Tech News

Game Live Multiplayer Kini Menjadi Trend untuk Pertama Kali

Home / Tech News / Game Live Multiplayer Kini Menjadi Trend untuk Pertama Kali

Pada 21 Maret 2018 di Framingham – Mass dan San Fracisco – California, App Annie dan International Data Corporation (IDC) merupakan salah satu perusahaan penyedia data dan juga pengetahuan mengenai informasi mobile, telah melaporkan hasil penelitian mengenai “Gaming Spotlight, 2017 Review“.

Laporan ini menginformasikan kondisi pasar game pada mobile di tahun 2017 dari beberapa sudut pandang dan juga mengambil konteks industri gaming global. Nah, Ada 2 tema utama dari hasil laporan penelitian tersebut, antara lain:

Airy Rooms
  1. Ternyata industri gaming memiliki potensi dengan skala yang relatif besar dan juga pertumbuhan industri yang cepat. Karena, mobile gaming pertumbuhannya saat ini lebih tinggi dibandingkan industri game konsol dan PC.
  2. Populernya game live player vd player (PvP) atau co-op multiplayer lebih cepat melesat menjadikan game paling laris tahun lalu. Kemudian bangkitnya pasar di Asia Pasifik yang mendominasi pasar global.
BACA
Cara Membuat Game Android Tanpa Harus Jago Coding!

Hasil Laporan Penelitian Game Mobile Paling Laris di Tahun 2017

Nyatanya belanja langsung game mobile dengan game konsol dan PC lebih banyak dari sepertiga pada tahun 2017 dan hanya selisih satu digit pada tahun 2016. Hampir 80% dari gabungan total belanja di iOS dan Google Play berkontribusi  dalam belanja game dan hampir 35% dari download di seluruh dunia.

Diagram Data Penggunaan Game pada Perangkat – App Annie

Game Mobile Berhasil Memperluas Jangkauannya!

SVP Research App Annie, Danielle Levitas mengatakan “Game mobile berhasil memperluas jangkauannya secara global di tahun 2017. Belanja game mobile pun mencapai 2.3 kali lipat untuk game PC dan 3.6 kali lipat untuk game konsol. Adapun jumlah perangkat mobile telah mencapai miliaran di seluruh dunia. Kemudian aplikasi tersebut memperluas menjadi platform untuk pasar game baik untuk gamer umum maupun gamer profesional. Sehingga pengguna dapat bermain di mana pun dan kapan pun”.

Sedangkan, pada tahun 2017 game paling laris di dunia pada Google Play dan iOS adalah game yang menawarkan gameplay PvP. Hal ini menunjukkan bahwa elemen game multiplayer bisa diimplementasikan ke dalam perangkat mobile. Selain itu, bukti bahwa game live multiplayer menjadi trend adalah karena naiknya game Honor of KingsFantasy Westward Journey (NetEase), Lineage M (NCSOFT) dan Lineage 2 Revolution (Netmarble) masuk ke dalam game mobile terlaris.

Game PvP Berhasil Menjadi Game Paling Laris di Tahun 2017

Pada tahun 2017 juga tercatat 3 game PvP mampu memimpin game terlaris di Google Play, iOS dan Konsol. Salah satunya game Pokémon Sun / Pokémon Moon yang dibuat oleh The Pokémon Company dan Nintendo 3DS / 2DS menjadi game mobile live PvP paling laris.

Selain itu, IDC mensurvei gamer di Amerika Serita pada kuartal ketiga di tahun 2017 mengatakan bahwa pasar live PvP atau co-op hanya mendapatkan 34% lebih rendah dibandingkan pasar game PC atau konsol yaitu 44%. Selisihnya juga menurun ketimbang kuartal ketiga di tahun 2016.

5 Game Paling Laris di Tahun 2017 – App Annie dan IDC

Survei lain juga menunjukkan bahwa gamer lebih banyak dari jenis kelamin pria berusia muda yang memainkan game live PvP atau co-op dibandingkan dengan gamer mobile. Para gamer lebih banyak menghabiskan uang untuk bermain game di mobile dan mereka mampu menghabiskan waktu bermain selama 5 jam dalam seminggu.

Game Multiplayer Diprediksi Menjadi Game Paling Populer di Tahun 2018

Research Director of Gaming and AR/VR IDC, Lewis Ward mengatakan “Game live multiplayer pada mobile mengalami kemajuan di tahun 2017. Salah satunya game Clash Royale, ROBLOX dan Hearthstone: Heroes of Warcraft menjadi game populer paling lama dan pengembang Asia Pasifik berhasil menciptakan game live PvP atau co-op mampu bersaing dengan pesaingnya.

China, Jepang dan Korea Selatan menjadi negara dengan pertumbuhan pesat yang membantu mendorong game mobile memuncak di tahun 2017. Belanja game mobile meningkatkan 60% pada semua pasar di Asia Pasifik dibandingkan tahun 2016. Model game multiplayer diprediksi akan memberikan dampak yang signifikan untuk game mobile di tahun 2018, salah satu contoh gamenya PUBG: Exhilarating Battlefield dan PUBG: Army Attack.

Nah, buat kamu yang ingin melihat laporan penelitian di tahun 2017 lengkapnya bisa kunjungi situ App Annie dan IDC secara resmi.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top