Internet

7 Cara Menggunakan CRM Untuk Menghadapi Pelanggan Sebagai Penjual Online

Home / Internet / 7 Cara Menggunakan CRM Untuk Menghadapi Pelanggan Sebagai Penjual Online

Cara Menggunakan CRM untuk Menghadapi Pelanggan

Menjalankan bisnis online memang tidak serupa dengan bisnis tatap muka secara offline. Mulai dari cara berinteraksi dengan pelanggan hingga cara pelanggan membayar saja sudah berbeda jauh di antara dua model bisnis ini.

Belum lagi ada berbagai masalah khusus yang hanya dialami oleh penjual online, mulai dari komplain pelanggan akibat keterlambatan pengiriman barang yang disebabkan oleh pihak ketiga, hingga ekspektasi pelanggan dalam mendapatkan respon secepat mungkin.

Untungnya, beberapa masalah ini memang bisa diatasi dengan menggunakan CRM, termasuk yang memiliki fitur WhatsApp CRM integration. Nah, seperti apa sih CRM bisa membantu penjual online dalam menghadapi pelanggan? Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut.

Manfaat Menggunakan CRM Untuk Menghadapi Pelanggan

1. Respons Cepat dan Tepat Waktu

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh penjual online adalah harus berhadapan dengan customer yang membutuhkan respon cepat, setiap saat.

Nah, aplikasi CRM bisa membantu Kamu dalam mengatasi kebutuhan ini dengan memberikan respon otomatis, terutama untuk pertanyaan-pertanyaan yang umumnya sering diajukan, seperti ketersediaan barang, estimasi waktu pengiriman, dan daerah jangkauan pengiriman.

2. Sentralisasi Data Pelanggan

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan juga profil yang tidak serupa. Aplikasi CRM bisa mencatat semua data pelanggan di satu tempat, termasuk detail kontak, riwayat pembelian, dan log komunikasi.

Terpusatnya data memungkinkan penjual online untuk mengakses dan memperbarui informasi pelanggan dengan cepat, sehingga dapat memberikan layanan yang personal dan efisien.

3. Target Pemasaran Lebih Terpersonalisasi

Dengan aplikasi CRM, penjual online bisa meningkatkan penjualan dengan membuat marketing campaign khusus untuk masing-masing pelanggan, yang secara otomatis dibuat berdasarkan data yang sudah tersedia.

Misalnya, jika seorang pelanggan sering membeli produk kecantikan, CRM dapat mengidentifikasi produk kecantikan terbaru atau paling populer yang mungkin menarik bagi pelanggan tersebut.

4. Kerjasama Antar Anggota Tim Untuk Pelanggan Lebih Selaras

Sistem CRM umumnya dilengkapi dengan fitur manajemen tugas yang memungkinkan penjual untuk menetapkan tugas kepada anggota tim tertentu, menetapkan tenggat waktu, dan memantau progresnya.

Fitur ini membantu memastikan bahwa setiap masalah pelanggan ditangani dengan cepat dan tidak ada langkah yang terlewat.

5. Lebih Efisien Dalam Koordinasi Antar Pihak

Dalam menyelesaikan masalah pelanggan, seringkali pihak penjual online harus berkoordinasi secara internal maupun eksternal. Banyak CRM yang dapat diintegrasikan dengan sistem eksternal seperti platform logistik, pemasok, dan penyedia layanan pihak ketiga.

Keberadaan fitur ini memungkinkan penjual untuk mengoordinasikan pengiriman produk, pemenuhan pesanan, atau penyelesaian klaim dengan lebih efisien.

6. Dapat Digunakan Untuk Membentuk Program Loyalitas atau Retensi Pelanggan

CRM memudahkan implementasi program poin dan reward, di mana pelanggan mendapatkan poin untuk setiap pembelian yang dapat ditukarkan dengan diskon atau hadiah.

Sistem ini dapat dikelola dan dipantau dengan mudah melalui CRM, sehingga pelanggan mendapatkan reward sesuai dengan aktivitas belanja mereka.

7. Bisa Digunakan Untuk Cek Kepuasan Pelanggan

pelanggan dengan mudah. Survei ini dapat mencakup pertanyaan tentang pengalaman belanja, kepuasan dengan produk atau layanan, dan saran untuk perbaikan.

Hasil survei digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan bisnis serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari menggunakan aplikasi CRM untuk menghadapi pelanggan jika kamu berprofesi sebagai penjual online.

Aplikasi CRM memang membawa banyak manfaat untuk pengusaha bisnis online, yang sebanding dengan biaya bulanan yang dikeluarkan. Jika ingin mengelola hubungan pelanggan dengan lebih baik, aplikasi CRM dapat menawarkan berbagai fitur yang mempermudah proses tersebut.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top