Tech News

Kini Semua Bisa Bikin Chatbot Tanpa Harus Jago Coding!

Home / Tech News / Kini Semua Bisa Bikin Chatbot Tanpa Harus Jago Coding!

Pada hari Rabu, 21 Maret 2018 di Jakarta, PT Jualan Online Indonesia akhirnya menghadirkan platform BJtech yang berfungsi untuk membuat chatbot.

Platform percakapan (conversation platform) ini berbasis AI. Platform ini dibuat melalui messaging app atau aplikasi pesan yang berfungsi untuk mengembangkan chatbot yang sesui dengan kebutuhan pelaku bisnis maupun individu.

Airy Rooms
BACA
Cara Membuat Pesan BOT di WhatsApp

Pembuatan Chatbot Lebih Mudah Menggunakan Platform BJtech

Seiring meningkatkan penggunaan aplikasi mobile phone messaging di Indonesia pada tahun 2018 hal ini merupakan hasil riset dari eMarketer.com. Nah, evolusi ini menjadikan customer care mulai beralih ke digital customer care dengan menggunakan produk chatbot.

CEO PT Jualan Online Indonesia, Diatce G. Harahap mengungkapkan “Mengusung semangat ‘Bot for Everyone‘ Chatbot diciptakan untuk semua kalangan mulai dari UKM, artis sampai karyawan. Karena, penggunaan platform BJtech ini tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam pemograman. Dengan adanya platform ini semua kalangan dapat membuat chatbot dengan waktu yang relatif lebih cepat. Seperti, pelaku UKM dapat menggunakan chatbot senagai digital customer untuk 24 jam dan individu dapat menggunakan chatbot sebagai kebutuhan sehari-hari maupun hobi dalam mengembangkan entertainment chatbot”.

BJtech Bekerja Sama dengan [email protected]

Platform BJtech ini didukung oleh machine learning techology melalui komunikasi yaitu chatting. Penggunaanya pun juga sederhana. Pertama, kamu bisa merancang alur percakapan, gaya bahasa dan gramatika di dalam chatbot. Selanjutnya kamu bisa menghubungkan chatbot yang sudah dibuat agar dapat diimplementasikan di dalam aplikasi pesan seperti LINE.

Nah! Penggunaan chatbot juga telah ada di aplikasi pesan yaitu [email protected] yang di mana chatbot ini mampu melayni pelanggan selama 24 jam. Para pelaku UKM juga telah memanfaatkan platform digital untuk pemasaran produknya hanya sekitar 3,79 juta dari 59,2 juta UKM, data ini disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil menengah di tahun 2017.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Afifudin Kalla mengatakan “Walaupun pertumbuhan pelaku UKM di Indonesia terus berkembang pesat, akan tetapi belum diiringi dengan peningkatan pengetahuan mengenai platform digital dalam bisnis tersebut. Oleh sebab itu, adanya platform BJtech ini dapat memudahkan para pelaku UKM untuk mengoptimalkan operasi bisnis melalui prodyk chatbot sehingga bisa naik kelas”.

Website Rresmi BJtech

Selain itu, CEO PT Jualan Online Indonesia, Diatce G. Harahap¬†juga mengatakan “Pemanfaatan chatbot sebagai digital customer care bagi para pelaku UKM supaya biaya dan waktu lebih efisien karena adanya sistem menjawab secara otomatis. Selain itu, fungsi chatbot ini pun dapat melakukan pemesan dari berbagai lokasi. Produk chatbot ini menggunakan AI Conversation Platform BJtech sudah dihasilkan dalam bentuk kerjasama dengan LINE Indonesia, BNI dan juga Cisco. Namun, sementara ini hanya LINE saja yang sudah diimplementasikan dalam chatbot. Kedepannya, platform ini akan memperluas ke aplikasi pesan lainnya seperti mobile apps maupun platform lainnya”.

Sebagai tambahan, platform BJtech ini memiliki fitur berupa fastrespon chatbot, bisa membalas keyword yang ditentukan (Keyword Reply), bisa untuk customer service bot, reservation bot dan juga bisa menjadwalkan broadcast secara otomatis setiap 3 jam publish kepada member. Adapun tagline platform ini adalah “Tanpa Coding, Kini Siapa Pun Bisa Buat Chatbot!“.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top