Tips

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa di Format (100% Ampuh)

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa di Format (100% Ampuh) 7

Flashdisk merupakan alat yang saat ini banyak di gunakan orang-orang untuk menyimpan data. Berbagai data dapat di simpan di alat yang satu ini. Mulai dari foto, video, lagu-lagu, atau pun dokumen-dokumen penting . Wah! Sangat bermanfaat sekali ya gaes alat yang satu ini.

Eits tapi terkadang flashdisk juga mengalami kendala. Seperti flashdisk yang tidak terbaca oleh PC, atau pada saat kamu ingin mem-format flashdisk kamu, tapi cara format seperti biasa tidak bisa di gunakan. Lalu bagaimana cara format flashdisk-nya?

Inilah Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa di Format

Nah, di artikel kali ini TipsPintar.com akan memberitau cara mem-format Flashdisk dengan mudah. Simak baik-baik yaa gaes.

1. Format Flashdisk Menggunakan Computer Management

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan Computer Management. Cara ini sangat mudah untuk kamu terapkan ya gaes. Jadi, kamu gak usah pusing-pusing untuk format flashdisk kamu. Yuk intip caranya berikut ini.

  • Colokkan flashdisk ke USB Port PC.
Colokkan Flashdisk ke PC

Colokkan Flashdisk ke PC

  • Pilih menu START, lalu klik RUN, atau kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + R. Di kolom pencarian, ketikkan “compmgmt.msc“.
Masukkan "cmpmgmt.msc" pada Kolom Pencarian

Masukkan “cmpmgmt.msc” Pada Kolom Pencarian

  • Jika tampilan Computer Management telah keluar, akan ada beberapa menu yang ditampilkan. Untuk mem-format flashdisk, kamu pilih menu Storage, lalu pilih Disk Management.
Tampilan Computer Management

Tampilan Computer Management

  • Di dalam menu Disk Management, kamu diharuskan menunggu flashdisk kamu terdeteksi.
Tunggu Hingga Flashdisk Terdeteksi

Tunggu Hingga Flashdisk Terdeteksi

  • Jika sudah terdeteksi, kamu bisa klik kanan pada nama flashdisk kamu, lalu pilih opsi Format. Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai.
Format Flashdisk

Format Flashdisk

2. Format Flashdisk Menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan software HP USB Disk Storage Format Tool. Sebenarnya ada banyak software yang bisa kamu gunakan untuk mem-format flashdisk kamu, tapi kali ini TipsPintar.com hanya menggunakan software ini. Yuk kita liat cara-caranya.

Colokkan Flashdisk ke PC

Colokkan Flashdisk ke PC

  • Setelah HP USB Disk Storage Format Tool terunduh, langkah selanjutnya adalah menjalankan software tersebut dengan cara klik kanan dan pilih opsi Run as Administrator.
Jalankan Aplikasi

Jalankan Aplikasi

  • Setelah program terbuka, selanjutnya pada bagian Device, kamu pilih drive USB yang tadi di colokkan dan centang pilihan Quick Format. Apabila semua telah siap, selanjutnya kamu tekan Start.
Atur Cara Format

Atur Cara Format

  • Pada saat kamu tekan Start, akan muncul warning box yang memperingatkan kamu bahwa semua isi file yang ada di dalam flashdisk kamu akan terhapus. Kamu bisa menekan OK.
Klik OK pada Warning Box

Klik OK Pada Warning Box

  • Tunggu hingga proses format selesai dan coba kamu cek, flashdisk kamu kini sudah seperti baru lagi.
Format Selesai

Format Selesai

3. Format Flashdisk dengan Menghapus Write Protected

Biasanya pada saat kamu mencolokkan flashdisk ke USB Port, akan muncul pesan error berisi “The disk is write-protected.” dan kamu di haruskan untuk menghapus write protected atau mengganti flashdisk. Nah untuk mengatasinya kamu bisa cek langsung caranya di bawah ini.

  • Colokkan flashdisk ke USB Port PC.
Colokkan Flashdisk ke PC

Colokkan Flashdisk ke PC

  • Kamu pilih Start, lalu pilih Run, atau kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + R. Ketikkan regedit di kolom pencarian. Jika muncul User Account  Control, kamu pilih Yes.
Ketik "regedit" di Kolom Pencarian

Ketik “regedit” di Kolom Pencarian

  • Maka akan muncul kotak dialog Registry Editor.
Tampilan Registry Editor

Tampilan Registry Editor

  • Selanjutnya kamu tekan Ctrl + F, kemudian ketikkan Write Protected. Tunggu hingga proses pencarian selesai.
Cari "Write Protected"

Cari “Write Protected”

  • Jika Write Protected sudah ketemu, klik kanan pada bagian Write Protected lalu pilih Delete dilanjutkan pilih opsi  Yes. Tutup kotak dialog Registry Editor, lalu eject flashdisk kamu. Kemudian restart PC kamu.
Hapus Write Protected

Hapus Write Protected

Nah, itulah beberapa cara format flashdisk yang sebelumnya tidak bisa di format. Jangan lupa like, comment, dan share artikel ini supaya kamu #SelaluLebihTau

BACA
Cara Download Film di LK21 dengan Mudah [Update 2019]

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top