Kepo

Review: The Noir Detective Batman 2022

Home / Kepo / Lifestyle / Review: The Noir Detective Batman 2022

The Batman 2022

Sudah banyak jenis Batman yang tayang di layar lebar, mulai dari Batman necis (Michael Keaton), Batman kocak (George Clooney), Batman gagah (Christian Bale), hingga Batman moody (Ben Affleck). Kini seri hero Batman memiliki satu jenis baru, Batman broody-emo-goth yang digambarkan dengan sempurna oleh Battinson, I  meanRobert Pattinson.

Lupakan imej playboy billionaire, Bruce Wayne 2022 adalah seorang pria muda yang hidup dengan banyak beban di benaknya. Batman terbaru ini juga tampaknya lebih nyaman hidup sebagai The Batman, ketimbang Bruce Wayne. Sekilas, film ini masih memiliki alur cerita standard Batman dimana ia melawan sindikat penjahat di Gotham, face to face dengan sang Riddler dan Penguin, hingga bersinggungan langsung dengan Catwoman.

Namun jangan salah, ini bukan film Batman biasa. Ini adalah film noir detective Batman yang lebih mirip film The Godfather (1972) dan Zodiac (2007), sebuah serial killer mystery yang hidup dalam film mafia. Genre yang ditawarkan sangat fresh, apalagi angle detective work yang jadi fokus utama film ini jauh lebih menarik daripada gebuk-gebuk biasa yang terjadi di film-film Batman sebelumnya.

Detective Batman Reporting for Duty!

Batman and Gordon

Seorang pembunuh berantai ala Jigsaw yang menamakan dirinya The Riddler (Paul Dano) menyisakan ceceran mayat para petinggi kota Gotham. Hal ini membuat Batman (Robert Pattinson) mau tidak mau turut menyelidiki kasus tersebut bersama-sama dengan Lt. James Gordon (Jeffrey Wright). Apalagi seiring dengan semakin dekat mereka untuk menemukan jati diri sang Riddler, Batman juga menemukan fakta-fakta gelap seputar keluarganya sendiri yang ternyata memiliki kaitan erat dengan kasus yang ia selidiki.

Satu demi satu penjahat ia gedor, mulai dari Penguin (Colin Farrell), hingga Carmine Falcone (John Turturro). Dalam perjalanan pencarian petunjuk tersebut, Batman juga dipertemukan dengan Selina, alias Catwoman (Zoë Kravitz) yang memiliki misinya sendiri untuk ia ungkap. Waktu semakin menipis, mayat semakin banyak berjatuhaan, Batman masih belum mampu menguak siapa sebetulnya The Riddler yang seringkali menyelipkan kartu khusus yang ditujukan kepadanya. Berhasilkah ia?

Beautifully Eerie Gotham City

Bat and Cat

Bekerja sama dengan sinematografer Greig Fraser (Peraih nominasi Oscar untuk Dune, 2021), penulis dan sutradara Matt Reeves (War of the Planet of the Apes, 2017) melahirkan tona khas film the Batman 2022 yang unik untuk sebuah film komik. Meski secara umum terlihat gelap dan gloomy, di beberapa bagian film, penonton bisa merasakan basah dan dinginnya kota Gotham yang hampir selalu diguyur hujan, atau bau dan pengapnya kereta kota (MRT) kumuh yang menjadi latar salah satu adegan.

Di sisi lain penonton juga bisa menikmati indahnya siluet kota Gotham yang diselimuti kabut, saat golden hour, ataupun ketika kamera panning beberapa sudut kota yang tampak indah dalam shade warna hitam dan merah yang mendominasi. Didukung musik latar besutan Michael Giacchino (peraih penghargaan Oscar untuk film Up, 2009) yang menggema disepanjang film, Reeves membuat setiap adegan penting terasa lebih menggetarkan. Terutama di bagian-bagian utama film yang memiliki adegan signifikan.

It’s Different, and It’s a Good Thing!

Bat and Car

Selama durasi hampir tiga jam, penulis tidak merasakan waktu berlalu. Alur cerita yang cair, karakterisasi yang kuat, sinematografi yang imersif, membuat penonton tetap fokus menyaksikan adegan demi adegan terkuak di layar lebar. Penulis yakin, sebelum menonton film ini, banyak orang yang meragukan kemampuan Battinson untuk memerankan tokoh Batman. Tapi percayalah, Robert Pattinson berhasil menggambarkan sosok Bruce Wayne dan The Batman yang sama sekali baru, lebih grounded, lebih realistis. Beda, and it’s a good thing!

Sosok Selina Kyle juga dibuat lebih cool dan berdimensi oleh Zoë Kravitz. Tidak hanya seksi, tapi juga rapuh sekaligus kuat. Moral grey area yang mana jadi pijakan Kyle juga membuat karakter ini semakin atraktif. Penonton bisa merasakan sexual tension setiap kali adegan sang Catwoman bertemu Batman. Kedua aktor dan aktris ini memiliki chemistry yang bagus, meski tidak banyak terjadi skinship.

Tentu saja, pujian terakhir dilemparkan kepada sang Riddler sendiri, Paul Dano. Sebagai seorang villain, sosok Riddler yang digambarkan oleh Dano sungguh luar biasa. Ia mampu membuat kita sebagai penonton merasa mengerti mengapa Riddler melakukan apa yang ia lakukan. Belum lagi adegan face to face antara the Batman vs. Riddler di Arkham, that will be an iconic scene for years to come. Bravo!

Honorary mention untuk penampilan luar biasa Collin Farrell yang completely unrecognizable sebagai Penguin, serta kudos untuk Jeffrey Wright yang memerankan Gordon dengan luar biasa human. Adegan Gordon – The Batman di kantor polisi Gotham sungguh unforgettable. Tak sabar rasanya untuk segera bisa menonton kelanjutan dari film ini. All in all, The Batman adalah film luar biasa yang wajib kamu tonton di layar terbesar yang bisa kamu temukan. IMAX, Starium, your choice and go watch it! The Batman tayang mulai hari ini di bioskop-bioskop terdekat!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top