Kepo

Selain Lion Air, 5 Kecelakaan Pesawat Ini Juga Terjadi di Indonesia

Home / Kepo / Selain Lion Air, 5 Kecelakaan Pesawat Ini Juga Terjadi di Indonesia

kecelakaan-pesawat-di-indonesia

Tepat pada hari ini, pukul 10:00 WIB telah terjadi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang.

Tentunya, kecelakaan pesawat tersebut bukan yang pertama kali. Nah, berikut ini kita akan membahas beberapa tragedi kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di Indonesia.

Airy Rooms

Langsung saja yuk, disimak artikelnya!

Tragedi Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia!

Bukan hanya Lion AIr, pesawat-pesawat berikut ini ternyata juga pernah mengalami kecelakaan parah di Indonesia loh guys!

1. Pesawat AirAsia 8501 (2014)

kecelakaan-pesawat-di-indonesia

AirAsia 8501

Pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 atau AWQ8501 ini, mengalami kecelakaan pada tanggal 28 Desember 2014. Pesawat ini terbang dari Surabaya, Indonesia menuju ke Singapura dengan membawa 155 orang penumpang dan 7 orang kru.

Pesawat tersebut hilang kontak di sekitar Laut Jawa dekat Selat Karimata, pada tanggal 30 Desember 2014 puing-puing pesawat tersebut berhasil ditemukan di Laut Jawa dan 162 orang yang mengapung dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Pada tanggal 20 Januari 2015, dilaporkan bahwa pesawat ini mengalami stall dan pada tanggal 1 Desember 2015, dilaporkan kembali hasil akhir investigasi bahwa bagian rudder-travel-limiter pada bagian ekor pesawat mengalami kerusakan.

Kecelakaan pesawat ini terkenal dengan Tragedia AirAsia QZ8501 dan merupakan tragedi penerbangan terburuk kedua dalam sejarah Indonesia.

2. Pesawat Adam Air 574 (2007)

kecelakaan-pesawat-di-indonesia

Adam Air 574

Pesawat Adam Air 574 yang saat itu terjadwal terbang dari Jurusan Jakarta-Surabaya-Manado mengalami kecelakaan pada tanggal 1 Januari 2007, setelah transit di Surabaya.

Pada pukul 12:55 WIB dari Bandara Juanda (SUB), Surabaya seharusnya tiba di Bandara Sam Ratulangi (MDC), Manado pukul 14:45 WITA. Namun ternyata, pesawat tersebut mengalami putus kontak.

Dalam kecelakaan pesawat tersebut, terdapat 96 orang penumpang dan 9 awak pesawat. Dari 102 orang penumpang pesawat tersebut, jasadnya tidak ada yang ditemukan satu pun.

Hingga akhirnya, pada tanggal 7 Mei 2011 hanya berhasil menemukan bangkai pesawat di perairan Siompu, Buton, Sulawesi Tenggara.

BACA
Build Item Terbaik Sun Mobile Legends & Cara Menggunakannya

Baca Juga: Aneh! 5 Kejadian ini Terjadi di Luar Angkasa

3. Pesawat Mandala Airlines RI 091 (2005)

kecelakaan-pesawat-di-indonesia

Pesawat Mandala Airlines RI 091

Kecelakaan pesawat yang satu ini terjadi pada tanggal 5 September 2005, yang saat itu sedang lepas landas dari Bandara Polonia, Medan. Namun, pesawat tersebut lepas dengan tidak sempurna dan akhirnya menabrak tiang listrik lalu jatuh ke jalan.

Pada kecelakaan pesawat tersebut, terdapat lima rumah yang hancur. Kecelakaan pesawat ini juga memakan korban jiwa hingga 100 orang dan 17 orang yang duduk di bagian depan pesawat berhasil selamat.

Hal yang paling menyedihkan, dalam kecelakaan pesawat tersebut ternyata ada Gubernur Sumatera Selatan yang bernama Teuku Rizal Nurdin yang juga ikut merenggut nyawa.

4. Pesawat Silk Air 185 (1997)

kecelakaan-pesawat-di-indonesia

Pesawat Silk Air 185 (1997)

Pesawat yang satu ini merupakan pesawat layanan penerbangan komersial rutin maskapai penerbangan SilkAir dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Indonesia ke Bandara Changi, Singapura.

Pada tanggal 19 Desember 1997, lebih tepatnya pukul 16:13 WIB pesawat SilkAir 185 ini mengalami kecelakaan. Pesawat ini jatuh di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.

Seluruh penumpang yang berada dalam pesawat tersebut, tewas. Diantaranya 97 penumpang dan 7 awak kabin.

5. Pesawat Garuda Indonesia 152 (1997)

kecelakaan-pesawat-di-indonesia

Pesawat Garuda Indonesia 152 (1997)

Pada tanggal 26 September tahun 1997, pesawat Garuda Indonesia 152 dengan nomor penerbangan GA152 ini mengalami kecelakaan. Saat itu, pesawat Garuda Indonesia 152 ini ingin mendarat di Bandara Polonia.

Namun, sang pilot tidak bisa mengontrol bagian lalu lintas. Hingga akhirnya, pesawat tersebut jatuh di Hutan Buah Nabar, Sumatera Utara dengan keadaan hancur dan terbakar total.

Hal tersebut mengakibatkan seluruh penumpang yang berjumlah 222 orang tersebut tewas. Sampai saat ini, kecelakaan pesawat Garuda Indonesia 152 menjadi tragedi kecelakaan terburuk dalam sejarah Indonesia.

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top