Tech-Fun!

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 6

Pasti kamu sedang ingin melamar pekerjaan yang sedang mencari di salah satu situs lowongan kerja kan? Makanya kamu ingin tahu gimana csih cara membuat kartu kuning.

Oh iya, di zaman serba teknologi saat ini semua pendaftaran makin praktis aja ya gaes. Salah satunya kamu bisa bisa mendaftar NPWP, BPJS, GO FOOD di GO-JEK dan tentunya kartu kuning (kartu AK-1) secara online.

Oh iya, kartu kuning atau kartu AK-1 ini biasanya digunakan sebagai tanda bahwa kamu sedang mencari pekerjaan dalam negeri.

Oh iya, kabarnya kartu ini sudah tidak berwarna kuning loh gaes. Tapi berwarna putih. Tapi, karena ssudah dikenal dengan sebutan kartu kuning, makanya tetap disebut kartu kuning atau kartu AK-1.

Kartu kuning ini nggak cuma digunakan untuk dokumen persyaratan melamar pekerjaan di dalam negeri seperti CPNS dan BUMN aja sih, tapi bisa juga untuk di luar negeri, khususnya calon TKI.

Lantas, bagaimana sih cara membuat kartu kuning pencari kerja secara online dan offline? Pasti kamu penasaran kan gaes? Kalau iya, langsung aja nih disimak gaes!

Cara Membuat Kartu Kuning Secara Online

Nah, kali ini TipsPintar.com bakalan membahas cara membuat kartu kuning pencari kerja secara lengkap. Jadi, disimak baik-baik ya gaes.

Persyaratan Pembuatan Kartu Kuning

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 7

Contoh Kartu Kuning

Sebelum membahas cara membuat kartu kuning, alangkah baiknya kamu harus mempersiapkan lebih dulu persyaratannya ya gaes.

Nah, berikut ini persyaratan pembuatan kartu kuning:

  • Fotokopi Surat Izin Bekerja di Luar Negeri dari Orangtua atau Suami bermaterai 6.000 (Jika Ingin Melamar Kerja di Luar Negeri).
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 4 x 3 (4 Buah) dengan background warna merah.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) Sebanyak 1 Lembar.
  • Fotokopi Ijazah Terakhir yang Telah Dilegalisir Sebanyak 1 Lembar.
  • Fotokopi Akte Kelahiran Sebanyak 1 Lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) Sebanyak 1 Lembar.
  • Fotokopi SKCK yang masih berlaku.
  • Fotokopi sertfikat atau pelatihan yang pernah kamu ikuti.

Semua dokumen tersebut dikumpulkan dalam 1 map ya gaes. Oh iya, kalau kamu ingin membuat kartu kuning ada juga nih syarat umur minimal pekerja, antara lain:

  • Pekerja Formal: 18 Tahun.
  • Pekerja Informal: 21 Tahun.

Jadi, buat kamu yang umurnya kurang dari minimal tersebut, belum bisa membuat kartu kuning ya.

Masa Berlaku Kartu Kuning

Cara Membuat Kartu Kuning

Kartu Kuning Bewarna Putih

Pasti kamu juga bertanya-tanya dong, berapa lama sih masa berlaku kartu kuning tersebut? Yups, masa berlaku kartu kuning itu adalah 2 tahun.

Bila kamu sudah mendapatkan pekerjaan, bisa langsung memberikan kartu kuning tersebut kepada perusahaan, supaya perusahaan memberikan surat keterangan bahwa kamu sudah dipekerjakan.

Jika kamu tidak mendapatkan pekerjaan akan tetapi masa berlaku kartu kuning telah habis, kamu bisa perpanjang kembali ke kantor Disnakertrans setempat.

Persyaratannya pun masih sama, hanya membawa fotocopy KTP, Ijazah, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), SKCK dan sertifikat pelatihan. Oh iya, jangan lupa juga membawa dokumen aslinya ya!

Biaya Pembuatan Kartu Kuning untuk Pencari Kerja

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 8

Biaya Pembuatan Kartu Kuning

Berapa sih biaya pembuatan kartu kuning? GRATIS! Jika ada petugas yang meminta biaya pembuatan kartu kuning, kamu bisa menolaknya atau melaporkannya.

Jadi, kamu hanya mengeluarkan biaya untuk fotokopi persyaratan dan fotokopi kartu kuning yang ingin kamu legalisir.

Nah, kartu kuning serta fotokopinya yang sudah dilegalisir juga ada masa berlakunya gaes. Berikut ini masa berlaku kartu kuning dan fotokopinya:

  • Kartu Kuning Asli: 2 Tahun.
  • Fotokopi Kartu Kuning Legalisir: 6 Bulan.

Jadi, setiap 6 bulan kalau kamu sudah atau belum mendapatkan kerja harus segera melapor ke Dinas Tenaga Kerja.

Sekarang kamu sudah tau kan persyaratan dokumen dan juga biaya untuk pembuatan kartu kuning. Nah, sekarang saatnya kita membahas cara membuat kartu kuning ya.

Oh iya, perbedaan cara membuat kartu kung secara online dan offline ini sedikit berbeda. Tapi, kamu harus tetap datang ke Disnakertrans setempat.

Perbedaannya kalau online kamu telah mengisi data terlebih dahulu secara online. Nah, ketika kamu datang ke Disnakertrans, nggak perlu lagi mengisi data. Jadi, kamu tinggal menunggu proses pembuatan kartu kuning saja.

Kalau secara offline, kamu harus datang ke Disnakertrans kemudian mengisi data diri dan menunggu proses pembuatan kartu kuning. Secara waktu sih memang lebih efisien membuat kartu kuning secara online ya gaes.

Tapi, kalau kamu memang ada waktu senggang, nggak masalah kok membuat kartu kuning secara offline. -Karena, pembuatannya sama-sama harus datang ke Disnakertrans.

BACA
10 Aplikasi Ganti Background Foto Hanya Lewat HP (Sangat Mudah!)

Sudah jelas kan gaes? Kalau sudah, langsung aja yuk kita bahas gimana sih cara menbuat kartu kuning secara online dan offline berikut ini!

Cara Membuat Kartu Kuning Online dengan Mudah

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 9

Situs Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia

  • Kedua, setelah itu pada bagian Daftar Sebagai pilih ‘Pencari Kerja> Lalu isi ‘User ID‘, ‘Email‘ dan ‘Kata Sandi‘. Jika sudah klik tombol ‘Daftar‘.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 10

Isi Daftar Pencari Kerja

  • Ketiga, berikutnya isi ‘User ID‘, ‘Kata Sandi‘, ‘Ulangi Kata Sandi‘, masukkan pas foto kamu dan isi ‘Email‘ kamu. Jika sudah klik tombol ‘Simpan‘.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 11

Isi Akun Pencari Kerja

  • Keempat, kemudian masukkan data diri kamu mulai dari ‘Nomor KTP/NIK‘, ‘Nama Lengkap‘, ‘Tanggal Lahir‘, ‘Tempat Lahir‘, ‘Jenis Kelamin‘, ‘Agama‘, ‘Kondisi Fisik‘, ‘Status Perkawinan‘ dan ‘Tinggi/Berat Badan‘. Lihat contohnya pada gambar berikut ini.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 12

Isi Data Diri

  • Kelima, selanjutnya kamu masih harus mengisi data diri mulai dari ‘No HP‘ dan ‘Alamat Lengkap‘. Jika sudah klik tombol ‘Simpan‘.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 13

Kelanjutan Isi Data Diri

  • Keenam, selanjutnya isi data pendidikan terakhir kamu. Sebagai contoh gambar berikut ini. Jika sudah klik tombol ‘Simpan‘.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 14

Isi Data Pendidikan

  • Keenam, kemudian isi data harapan pekerjaan kamu. Seperti contoh gambar berikut ini. Jika sudah klik tombol ‘Simpan‘.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 15

Isi Harapan Pekerjaan

  • Jika berhasil maka akan muncul notifikasi seperti berikut ini. Nah, kamu hanya perlu ke Disnakertrans untuk mencetak kartu kuning tanpa harus mengisi data lagi.
Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 16

Notifikasi Berhasil Membuat Kartu Kuning

Cara Membuat Kartu Kuning Secara Offline

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 17

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Buat kamu yang lebih memilih membuat kartu kuning secara langsung atau offline bisa langsung mengunjungi BKK Sekolah dan Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) setempat aja ya.

Disnakertrans ini juga harus sesuai domisili dari kartu tanda penduduk (KTP) milik kamu ya gaes. Nah, berikut ini cara membuat kartu kuning pencari kerja secara offline:

  1. Siapkan semua dokumen persyaratan yang sudah disebutkan tadi di atas.
  2. Gunakan pakaian yang rapih dan sopan. Oh iya, jangan sekali-kali kamu menggunakan celana pendek dan juga sendal jepit ya! Usahakan kamu menggunakan sepatu dan kemeja.
  3. Jika sudah di tempat ambil nomor antrian, isi buku tamu yang ada di meja respsionis dan tunggu dipanggil oleh petugas.
  4. Jika sudah dipanggil, ungkapkan tujuan kamu ingin membuat kartu kuning atau AK-1.
  5. Serahkan semua dokumen persyaratannya beserta mapnya.
  6. Selanjutnya kamu akan disuruh petugas untuk mengisi beberapa formulir yang diberikan. Isi datanya pun nggak jauh berbeda dengan mendaftar secara online kok.
  7. Kemudian kamu akan diwawancarai petugas dan akan diberikan penjelasan singkat mengenai prosedur pencarian kerja di perusahaan.
  8. Berikutnya adalah proses pembuatan kartu kuning biasa memakan waktu sekitar 10 sampai 20 menit.
  9. Jika sudah jadi, kamu bisa langsung fotokopi dan minta petugas untuk melegalisir (pastikan kamu fotokopi secukupnya ya).
  10. Selesai, kartu kuning kamu sudah jadi.

Tips Pembuatan Kartu Kuning

Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline Terbaru 18

Tips Pembuatan Kartu Kuning

Setelah sudah tau persyaratan, biaya dan cara membuat kartu kuning untuk pencari kerja, kamu juga harus tau tips pembuatan kartu kuning ya, agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatannya.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk pembuatan kartu kuning secara online dan offline:

  1. Pastikan kamu membawa lebih dokumen. Artinya jika diharuskan membawa fotokopi 1 lembar, alangkah baiknya kamu membawa 3-5 lembar.
  2. Pastikan kamu menggunakan pakaian yang rapih dan sopan. Hal ini bertujuan agar kamu benar benar niat mencari kerja.
  3. Jika kamu membuat kartu kuning secara online, alangkah lebih baiknya saat mencetak, kamu juga harus membawa dokumen aslinya.
  4. Pastikan juga foto maupun dokumen lainya yang diunggah tidak melebih ukuran 100 kb. Jika ukuranya masih kelebihan, kamu bisa gunakan cara kompres foto yang ada di internet.
  5. Jika kartu kuning sudah selesai, pastikan kamu langsung memfotokopinya dan dilegalisir oleh petugas.

So, bagaimana sobat pintar? Mudah bukan cara membuat kartu kuning secara online dan offline.

Jangan lupa juga untuk sharing ke temen-temen kamu artikel cara membuat kartu kuning online dan offline ini. Supaya mereka juga mengerti cara pembuatan kartu kuning secara online dan offline.

Nah, kalau kamu punya kritik dan saran atau ada beberapa cara pembuatan kartu kuning yang salah di atas, langsung aja ya kamu tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top