banyak

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Waktu Bersama Keluarga Lebih Banyak

Berikutnya saat bulan Ramadhan, waktu untuk bersama keluarga lebih banyak dibandingkan bulan-bulan biasa. Hal ini disebabkan karena saat bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, orang-orang akan mendapatkan libur panjang.

Sehingga ini menjadi kesempatan mereka untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Jadi nggak heran kalau bulan Ramadhan ini identik dengan keluarga dan banyak iklan di TV yang mengangkat tema keluarga.

Saran / Tips

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan membuat konten bertemakan keluarga. Dengan begitu, kamu bisa membangun koneksi emosial pembeli atau pengunjung dengan keluarganya.

Saran lainnya kamu harus membuat cerita yang mengandung nilai-nilai kekeluarga, entah itu untuk iklan, poster, artikel dan lain sebagainya. Pastikan mereka merasa relate dengan konten yang kamu buat.

8. Lebih Sering Memperhatikan Penampilan

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Lebih Sering Memperhatikan Penampilan

Selama bulan Ramadhan, orang-orang tidak hanya berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat kebaikan. Tetapi berlomba-lomba juga untuk bisa memberikan penampilan yang terbaiknya di bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Bahkan saat bulan Ramadhan kata kunci yang berhubungan dengan penampilan selalu meningkat. Contohnya kata kunci untuk produk kecantikan, fashion, gaya hijab, dan lain sebagainya.

Saran / Tips

Sebagai pemilik kamu bisa memperhatikan konsumen dengan menjual produk untuk membuat penampilan menjadi lebih menarik. Selain itu kamu juga menawarkan promo gratis perawatan dan lain sebagainya.

9. Transaksi Belanja Lebih Sering

Perubahan Perilaku Konsumen Saat Bulan Ramadhan

Transaksi Belanja Lebih Sering

Terakhir di bulan Ramadhan, orang Indonesia akan lebih sering bertransaksi belanja baik itu online maupun offline. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada saat bulan Ramadhan orang-orang lebih sering mencari promo atau diskon.

Makanya nggak heran kalau di bulan ini transaksi belanja menjadi lebih tinggi. Bahkan peningkatan ini bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan bulan-bulan biasa lainnya

Saran / Tips

Karena tingginya transaksi belanja, pada saat bulan Ramadhan ini jangan sampai kamu tidak melakukan promosi besar-besaran. Bahkan kamu bisa membuat promo atau diskon yang berkaitan dengan bulan Ramadhan.

So, itu dia gaes beberapa perubahan perilaku yang terjadi di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa juga ya untuk berbagi artikel ini ke teman-teman kamu 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top