Media Sosial

10 Tips Mengatasi LINE yang Lemot di Android

Home / Media Sosial / 10 Tips Mengatasi LINE yang Lemot di Android

Aplikasi yang berjalan lambat atau yang biasa kita ketahui adalah lemot itu sangat memakan banyak waktu untuk menunggu sampai terbuka dari aplikasi tersebut.

Biasanya aplikasi tersebut adalah media sosial termasuk LINE. Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberikan cara mengatasinya loh.

Airy Rooms
BACA
Cara Menggunakan 2 Akun LINE dalam 1 Smartphone

Daftar 10 Tips Mengatasi LINE yang Lemot di Android

Banyak pengaruh yang menyebabkan LINE menjadi lemot mungkin bisa saja dari virus atau yang lainnya. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Bersihkan Cache LINE

Hapus Cache

Hapus Cache

Penyebab pertama yang membuat aplikasi LINE lemot adalah telalu banyak penumpukan cache pada memori smartphone kamu.

Cache sendiri adalah tempat penyimpanan sementara dan sangat berpengaruh kepada aplikasi tersebut. Untuk itu, usahakan untuk menghapus cache agar tidak menumpuk banyak.

Berikut cara menghapus cache LINE:

Buka “Pengaturan” > Pilih “Aplikasi” > Pilih “LINE” > Pilih “Hapus Cache”

Baca Juga: 100 Tema LINE Official Gratis untuk Android dan iOS

2. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Hapus Aplikasi yang Sedang Berjalan

Hapus Aplikasi yang Sedang Berjalan

Penyebab selanjutnya adalah teralalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan. Nah, dengan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan akan memakan banyak RAM kamu.

Untuk itu, tutup aplikasi yang sudah tidak akan kamu buka lagi. Dengan begitu RAM kamu tidak akan bekerja keras untuk menjalankan aplikasi yang sedang di buka.

Baca Juga: Cara Logout LINE Tanpa Hapus Akun di Android dan iOS

3. Uninstall Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai Lagi

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Penyebab selanjutnya adalah smartphone kamu yang sudah memakan banyak memori karena aplikasi yang sudah tidak kamu buka lagi. Semakin banyak aplikasi, semakin banyak memakan RAM.

Semakin sedikit RAM maka akan sangat berpengaruh kepada semua aplikasi termasuk LINE. Untuk itu kamu harus memikirkan perasaan dari RAM, eh kapasitas RAM maksudnya.

Dengan meng-uninstall aplikasi, kamu sudah menyelamatkan smartphone kamu dari lemot untuk membuka aplikasi. Usahakan ketika ingin memasang aplikasi, setidaknya aplikasi yang sering atau yang dibutuhkan ya.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan LINE Hanya Sementara di Android

4. Hentikan Secara Paksa atau Menghapus Data LINE

Hentikan Paksa atau Hapus Data

Hentikan Paksa atau Hapus Data

Penyebab selanjutnya adalah aplikasi tidak berjalan atau not responding padahal kamu sudah menunggu lama. Sudah menunggu lama dan dia tidak mau merespon juga.

Jika begitu, cukup tinggalkan saja dia, maksundya LINE. Dengan menutup paksa kamu sudah mengurangi waktu kamu untuk menunggu dari yang tidak pasti.

Berikut cara menghentikan paksa atua menghapus data LINE:

Buka “Pengaturan” > Pilih “Aplikasi” > Pilih “LINE” > Pilih “Hentikan Paksa” atau Pilih “Hapus Data”

Baca Juga: Cara Menggunakan [email protected] untuk Bisnis Kamu

5. Meng-update LINE

Update LINE

Update LINE

Penyebab selanjutnya adalah terdapat bug didalam aplikasi tersebut, sehingga aplikasi LINE tidak merespon secara cepat ketika di buka. Dengan begitu, usahakan di update LINE kamu.

Aplikasi yang di update, akan menghilangkan bug dan mendapatkan fitur terbaru sehingga kamu tidak ketinggalan dengan versi terbaru yang sudah dimiliki oleh oran lain.

Baca Juga: Cara Ganti ID LINE Tanpa Harus Uninstall Aplikasinya

6. Install Ulang LINE

Install LINE

Install LINE

Penyebab selanjutnya adalah terdapat bug yang tidak bisa diperbaiki lagi walaupun sudah meng-update LINE kamu. Untuk itu, coba kamu install ulang LINE.

Ketika update aplikasi mungkin tetap saja terdapat bug, coba kamu install ulang LINE. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan versi terbarunya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Akun LINE yang Sedang Online

7. Restart Android Kamu

Restart Smartphone

Restart Smartphone

Penyebab selanjutnya adalah smartphone kamu sudah tidak bisa merespon sebaiknya kamu restart smartphone kamu. Dengan me-restart, smartphone kamu akan terlihat seperti segar kembali.

Ketika smartphone kamu nge-lag maka, untuk merespon apa yang kamu mau tidak akan berjalan atau untuk membuka aplikasi yang mau kamu buka.

Baca Juga: Cara Mengetahui Akun LINE yang Masih Aktif atau Tidak Aktif

8. Buat Home Screen Sesimpel Mungkin

Tampilan Sesimpel Mungkin

Tampilan Sesimpel Mungkin

Penyebab selanjutnya adalah tampilan home screen kamu yang terlalu banyak aplikasi maupun widget. Dengan banyaknya tampilan yang ada di home screen akan menjadi lambat.

Banyak tampilan di home screen, akan memakan banyak RAM yang berakibat buruk pada smartphone kamu. Terutama akan membuat lemot ketika ingin membuka aplikasi.

Untuk itu, buatlah sesimpel mungkin tampilan kamu. Usahakan untuk di home screen berisi aplikasi yang sering kamu gunakan maupun media sosial.

Baca Juga: Cara Membuat Sticker LINE Sendiri dari Foto di Galeri Smartphone

9. Matikan Animasi Pada Aplikasi Launcher

Launcher Android

Launcher Android

Penyebab selanjutnya adalah animasi yang terdapat dari aplikasi launcher yang kamu gunakan. Menggunakan animasi dari launcher akan memakan banyak RAM sehinggan akan memperlambat kinerja smartphone.

Buat kamu yang menggunakan aplikasi launcher, sebaiknya tidak menggunakan animasi yang dimana akan memperlabat kinerja dari smartphone kamu loh.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Status READ di LINE

10. Gunakan Aplikasi LINE Lite

LINE Lite

LINE Lite

Penyebab selanjutnya adalah aplikasi LINE yang terlalu banyak memakan memori sehingga membuatnya lemot ketika ingin kamu gunakan.

LINE Lite memiliki memori yang kecil sehingga tidak akan membuat lemot ketika ingin di buka. Akan tetapi, LINE Lite hanya digunakan untuk melakukan chat dan telepon saja loh.

Baca Juga: Cara Agar Lihat Chat LINE Selalu Berada Paling Atas

Nah, itu dia 10 Cara Mengatasi LINE yang Lemot di Android. Jika, kamu memiliki saran atau pendapat selain diatas tadi. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Like and Share

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top