Tips

Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

Home / Windows / Tips / Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

Perbedaan Laptop Asli dengan Laptop Rakitan

Laptop merupakan komputer jinjing yang memiliki ukuran relatif lebih kecil dan ringan daripada komputer pada umumnya. Sama seperti smartphone, laptop juga menjadi barang elektronik yang wajib dimiliki saat ini.

Tapi kamu tau nggak gaes? Kalau sekarang ini juga sudah beredar laptop rakitan toko dan tentunya tidak melewati proses quality control. Lantas, apa aja ya ciri-ciri laptop rakitan? Yaudah, langsung simak aja ya gaes!

BACA
10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

Berikut Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara membedakan laptop asli dengan laptop rakitan. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Perhatikan Segel Pada Laptop

Segel Laptop

Segel Laptop Acer

Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan segel dari laptop yang ingin kamu beli. Cara ini paling mudah untuk membedakan laptop asli dengan laptop rakitan.

Nah, biasanya laptop asli pabrik terdapat segel yang ditempel rapih dan tentunya memiliki kualitas segel yang bagus, contohnya seperti hologram atau segel merk laptop itu sendiri.

Sedangkan, laptop rakitan toko biasanya memasang segel palsu dengan kualitas yang kurang bagus dan juga pemasangan segel yang kurang rapih.

Baca Juga: 5 Penyebab Kipas Laptop Berputar Kencang dan Cara Mengatasinya

2. Perhatikan Spesifikasi Laptop

Spesifikasi Laptop

Contoh Spesifikasi Laptop

Tips yang kedua adalah dengan memperhatikan spesifikasi laptop tersebut. Biasanya ketika kamu akan membeli laptop akan diberikan brosur atau kertas keterangan yang berisi spesifikasi kan?

Nah, kamu jangan mudah percaya gitu aja gaes! Kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah spesifikasi laptop tersebut sesuai dengan yang terdapat di laptop.

Berikut Cara mengecek spesifikasi laptop:

Tekan logo Windows + R pada keyboard laptop > Kemudian akan muncul kotak dialog Windows Run > Selanjutnya ketik “dixdiag” dan tekan enter

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Laptop yang Lemot

3. Cek Kondisi Body Laptop

Kondisi Body Laptop

Perhatikan Kondisi Body Laptop

Tips yang ketiga adalah dengan memperhatikan dan mengecek kondisi body laptop. Cara ini juga paling mudah kamu lakukan gaes! Kamu hanya perlu memeriksa apakah body laptop terdapat cacat atau goresan.

Karena, biasanya laptop asli pabrik sudah melewati proses quality control yang pastinya akan terjamin produk tanpa cacat.

Sedangkan, jika laptop rakitan toko biasanya ada sedikit cacat produk bagian body-nya. Nah, jika kamu menemukan hal yang memang cacat produk, kamu bisa membeli di toko lain ya!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Hard Disk Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

4. Perhatikan Kartu Garansi Laptop

Kartu Garansi Laptop

Contoh Kartu Garansi Laptop

Tips yang keempat adalah dengan memperhatikan kartu garansi dari laptop tersebut. Garansi ini tujuannya untuk menjamin kualitas produk laptop tersebut. Garansi yang diberikan juga bermacam-macam.

Ada yang global dengan jangka waktu garansi 2 tahun. Nah, biasanya laptop asli pabrik akan memberikan kartu garansi resmi dengan jangka waktu garansi 1-2 tahun.

Sedangkan, laptop rakitan toko akan memberikan kartu garansi kurang dari 1 tahun bahkan parahnya lagi kamu tidak mendapatkan kartu garansi laptop tersebut.

Wah! Kalau udah begini mending pilih laptop yang lain aja deh gaes! Takutnya, ada kesalahan produk dan kamu tidak memiliki jaminan kualitas laptop tersebut, kan sayang-sayang.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 5 Jutaan

5. Perhatikan Harga Laptop

Uang

Mata Uang Rupiah

Tips yang kelima adalah dengan memperhatikan harga laptop tersebut. Sebelum membeli laptop, kamu harus mencari tau terlebih dahulu kisaran harga laptop tersebut di toko online.

Jangan mudah percaya dengan harga laptop murah yang ditawarkan. Karena, biasanya laptop rakitan toko menawarkan harga jauh lebih murah dari laptop asli pabrik. Bahkan, parahnya ada yang menjual dengan harga yang sama.

Nah, kamu harus berhati-hati yaa gaes dalam membeli produk elektronik. Selain itu, kamu bisa juga minta pendapat teman kamu yang mengerti laptop sebelum membelinya.

Baca Juga: 10 Laptop yang Paling Susah Rusak Harga 5 Jutaan

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan perbedaan laptop asli dan laptop rakitan. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran langsung, tulis di kolom komentar bawah sini yaa 🙂

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top