Tips

GRATIS! Begini Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Home / Windows / Tips / GRATIS! Begini Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Cara upgrade Windows 11 sebenarnya sangatlah mudah. Seperti yang kita ketahui, Windows adalah salah satu sistem operasi yang saat ini sangat populer di dunia. Sistem operasi kembangan Microsoft ini bahkan baru saja merilis versi terbaru dari Windows, yaitu Windows 11.

Banyak orang yang mulai tertarik untuk beralih dari Windows 10 ke Windows 11. Salah satu alasannya karena tampilan Windows 11 yang lebih fresh, sehingga banyak orang ingin mencobanya.

Nah, pada kesempatan kali ini, TipsPintar mau kasih tau kamu caranya upgrade Windows 11 gratis dari Windows 10. Jadi untuk kamu yang mau tau, langsung aja simak artikel ini sampai habis ya!

System Requirements Windows 11

Spesifikasi Windows 11

Sebelum melakukan upgrade Windows 11, pastikan terlebih dahulu bahwa PC kamu menjalankan spesifikasi yang memadai ya.

Nah, spesifikasi yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan Windows 11 di perangkat Kamu adalah seperti berikut:

  • Processor: 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 inti atau lebih di proses 64-bit yang kompatibel.
  • RAM: 4 GB.
  • Storage: 64 GB atau lebih besar.
  • System Firmware: UEFI, Secure Boot capable.
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.
  • Graphics Card: Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 2.
  • Display: Layar dengan resolusi 720p yang ukuran diagonalnya lebih besar dari 9 inci, 8 bit per channel warna.
  • Internet connection and Microsoft Account: Windows 11 membutuhkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk menyelesaikan setup perangkat ketika pertama kali digunakan.

Itulah spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 11 di perangkat kamu.

Nah, ada cara yang lebih mudah untuk mengecek apakah PC/Laptop kamu memenuhi syarat untuk upgrade ke Windows 11, yaitu dengan menggunakan PC Health Check.

Cara Memeriksa Apakah Perangkat Bisa Upgrade Windows 11

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengecek apakah PC//Laptop kamu memenuhi syarat untuk upgrade ke Windows 11, kamu membutuhkan software PC Health Check yang dirilis oleh Microsoft.

Cara pakainya pun juga mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan download dan install software PC Health Check dari situs resmi Microsoft.
  • Jika sudah ter-install, silahkan buka software tersebut. Lalu klik tombol “Check Now“.
Klik Check Now

Klik Check Now

  • Software ini akan melakukan scan terhadap perangkat kamu. Setelah selesai, maka kan muncul hasil dari scan tersebut apakah perangkat Kamu bisa melakukan upgrade ke Windows 11 atau tidak.
Hasil Tes Scan

Hasil Tes Scan

Jika hasilnya perangkat Kamu mendukung untuk upgrade ke Windows 11, maka kamu bisa langsung melakukan upgrade dengan cara berikut ini. Namun jika tidak, maka kamu belum bisa melakukan upgrade ke Windows 11.

Cara Upgrade dari Windows 10 ke Windows 11

Untuk melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, ada satu hal yang harus kamu tau, yaitu sebelumnya kamu perlu menggunakan lisensi Windows 10 Original.

Karena upgrade ke Windows 11 gratis sendiri hanya berlaku untuk pengguna Windows 10 yang menggunakan lisensi original.

Jika Windows 10 kamu sudah diaktivasi dengan lisensi Original dan perangkat kamu sudah memenuhi spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11, maka berikut adalah langkah-langkah upgrade dari Windows 10 ke Windows 11.

  • Mula-mula silahkan kamu klik menu Start, lalu pilih Settings.
Masuk ke Settings

Masuk ke Settings

  • Pada halaman Settings, silahkan kamu masuk ke menu “Update & Security“.
Klik Update and Security

Klik Update and Security

  • Selanjutnya kamu buka menu “Windows Update“. Pastikan Kamu melakukan update Windows 10 ke versi terbaru terlebih dahulu. Jika sudah melakukan update, maka akan muncul notifikasi bahwa perangkat kamu bisa menjalankan Windows 11. Silahkan kamu klik “See if it’s ready to Install“.
Klik See if it's ready to install

Klik See if it’s ready to install

  • Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Kamu tinggal klik “Download and Install” untuk melakukan upgrade ke Windows 11.
Klik Download and Install

Klik Download and Install

  • Tunggu proses download Windows 11 hingga selesai.
Tunggu Proses Download Windows 11

Tunggu Proses Download Windows 11

  • Jika proses download dan install sudah selesai, otomatis Windows kamu akan melakukan restart dan kamu berhasil melakukan upgrade ke Windows 11.
Windows 11 Berhasil di-Upgrade

Windows 11 Berhasil di-Upgrade

Nah, begitulah cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 secara gratis. Gimana? Gampang banget kan? Oh iya, sebelum melakukan upgrade ke Windows 11, ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan nih.

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Upgrade Windows 11

1. Backup Data

Backup Data

Backup Data

Karena masih program baru, pastinya kamu sudah paham kalau di Windows 11 ini pastinya terdapat beberapa bug atau masalah. Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data, maka ada baiknya kamu untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukan backup data ke penyimpanan cloud atau penyimpanan eksternal seperti Harddisk Eksternal atau lain sebagainya.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pada saat melakukan upgrade Windows 11 melalui Windows Update, maka kamu perlu melakukan download dari server Microsoft. Oleh sebab itu, pastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan itu stabil.

Karena jika tidak stabil, bisa jadi kamu akan mengalami yang namanya gagal upgrade ke Windows 11. Jika koneksi yang kamu gunakan stabil, tentu saja proses upgrade jadi lebih cepat, bahkan hanya membutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam.

3.  Memiliki Akun Microsoft

Memiliki Akun Microsoft

Memiliki Akun Microsoft

Pada saat melakukan upgrade ke Windows 11, kamu akan diminta untuk melakukan login menggunakan akun Microsoft yang kamu miliki. Akun Microsoft tentunya sangat penting, apalagi jika kamu menggunakan aplikasi Microsoft seperti Office, OneDrive, Skype, Microsoft Store, dan lain sebagainya.

4. Memasang Pengisi Daya

Memasang Pengisi Daya

Memasang Pengisi Daya

Kalau Kamu menggunakan laptop, pastikan baterai laptop kamu ada untuk melakukan upgrade agar terhindar dari baterai habis saat melakukan upgrade. Ada baiknya untuk tetap mencolokkan laptop kamu ke charger laptop agar lebih aman.

Kesimpulan

Nah, itulah cara upgrade Windows 11 secara gratis melalui Windows Update. Gimana? Gampang banget kan? Jadi kalau kamu ingin mencoba menggunakan Windows 11, langsung aja upgrade Windows 10 kamu yuk!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top