Algoritma SEO

Mengenal Algoritma Google Panda: Dampak dan Fungsinya

Home / SEO / Algoritma SEO / Mengenal Algoritma Google Panda: Dampak dan Fungsinya

Bagi yang ingin belajar SEO harus mengenal Algoritma dari google. algoritma ini akan meningkatkan website kalian dalam kolom pencarian google. Untuk itu kita akan memperkenalkan salah satu algoritma dari google.

Dalam dunia SEO kita mengenal yang namanya algoritma, fungsi dari algoritma itu sendiri adalah sebagai alat untuk mengklasifikasikan atau meningkatkan/menurunkan halaman website kalian di hasil pencarian google.

Google memiliki algoritma yang bermacam-macam, namun yang paling familiar dan sering terdengar adalah Google Panda, Google Penguin, dan Google Hummingbird.

Algoritma yang akan dibahas kali ini adalah Algoritma Google Panda. Algoritma ini juga sering mengalami updateAlgoritma Google melakukan penghitungan yang sangat kompleks, hasil dari perhitungan itu akan menjadi dasar penentu hasil pencarian Google.

Pengenalan Google Panda

Algoritma Google Panda

Google Panda adalah salah satu algoritma Google yang berguna untuk menampilkan hasil pencarian situs terbaik dalam segi konten. Algoritma yang menekankan kualitas dari konten yang kamu buat.

Jadi, Google Panda itu paling suka sama konten yang berkualitas.

Saat trafik website kamu melemah, maka hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas konten yang memburuk, hal ini bisa disebabkan oleh konten yang berisi spam dan konten yang cenderung meniru konten milik orang lain.

Google Panda juga bisa dibilang sebagai layer pertama yang memeriksa konten kamu layak tampil di Google dan tentunya tidak melanggar aturan.

Jika konten kamu memenuhi syarat yang di tentukan, maka selanjutnya akan di periksa oleh algoritma lainnya yang bernama Google Hummingbird.

Apabila konten kamu tidak lolos dalam persyaratan tersebut, maka konten kalian tidak akan masuk dalam pencarian dan akan ditendang dari pencarian Google (a.k.a: penalty).

Ciri Konten yang Tidak Disukai Google Panda

Penalty Google

Google Panda tidak memberitahukan secara jelas seperti apa cara kerja yang diterapkan. Tetapi ada beberapa ciri-ciri konten yang akan terkena dampak dari algoritma ini, yaitu:

  • Terdeteksinya duplikasi pada konten (biasanya konten copas)
  • Kesalahan dalam penulisan (kurang-kurangin typo yaah)
  • Isi konten yang terlalu singkat dan kurang informatif
  • Konten bersifat SPAM
  • Penumpukan Kata kunci (Keyword Stuffing)

Jadi sebaiknya kamu periksa lagi konten-konten yang pernah kamu buat. Apakah benar konten yang kamu buat selama ini tidak mengandung ciri-ciri tersebut, sebelum konten kamu terkena penalty dari Algoritma Google Panda.

Cara Terhindar dari Patroli Google Panda

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri konten yang akan terkena penalty Google Panda, pastinya kamu mau tidak mau harus memeriksa kembali konten-konten yang pernah kamu buat. Kita akan memberi tahu kamu bagaimana cara agar konten yang kamu buat tidak terkena penalty Google Panda. Berikut adalah caranya:

1. Jangan Copas (Plagiat/Meniru)

Tidak Plagiat

Ketika kita menulis sebuah konten sebaiknya menggunakan ide dan pemikiran kita sendiri. Rangkailah kata-kata sebaik mungkin untuk menghindari sifat plagiat. Dalam menulis konten kita juga harus pandai dalam memilih kosa kata yang dapat dengan mudah di mengerti si pembaca.

BACA
Bocor! Ini Dia Nama Baru iPhone!

Plagiat (meniru) adalah salah satu point penting yang tidak boleh dilakukan saat menulis sebuah konten. Google Panda akan memeriksa konten yang mengandung plagiat dan akan memberikan sanksi penalty bagi konten yang mengandung unsur plagiat.

Apabila kamu beranggapan bahwa konten yang kamu tulis tidak ada kesamaan dengan konten lainnya, maka disarankan untuk mengeceknya menggunakan tools Copyscape, dengan tools tersebut kita dapat mengetahui apakah ada kesamaan pada konten lainnya.

2. Artikel Tidak Boleh Memiliki URL yang Sama

URL Tidak Boleh Sama

Jika kamu sudah memiliki banyak artikel yang sudah di posting, sebaiknya dicek kembali jika URL yang digunakan sama dengan artikel lainnya, apabila kamu memiliki URL yang sama sebaiknya segera kamu block dengan menggunakan Robot.txt atau Meta Noindex.

Berikut adalah cara menggunakan Robot.txt:

  • Daftar dan Masuk ke Google Search Console
  • Buka menu:
    Dashboard > Setting > Preferensi Penelusuran > Perayapan dan Pengindeksan. 
  • Pilih ‘Custom Robots.txt‘ lalu pilih ‘Ya‘.
  • Paste Robots.txt yang sudah kamu tentukan.
    (contohnya bisa kalian search di Google)
  • Simpan Robot.txt yang telah kamu modifikasi.

3. Jangan ‘Banjiri Artikel’ dengan Keyword

Memeriksa Keyword

Keyword digunakan untuk mengoptimalkan pencarian pada mesin pencarian.

Google Panda sangat tidak suka dengan website yang terlalu agresif dalam memainkan keyword pada kontennya.

Jangan pernah lagi menggunakan aturan Maximum/Minimum Keyword Density, yang jelas cara itu sudah tidak lagi berfungsi pada tahun ini.

Google akan lebih mementingkan user experience dibandingkan aspek lainnya. Maka dari itu, buatlah konten yang diciptakan untuk ‘manusia’, bukan malahuntuk ‘mesin’.

4. Buatlah Artikel yang Informatif

Menyajikan Informasi

Dalam menulis artikel yang baik dan benar, kamu harus menyajikan informasi-informasi yang dapat dengan mudah dipahami pembaca.

Bukan hanya membuat si pembaca memahami informasi yang disajikan, tapi kamu juga harus buat si pembaca menjadi nyaman dengan artikel yang kamu tulis.

Google sangat sekali suka pada artikel yang sangat informatif dan nyaman untuk dibaca. Untuk mengetahui apakah trafik website kamu sudah benar-benar efektif atau belum, kamu dapat melihatnya di Google Analytics.

 

Kesimpulan Algoritma Google Panda 🙂

Apabila kamu tidak ingin terkena penalty dari Algoritma Google Panda, sebaiknya kamu menulis dengan cara kamu sendiri tanpa harus memplagiat karya orang lain.

Karena dengan menulis menggunakan pola pikiran kita sendiri, alhasil tulisan yang kita buat akan lebih menarik untuk dibaca.

Sajikanlah tulisan yang menurut kamu itu sangat bermanfaat dan informatif untuk disajikan. Jangan sekedar basa basi untuk membuat tulisan yang kamu buat menjadi lebih berisi.

Karena apabila tulisan yang kalian sajikan sangat berinformatif pasti akan banyak juga pembaca yang akan mengunjungi website kamu.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top