Tech-Fun!

VPS : Penjelasan, Manfaat, dan Fungsinya

Home / Tech-Fun! / VPS : Penjelasan, Manfaat, dan Fungsinya

VPS : Penjelasan, Manfaat, dan Fungsinya

Teknologi modern yang kita manfaatkan di masa kini memang telah memudahkan segala urusan kita, termasuk di dalamnya urusan data hosting. Masalahnya yaitu gawai-gawai tersebut seringkali terpaksa harus berbagi sumber daya / processing power sehingga kinerjanya kurang lancar. Sistem hosting VPS adalah salah satu upaya meningkatkan efisiensi data hosting demi melancarkan aktivitas kita di Internet. Untuk tahu seperti apa VPS itu, bacalah artikel ini hingga tuntas.

Pengertian VPS

Kebanyakan dari Anda mungkin lebih akrab dengan sistem bernama shared hosting, tetapi apa Anda tahu jika ada sistem yang sifatnya pribadi?

Kepanjangan dari kata VPS adalah Virtual Private Server atau server pribadi daring. Teknologi ini yaitu sejenis jaringan internet yang memiliki satu penyedia / host fisik, namun sistemnya terbagi menjadi beberapa ruang virtual. Karena sistem ini penggunaannya bersifat pribadi, sumber daya yang tersedia dalam jaringannya hanya tersedia bagi pemakai individu.

Kendati sistem ini mempunyai sebuah penyedia layanan atau host yang berbentuk fisik seperti komputer pusat, layanannya yaitu berupa jaringan internet. Sumber daya yang tersedia dalam sebuah VPS seperti data processing, root access, dan install software semuanya adalah milik sendiri.

Hal ini memungkinkan seorang pengguna komputer atau gawai lainnya untuk bekerja tanpa harus menghabiskan sumber daya pada sistem biasa.

Fungsi VPS

Kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi pada masa modern ini telah mendorong kinerja sistem ini bagi umat manusia. Sekarang sistem ini memiliki beragam fungsi bagi para penggunanya. Fungsi-fungsi sistem VPS adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Ruang Kerja Pribadi

Apabila Anda bekerja melalui shared hosting, Anda bisa jadi harus rebutan sumber daya processing dengan pengguna lainnya. Ini akan menguras waktu dan uang Anda. Dengan sistem VPS, Anda dapat menciptakan dan / atau menyediakan ruang kerja kepada orang lain yang membutuhkannya.

2. Tempat Menguji Program Baru

Sebuah program atau perangkat lunak baru hendaknya Anda uji coba sebelum Anda produksi secara massal. Sistem ini menyediakan ruang kerja yang bebas gangguan sehingga Anda bisa menguji program atau perangkat lunak tersebut.

3. Mencadangkan Data Tanpa Perantara

Apabila Anda hendak mencadangkan data ke dalam suatu server dengan hitungan gigabyte, sebaiknya Anda menggunakan VPS. Sistem ini dapat menghemat uang dan sumber daya komputer karena kebanyakan data cadangan biasanya tersimpan di sisa-sisa ruang penyimpanannya.

Manfaat Menggunakan VPS

Sebagaimana jaringan internet telah memberikan banyak manfaat kepada umat manusia, sistem daring ini pun mempunyai beragam kemudahan bagi para penggunanya. Macam-macam manfaat menggunakan VPS adalah sebagai berikut ini:

  • Terbebas dari urusan install dan uninstall seperti pada perangkat lunak biasa karena sistemnya terhubung langsung ke internet.
  • Keamanan data yang Anda simpan sangat terjamin mengingat Anda sendiri yang mengelola jaringannya, jadi mustahil terbobol hacker.
  • Memberikan ruang kerja yang bebas dari gangguan dan hambatan yang sering timbul dari berbagai processing power ke pengguna lain.
  • Data yang Anda kelola di VPS dapat Anda update dengan lebih cepat dan akurat, daripada harus menunggu update dari admin server.
  • Tak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk menyewa server dari orang lain.

Itulah artikel bertemakan VPS, fungsi, dan manfaatnya. Bagi Anda yang perlu layanan cloud VPS hosting, Anda dapat membelinya di laman resmi Niagahoster dengan harga yang terjangkau, loh. Tertarik mencoba?

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top