Kepo

Review Biopic Marie Curie – Radioactive

Home / Kepo / Review Biopic Marie Curie – Radioactive

Radioactive Movie Banner

Ketika kita pertama kali mendengar nama Marie Curie, maka yang terlintas adalah pencapaiannya sebagai pemenang Nobel Prize wanita pertama di dunia. Bukan hanya sekali, tapi dua kali Curie menyabet gelar prestisius tersebut untuk penghargaan di bidang fisika dan kimia. Penemuan terbaiknya, elemen Raidum ternyata tidak hanya memberikan prestasi, tapi juga duka.

Disutradarai oleh Marjane Satrapi (Persepolis), kisah kehidupan Marie Curie dikupas dengan lugas dan menarik penonton untuk tenggelam ke dalam ups and downs seorang ilmuwan wanita di titik nadir perubahan sains. Banyak tantangan yang harus didobrak Curie untuk mewujudkan impiannya. Seperti apa?

Dream of Equality

Marie and Piere Curie

Drama biopik ini dibuka dengan setting di Paris pada tahun 1983 saat Marie Curie (Rosamund Pike) diboyong ke rumah sakit karena pingsan. Dalam kondisi delirium, penonton dibawa kembali ke masa lalu, tepatnya di Paris pada tahun 1893. Saat itu diceritakan latar belakang Marie Curie yang berasal dari Polandia, asimilasi kehidupannya di Paris, hingga konflik memanas antara dirinya dengan komunitas sains konservatif yang mayoritas didominasi oleh kaum pria dengan sistem patriarki dan rasisme yang kental.

Kepahitan tersebut berubah saat Marie akhirnya bertemu dengan rekan ilmuwan sekaligus calon suaminya yang brilian, Pierre Curie (Sam Riley). Keduanya bekerja sama dan menjadi penemu dua elemen baru, polonium dan radium. Ditengah-tengah penceritaan, penonton juga diajak perlahan ke masa depan, bagaimana kedua elemen tersebut memiliki impact yang cukup besar seperti bom atom, penyakit mematikan, hingga pengobatan kanker.

Volatilitas kehidupan Marie Curie menjadi centerpiece film berdurasi 103 menit ini. Ada beberapa bagian menarik seperti perkembangan kehidupan pribadinya, hingga bagaimana putrinya yang brilian mengikuti jejak sang bunda menjadi penemu yang juga sama-sama memenangkan penghargaan Nobel Prize. Namun tentu saja semua itu memiliki harga yang harus dibayar mahal, terutama oleh Marie Curie yang harus kehilangan orang paling ia kasihi. Siapakah dia?

Like Mother Like Daughter

Marie Curie Daughter

Penampilan Rosamund Pike sebagai Marie Curie sungguh hypnotic! Tidak hanya berperan sebagai wanita brilian, tapi juga seorang manusia yang kompleks dalam usahanya menyeimbangkan kehidupan sebagai ilmuwan, ibu dua anak dan seorang istri. Yang menarik, Anna Taylor-Joy sebagai Irene, putri sulung Curie cukup menarik perhatian. Meski hanya muncul kurang dari 20 menit, Irene berhasil merefleksikan kharisma yang tak kalah kuat dari ibunya.

Filmnya sendiri memiliki genre drama yang mungkin akan terasa berat bagi beberapa orang. Namun bagi mereka yang memang mencari sebuah biopik berkualitas dari tokoh dunia yang luar biasa seperti Marie Curie, bisa menikmati bab demi bab kehidupan tokoh tersebut dengan sangat vivid di layar lebar.

Buat kamu yang menantikan penayangan biopic Marie Curie di layar lebar bisa follow Twitter atau IG Cinema21 untuk informasi lebih lengkap dan jadwal tayang Radioactive.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top