Internet

Penjelasan Domain ID, Fungsi dan Kelebihannya!

Home / Internet / Penjelasan Domain ID, Fungsi dan Kelebihannya!

Penjelasan domain id

Website merupakan salah satu media yang bisa meningkatkan kepercayaan atau kredibilitas untuk suatu instansi, lembaga, personal, maupun online shop. Karena dengan adanya website, pengguna internet bisa mendapatkan informasi secara lengkap dengan sangat mudah.

Nah, ketika kamu ingin membuat website sendiri, maka kamu juga akan membutuhkan domain. Domain ini merupakan nama website yang pada alamat URL-nya menggunakan ekstensi seperti .COM, CO.ID, .ID dan lain sebagainya.

Ekstensi domain yang sangat umum digunakan oleh pemilik website di Indonesia adalah domain ID dan biasanya digunakan untuk website yang bersifat resmi. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali situs penyedia layanan domain ID, salah satunya adalah domain .ID DomaiNesia.

Dimana di situs tersebut terdapat banyak sekali pilihan domain ID yang bisa digunakan. Nah, bicara soal domain ID untuk kali ini Tips Pintar ingin membahas secara singkat penjelasan mengenai apa itu domain ID serta manfaat dan kelebihannya. Jadi disimak ya!

Apa itu Domain ID?

Penjelasan domain idn domain id

Domain ID

Domain ID merupakan domain dengan kode internet untuk negara Indonesia. Domain ID ini dikelola langsung oleh Kominfo Indonesia pada tahun 2005, sebelumnya Kominfo bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (PJII) untuk pengelolaan domain di Indonesia.

Salah satu contoh website yang menggunakan domain ID adalah www.kominfo.go.id artinya website milik institusi resmi Indonesia ini menggunakan domain .id dan tentunya domain atau website tersebut berlokasi di Indonesia.

Sama seperti domain .COM, domain .ID ini merupakan ekstensi domain resmi untuk website yang ada di Indonesia. Dimana hak kepemilikan dan juga jangkauannya lebih difokuskan untuk pengguna internet di Indonesia.

Sedangkan domain .COM jangkauan pengguna internetnya secara internasional. Meskipun untuk jangkauan domain .ID tidak seluas domain .COM dan skalanya hanya untuk Indonesia, namun keamanan website tentunya lebih terjaga.

Sehingga mampu melindungi data pribadi pemilik website dan pengguna internet dari ancaman hacker atau pihak yang bisa menyebabkan kerugian besar.

Fungsi Domain ID

Penjelasan domain id

Fungsi Domain ID

Fungsi dari domain ID ini agar lebih memudahkan pengguna internet mengenal suatu website ketika mengakses website dari berbagai negara. Dengan menggunakan ekstensi domain ID ini juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna ketika mengaksesnya.

Apalagi domain ID ini merupakan salah satu bagian dari Country Code Top Level Domain (ccTLD). Artinya domain ini memang dikhususkan untuk website yang memang berada di Indonesia.

Sehingga pemilik website yang ingin menggunakan domain ID ini diwajibkan untuk menyertakan identitas resmi di Indonesia seperti KTP dan dokumen lainnya agar bisa menggunakan domain ID.

Selain itu, pemilik website dengan domain ID juga harus lebih berhati-hati ketika menyajikan konten, dimana konten yang di-publish tidak boleh sembarangan seperti menyajikan informasi hoax atau negatif konten.

Karena jika pemilik website domain ID menyajikan konten tersebut, maka akan ditindak tegas karena akan dianggap sebagai website penipuan. Biasanya juga domain ID ini banyak digunakan oleh lembaga dan intusi resmi di Indonesia.

Kelebihan Domain ID

Domain ID dianggap sebagai domain dengan top level karena memiliki banyak kelebihan yang akan tentunya sangat bermanfaat untuk pemilik website, diantaranya:

1. Meningkatkan Kredibilitas

Penjelasan domain id

Meningkatkan Kredibilitas

Jika target bisnis kamu merupakan pasar Indonesia, maka domain ID ini menjadi pilihan yang sangat tepat karena bisa meningkatkan kredibilitas dan sangat menguntungkan.

Hal ini dikarenakan website dengan domain ID akan lebih mudah ditemukan pengguna internet ketika mereka sedang mencari informasi di mesin pencarian yang relevan dengan konten website kamu.

Apalagi domain ID ini menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD) sehingga otomatis website kamu akan menjadi prioritas karena sasarannya yang lebih spesifik secara geografis.

2. Aman dan Sangat Mendukung Privasi

Penjelasan domain id

Aman dan Sangat Mendukung Privasi

Domain ID sangat aman karena tidak akan menampilkan data pemilik domain di WHOIS. Dengan kata lain domain ID sangat mendukung privasi penggunanya.

Selain itu, domain ID juga menyediakan fitur DNSSEC. Dimana fitur tersebut mencegah data-data penting kepemilikan nama domain bocor atau tersebar oleh pihak yang tidak diinginkan.

Bahkan domain ID ini juga mendapatkan perlakuan khusus oleh negara, dimana negara akan berperan aktif membantu ketika website mendapatkan masalah dari kejahatan siber.

3. SEO Friendly

Penjelasan domain id

SEO Friendly

Ketika pengguna internet mengakses website dengan domain ID maka akan merasakan kecepatan membukanya baik melalui perangkat desktop maupun mobile, karena lokasi DNS (Domain Name Server) berada di Indonesia.

Dengan begitu, maka website dengan domain ID akan lebih ramah SEO (Search Engine Optimization). Karena seperti yang kita ketahui, SEO berperan penting dalam ranking website.

Bahkan ada pengujian oleh Pengelola Domain Internet Indonesia (PANDI) jika website yang menggunakan domain ID lebih dominan berada di peringkat teratas di mesin pencarian di berbagai kata kunci atau keyword.

Hal ini juga tergantung pada pengelolaan dari pemilik website dalam mengoptimalkan websitenya. Namun hal ini menjadi nilai lebih ketika menggunakan domain ID.

Selain menggunakan domain ID, kamu juga disarankan untuk menggunakan cloud hosting. Buat kamu yang belum tau apa itu cloud hosting, jadi cloud hosting adalah suatu jenis web hosting yang dimana cara kerjanya menggunakan beberapa server.

Dengan begitu, beban server akan menjadi lebih stabil. Cloud hosting ini menggunakan teknologi yang menggabungkan beberapa sumber daya dari server secara terpusat. Sehingga performa website bisa tetap cepat, aman dan stabil.

4. Harga Terjangkau

Penjelasan domain id

Harga Terjangkau

Tentunya hal yang menjadi pertimbangan pemilik website adalah harga domain. Nah, untuk domain ID sendiri cukup terjangkau, dimana pemilik website bisa berlangganan domain ID mulai dari harga 12 ribu saja untuk 1 tahun.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketika masih merintis suatu usaha dan sedang membangun branding secara online melalui website, karena kamu bisa menyesuaikan budget-nya.

5. Beragam Pilihan

Penjelasan domain id

Beragam Pilihan

Ketika pemilik website ingin menggunakan domain ID maka akan ada banyak sekali beragam pilihan yang tersedia. Apalagi domain ID memiliki banyak sekali 3rd level domain yang bisa disesuaikan dengan keperluan, baik untuk kebutuhan personal maupun korporat.

So, itulah penjelasan singkat mengenai domain .id. Gimana? Kamu sudah paham kan dengan penjelasannya? Jika belum, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top