Tips

10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas

Pada saat ini laptop merupakan salah satu barang elektronik yang wajib dimiliki. Nah, kamu buat kamu yang suka main game pasti tau, kalau laptop gaming saat ini dijual dengan harga cukup mahal.

Karena tingginya harga laptop menjadikan masyarakat memilih untuk membeli laptop bekas. Banyak resiko kerusakan jika kamu membeli laptop bekas. Jadi, kamu harus tau dulu nih apa aja sih tips sebelum membeli laptop bekas.

Laptop Gaming Acer Aspire E5-553G

Laptop Acer Aspire E5-553G

Berikut Ini 10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan memberikan tips membeli laptop bekas berkualitas. Jadi, simak baik baik ya gaes..

1. Cek Kondisi Baterai dan Charger Laptop

Baterai Laptop

Cek Kondisi Baterai pada Laptop

Tips pertama sebelum membeli laptop bekas berkualitas adalah dengan mengecek terlebih dahulu baterai yang digunakan pada laptop tersebut.

Cara cek kondisi baterai dengan melihat indikator keterangan penggunaan baterai berada di posisi level berapa. Nah, selanjutnya kamu coba membuka banyak aplikasi selama sekitar 10 menitan.

Jika penggunaan baterai menurun secara dratis atau drop secara cepat, berarti laptop tersebut sudah mengalami penurunan performa.

Selain itu, kamu bisa mengecek dengan menghidupkan laptop tanpa di-charger terlebih dahulu. Nah, pada bagian ini selain mengecek baterai laptop kamu juga bisa mengecek charger yang digunakan laptop tersebut.

Jika laptop tidak bisa hidup, sudah dipastikan baterai laptop tersebut sudah rusak atau charger yang digunakan sudah tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 9 Jutaan

2. Cek Kondisi Layar atau Monitor Laptop

Mengecek layar atau monitor laptop

Cek Kondisi Layar Laptop

Tips kedua sebelum beli laptop bekas murah adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi layar atau monitor dari laptop tersebut. Bagian ini penting banget loh gaes, apalagi kalau pada layar laptop terdapat dot pixel dan dead pixel.

Dot pixel adalah layar menghitam atau bintik-bintik bulat di bagain layar laptop. Cara mengeceknya adalah dengan mengganti wallpaper dengan warna putih atau hitam dan lihat apakah terdapat dot pixel.

Selain itu, untuk mengecek dead pixel adalah dengan mengguncangkan laptop. Apakah layar pada laptop akan mati atau tidak

Nah, jika ada kamu bisa memilih laptop yang lain. Tapi, jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut, cobalah untuk menawar kembali harga laptop yang diberikan si penjual karena terdapat cacat kondisi.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 8 Jutaan

3. Cek Kondisi Keyboard pada Laptop

Tombol Keyboard Laptop

Cek Kondisi Keyboard Laptop

Tips ketiga adalah dengan mengecek kondisi semua tombol yang terdapat pada keyboard laptop second tersebut. Cara ini sangat sederhana dan tentunya mudah banget gaes.

Cara cek kondisi keyboard laptop adalah dengan mengetik seluruh tombol yang terdapat pada laptop, termasuk tombol simbolnya juga ya.

Dari sini terlihat apakah tombol keyboard bermasalah atau tidak. Masalah lainnya adalah keyboard mengetik sendiri atau tidak berfungsi sama sekali.

Nah, jadi jika terdapat masalah pada keyboard lebih baik pilih laptop bekas yang lain aja deh gaes. Tapi, jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut, kamu bisa menggunakan keyboard eksternal atau membawanya ke tukang service laptop.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 7 Jutaan

4. Cek Kondisi Touchpad pada Laptop

Touchpad Laptop

Cek Kondisi Touchpad pada Laptop

Tips keempat adalah dengan mengecek kondisi dari touchpad pada laptop. Hal ini juga sangat penting loh gaes sebelum beli laptop bekas murah.

Nah, jika touchpad pada laptop tidak berfungsi dengan baik, lebih baik kamu memilih laptop bekas yang lain aja deh gaes.

Tapi, jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut, kamu bisa menggunakan mouse untuk mengganti touchpad pada laptop. Jangan lupa juga untuk menawar harga laptop bekas tersebut, jika touchpad-nya tidak berfungsi.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 6 Jutaan

5. Cek RAM dan Hard Disk Laptop

RAM Laptop

RAM pada Laptop

Tips kelima adalah dengan mengecek RAM dan Hard Disk pada laptop. Ini juga salah satu cara cek kondisi laptop bekas dengan mudah gaes.

BACA
7 Item PUBG Mobile yang Wajib Ada di Tas, Auto Chicken Dinner!

Caranya mengetahui kondisi RAM berfungsi dengan baik adalah jika melakukan test hardware pada proses booting tidak akan terjadi Blue Screen.

Sedangkan, cara mengetahui kondisi Hard Disk berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan copy-paste file antara partisi yang satu dengan partisi yang lainnya.

Jika pada proses transfer file tersebut lambat, berarti sudah dipastikan kalau Hard Disk tersebut lambat laun akan mengalami penurunan performa atau parahnya bisa terjadi kerusakan.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 5 Jutaan

6. Cek Kondisi CD atau DVD DRIVE dan Port USB

DVD Drive Laptop

Cek Kondisi DVD Drive pada Laptop

Tips keenam adalah dengan mengecek kondisi CD/DVD Drive dan juga port USB. Cara cek kondisi laptop second ini juga paling mudah.

Caranya mengetes DVD Drive adalah dengan memasukan CD ke DVD Drive, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Sedangkan pada port USB, kamu bisa mengetesnya dengan mencoba memasukkan Flash Disk.

Apakah data yang di dalam Flash Disk tersebut terbaca atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada port USB tersebut.

Nah, kalau bagian ini disarankan pilih laptop second dengan kondisi DVD Drive dan port USB yang masih bisa berfungsi dengan baik ya gaes! Karena bagian ini sangatlah penting untuk ke depannya.

Baca Juga: 10 Laptop Acer Terbaik Harga 3 Jutaan

7. Cek Kondisi Speaker dan Port Sound Laptop

Port USB Laptop

Cek Kondisi Port USB pada Laptop

Tips ketujuh adalah dengan mengecek kondisi speaker dan port sound. Cara cek laptop second ini adalah paling mudah banget.

Pada speaker kamu bisa mengeceknya dengan memutar musik melalui speaker. Jika, tidak ada suara pada speaker sudah dipastikan, speaker pada laptop tersebut telah mengalami kerusakan.

Sedangkan, pada port sound kamu bisa mengetesnya dengan menggunakan headset. Apakah masih terdapat suara atau tidak.

Nah, kalau kedua hardware tersebut tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa memilih laptop second yang lain atau bisa menawar harga laptop second yang telah ditetapkan penjual.

8. Cek Body pada Laptop

Laptop Dell Vostro 5470

Contoh Body Laptop Dell

Tips kedelapan adalah dengan mengecek body laptop bekas tersebut. Cara cek laptop bekas ini juga sangat mudah banget.

Cek kondisi keseluruhan body laptop ya gaes! Apakah terdapat kecacatan fisik atau tidak. Nah, jika banyak yang lecet atau penyok, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli laptop bekas tersebut, bisa saja laptop tersebut sering terjatuh.

Jika memang terdapat lecet yang banyak pada body laptop, kamu bisa menawar harga kepada penjual sebelum membelinya.

9. Cek Harga Pasaran Laptop Bekas

Harga Laptop Bekas OLX

Kisaran Harga Laptop Bekas di OLX

Tips kesembilan adalah dengan mengecek harga pasaran laptop bekas. Nah, tips ini penting banget loh gaes! Karena ini menjadi salah satu alternatif untuk kamu memilih laptop yang berkualitas.

Selain itu, menghindari terjadinya penipuan juga. Jika, kamu telah mengecek harga pasaran yang sebenarnya, kamu bisa menawar harga yang ditetapkan penjual seperti kisaran harga laptop bekas di pasaran.

10. Jangan Membeli Melalui Toko Online

E-commerce

Toko Online

Tips kesepuluh adalah dengan tidak membeli laptop bekas melalui toko online. Sebaiknya kamu membeli laptop bekas secara langsung. Hal ini juga akan menghindari dari modus penipuan juga loh gaes!

Jika memang laptop yang kamu inginkan adanya di toko online, lebih baik pilih toko yang menggunakan sistem COD (Cash Of Day) atau bayar dan ketemu langsung.

Nah, kalau kamu membeli laptop bekas dengan tidak menggunakan sistem COD, bagaimana kamu memeriksa kalau laptop bekas yang kamu beli memiliki kondisi yang baik.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan tips beli laptop bekas, nah semua point tadi bisa kamu pertimbangkan sebagai tips membeli laptop bekas di Kaskus. Jadi, kamu tidak akan salah pilih lagi deh! Oiya jika kamu punya kritik dan saran, boleh banget kamu tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top