Kepo

Songbird Thriller Percintaan Di Masa Pandemi COVID

Home / Kepo / Lifestyle / Songbird Thriller Percintaan Di Masa Pandemi COVID

Songbird

Songbird merupakan film Amerika pertama yang syuting di Los Angeles saat pandemi masih berlangsung. Berita ini sempat membuat gaduh beragam kritikus dan sinefil yang menganggap sci-fi distopia thriller ini kurang sensitif mengingat dunia masih dalam kondisi pandemi. Meski mengetengahkan tema pandemi dalam skenario terburuk, namun filmnya sendiri penuh dengan pesan-pesan penuh harapan dengan backdrop yang inovatif.

Disutradarai oleh Adam Mason (Into the Dark, Hangman) dan diproduseri oleh Michael Bay (Transformers, A Quiet Place), Sogbird berlatar di Los Angeles yang terlahap mutasi Coronavirus yang mampu menyebar lewat udara bernama COVID-23 dengan tingkat kematian hingga 56%. Empat tahun sudah pandemi berlangsung dan kota Los Angeles berada dalam kungkungan ketat yang ditekan oleh Emmet Harland (Peter Stormare) sang pemimpin Departemen Sanitasi. Seperti apa?

COVID on Crack

Hazmat

Harland memaksa semua orang untuk melakukan tes suhu tubuh setiap hari lewat teknologi yang terdapat di ponsel masing-masing. Mereka yang gagal melakukan tes tersebut akan diboyong pasukan kuning ke kamp konsentrasi yang dikenal sebagai Q Zone. Hanya segelintir orang yang tidak perlu tunduk akan peraturan ini, mereka adalah para munie -sekelompok orang yang memiliki kekebalan alami terhadap virus COVID-23. Para munie mengenakan gelang kuning sebagai penanda dan bebas berkeliaran di luar untuk melakukan apapun yang mereka inginkan.

Kebebasan absolut tersebut menjadikan gelang kuning sebagai salah satu item yang paling dicari dan dijual dengan harga tinggi bagi mereka yang mampu membelinya. Nico (KJ Apa, Riverdale) sang munie yang bekerja sebagai kurir kini harus berfikir keras agar ia bisa mendapatkan salah satu gelang kuning tersebut untuk sang kekasih, Sara (Sofia Carson, Descendants) yang terkungkung di dalam karantina rumah agar terbebas dari ancaman Q Zone karena nenek Sara yang tiba-tiba meninggal karena COVID-23. Berhasilkah Nico?

Viral Romeo x Juliet

Nico and Sara

Meski disepanjang film mayoritas para karakter tidak berkomunikasi secara langsung dan banyak interaksi dilakukan via video call, Songbird mampu menawarkan sajian thriller yang cukup menegangkan. Meski karakter Nico yang diperankan KJ Apa menjadi tulang punggung film berdurasi 85 menit ini, kehadirran Demi Moore (A Few Good Men) dan Bradley Whitford (The Handmaid’s Tale) menambah greget lewat masing-masing karakter yang mereka perankan.

Jika Bradley Whitford sukses memerankan karakter villain yang menyebalkan, Peter Stormare mengangkat kegilaan karakter Emmet Harland ke level mengesalkan. Seiring dengan berjalannya film, di arc terakhir penonton akan dibawa untuk mengupas hubungan dari para karakter ini dan bagaimana mereka bersinggungan.

28 Days Thriller

May

Disyut dengan menggunakan beragam jenis kamera dan teknologi terkini, dimana mayoritas merupakan potongan-potongan dari sudut pandang orang pertama via Go-Pro, membuat Songbird terasa lebih imersif. Mengingat kondisi saat syuting yang dipastikan sangat restriktif, hasil akhir dari syuting tersebut tampak unik.

Terutama pada adegan dimana Nico melakukan pengiriman melintasi latar kota yang kosong dan backdrop yang terasa mencekam. Adegan ini mengingatkan kita akan sebuah scene di atas London Bridge yang sangat iconic dari film 28 Days Later. Hal ini menjadikan world building Songbird terasa impresif dan otentik.

Meski dari segi naskah dan dialognya terasa cheesy, Songbird secara mengejutkan mampu menawarkan sajian thriller yang cukup menegangkan. Penonton mungkin akan membandingkan film ini dengan Contagion, meski demikian film yang juga dibintangi oleh si cantik Alexandra D’addario (The Girlfriend Experience) ini juga memiliki pesonanya sendiri.

Songbird dijadwalkan untuk tayang mulai hari Jum’at, 19 November 2021 di bioskop-bioskop di Indonesia.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top