Tips

5 Tips Agar Hard Disk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

cara merawat hard disk laptop agar tidak rusak

Hard Disk merupakan salah satu hardware yang berisi piringan magnetis dan berguna untuk menyimpan data sekunder. Hal inilah yang menyebabkan hard disk menjadi hardware paling pentingdi laptop.

Tapi, tau kah kamu hard disk bisa saja mengalami kerusakan, karena kamu tidak memperlakukan laptop dengan baik. Lantas, bagaimana cara merawat hard disk laptop agar tidak mudah rusak ya? Yaudah langsung simak aja ya gaes..

[irp posts=”2168″ name=”10 Hard Disk Eksternal yang Paling Awet 2017″]

Berikut 5 Tips Agar Hard Disk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara merawat Hard Disk Laptop. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Pastikan Kapasitas Memori Hard Disk Tidak Penuh

Memori Penyimpanan Hard Disk Penuh

Memori Penyimpanan Penuh

Tips yang pertama adalah dengan memastikan kapasitas memori hard disk laptop kamu tidak penuh. Hal ini berfungsi agar kinerja laptop kamu tidak mengalami penurunan, karena keterbatasan ruang memori penyimpanan.

Selain itu, jika memori penyimpanan pada hard disk penuh akan berdampak juga pada laptop. Seperti, sering nge-lag, nge-hang dan penggunaan CPU Usage terlalu tinggi.

Nah, coba deh mulai sekarang hapus dokumen atau file yang tidak kamu gunakan lagi. Hal ini sangat penting, agar semakin banyak ruang penyimpanan hard disk dan hard disk dapat bekerja lebih baik lagi.

Baca Juga: Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

2. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang OS

Install ulang sistem operasi windows

Install Ulang OS Windows 7

Tips yang kedua adalah jangan terlalu sering melakukan install ulang pada laptop kamu. Hal ini sangat berhubungan erat dengan hard disk yang bekerja sangat keras, ketika laptop melakukan install ulang.

Hal inilah yang menyebabkan hard disk kamu jadi lebih cepat rusak. Apalagi, jika melakukan install ulang yang tidak sesuai dengan standar, akibatnya salah satu hard disk laptop akan mengalami kerusakan.

Nah, mulai sekarang lakukan install ulang seperlunya aja yaa gaes!

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Laptop yang Lemot

3. Jangan Mematikan Laptop Tanpa Melalui Tombol Shut Down

Shut Down

Shut Down

Tips yang ketiga adalah jangan mematikan laptop tanpa melalui tombol Shut Down. Kenapa tidak boleh? Karena, ketika mematikan laptop secara paksa dan menggunakan tombol power off juga akan cepat merusak hard disk loh gaes!

Jadi, ketika hard disk sedang bekerja atau sedang membaca data di laptop dan secara tiba-tiba kamu menekan tombol power off, hard disk akan mengalami shock yang berakibat menjadi bad sector.

Jadi, mulai sekarang kamu harus keluarkan terlebih dahulu yaa aplikasi yang sedang berjalan di laptop dan harus mematikannya menggunakan tombol Shut down supaya hard disk tidak cepat rusak.

Baca Juga: 10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

4. Install Aplikasi Antivirus Terbaik di Laptop

Antivirus

Kumpulan Antivirus

Tips yang keempat adalah dengan meng-install aplikasi antivirus terbaik di laptop. Hal ini bertujuan untuk menghapus virus yang terdapat pada laptop.

Selain itu, untuk melindungi hard disk dan laptop dari serangan virus yang berbahaya. Karena, virus pada laptop juga merupakan salah satu penyebab hard disk menjadi cepat rusak.

Nah, jadi gunakan aplikasi antivirus yang terbaik yaa dan gunakan 1 saja aplikasi antivirus pada laptop.

Baca Juga: 10 Antivirus Terbaik untuk Windows Tahun 2017

5. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Memainkan Laptop di Atas Kasur

Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Tips yang kelima adalah jangan menggunakan laptop di atas kasur. Mengapa demikian? Karena, ketika kamu menggunakan laptop di atas kasur, maka laptop tidak berada di posisi yang stabil.

Piringan yang terdapat pada hard disk akan berputar tidak stabil karena miring dan juga terguncang. Nah, hal inilah yang menyebabkan piringan pada hard disk laptop menjadi tergores dan juga lecet.

Sama seperti mematikan laptop dengan menekan tombol power off, menggunakan laptop di atas kasur akan mengakibatkan hard disk mengalami bad sector.

Jadi, mulai saat ini menggunakan laptop di atas meja atau di medan yang datar yaa gaes!

Baca Juga: Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara merawat hard disk laptop agar awet. Oh iya, share artikel ini ya agar sobat pintar lainnya tau juga cara merawat hard disk laptop tidak cepat rusak. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top