Tech-Fun!

Pentingnya Memilih Web Hosting Terbaik dalam Pembuatan Website

Home / Tech-Fun! / Pentingnya Memilih Web Hosting Terbaik dalam Pembuatan Website

Pentingnya Memilih Web Hosting Terbaik dalam Pembuatan Website

Kalau ingin website kamu bisa diakses di internet, kamu perlu menyewa sebuah web hosting dulu. Dengan begitu, website kamu nantinya bisa dilihat oleh banyak orang dari berbagai lokasi kapan saja.

Memangnya, apa itu web hosting dan apa fungsi web hosting untuk website?

Tenang saja, buat kamu yang belum tau tentang web hosting dan fungsinya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah server tempat menyimpan semua data website agar bisa diakses pada jaringan internet. Data itu bisa berupa video, gambar, script, database, dll.

Ibarat sebuah rumah, web hosting adalah rumah yang akan diisi oleh perabotan. Dalam hal ini, perabotannya adalah data website tadi.

Layaknya rumah, makin banyak perabotannya, makin besar rumah yang diperlukan. Nah, di web hosting juga sama. Jumlah data website mempengaruhi web hosting apa yang cocok untuk website kamu.

Tanpa hosting, kamu tidak akan bisa meng-onlinekan website.

Tapi, jangan khawatir. Saat ini, sudah banyak layanan penyedia web hosting Indonesia yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Niagahoster.

Fungsi Web Hosting untuk Website

Setelah penjelasan singkat apa itu web hosting tadi, sebenarnya apa sih fungsi web hosting?

1. Menyimpan Data Website

Fungsi web hosting yang paling utama adalah untuk menyimpan semua file dan data dari suatu website. Semakin banyak data yang akan disimpan, maka semakin besar juga kapasitas hosting yang dibutuhkan.

Selain itu, semakin penting data website, semakin tinggi kualitas web hosting yang harus digunakan.

2. Memberikan Performa Website yang Baik

Hosting sangat berpengaruh terhadap performa website. Penggunaan server dan data center yang berkualitas akan meningkatkan kecepatan website serta tingkat ketersediaan website.

Artinya, kalau layanan penyedia hosting yang kamu pilih punya fitur canggih, website kamu bisa tetap online dan stabil dengan performa yang baik.

3. Meningkatkan Keamanan Website dengan Fitur Keamanan

Website yang tidak aman akan menjadi incaran hacker. Nah, biasanya penyedia layanan hosting punya berbagai fitur keamanan untuk mengamankan website.

Salah satu contohnya adalah Secure Socket Layer (SSL) yang akan mengamankan pertukaran data yang terjadi di website kamu. Bahkan, layanan hosting seperti Niagahoster menyediakan SSL gratis pada setiap paket hosting yang ditawarkan.

Belum lagi ada juga tambahan fitur canggih seperti Imunify360 yang membantu menghalau serangan hacker maupun malware/virus.

4. Membuat Email dengan Domain Sendiri

Biasanya, layanan hosting mengizinkan kamu untuk membuat email menggunakan domain website sendiri. Misalnya, kamu punya website dengan domain tokoonline.com, maka kamu bisa membuat email dengan nama [email protected].

Apa pentingnya sih? Penggunaan domain sendiri pada email website tentu akan membuat bisnis kamu terlihat unik dan lebih profesional, kan?

5. Meningkatkan SEO Website

Kalau kamu ingin website kamu ditemukan lebih banyak orang, menggunakan web hosting adalah cara yang tepat. Sebab, bisa membuat website muncul di Google berkat SEO.

Hosting memang tidak secara langsung meningkatkan SEO website. Tapi, salah satu faktor peningkatan SEO adalah website yang cepat, aman dan stabil. Website dengan performa yang baik bisa didapatkan dengan menggunakan hosting yang berkualitas.

Oleh sebab itu, jangan asal pilih layanan web hosting, ya.
Jenis Web Hosting

Kalau kamu ingin berlangganan web hosting, ada beberapa pilihan jenis web hosting yang bisa dipilih, diantaranya:

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang servernya dipakai bersama oleh banyak user. Dengan kata lain, sumber daya (kapasitas penyimpanan, bandwidth, dll) pada satu server akan dibagi ke beberapa pengguna/akun hosting sekaligus.

Salah satu keunggulan shared hosting adalah harganya yang lebih murah dan cocok digunakan untuk pemula karena kamu hanya tinggal pakai saja, tidak perlu mengelola server sendiri.

2. VPS Hosting

Virtual Private Server (VPS) adalah jenis hosting yang servernya hanya dipakai satu user saja. Layanan hosting ini memberi kamu kebebasan untuk mengatur server sendiri. Artinya, kamu harus memiliki kemampuan untuk melakukan konfigurasi server sesuai keinginan.

Layanan VPS hosting bersifat private, jadi seluruh sumber daya server hanya kamu yang menggunakannya.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan shared hosting yang memiliki resource lebih besar, bahkan setara dengan VPS. Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki resource besar tapi tidak memiliki kemampuan untuk mengelola server, cloud hosting adalah pilihan terbaik.

Tapi, tentu saja harganya lebih mahal dari shared hosting biasa sesuai kualitas yang ditawarkan.

4. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah shared hosting yang ditujukan khusus untuk pengguna WordPress. Layanan hosting ini memiliki fitur otomatis yang membuat pengelolaan WordPress menjadi lebih mudah hanya dengan beberapa klik saja.

5. Managed WordPress

Managed WordPress adalah hosting yang juga ditujukan untuk pengguna WordPress, tapi semua pengaturan dan optimasi website seperti keamanan, kecepatan dan bandwidth akan diatur oleh penyedia hosting.

Dengan begitu, pengelolaan website menjadi lebih mudah dan sangat cocok untuk pemula. Hanya saja, kamu tidak akan leluasa mengubah ataupun menambah pengaturan hosting.

6. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah server yang hanya digunakan satu user saja. Resourcenya lebih besar dari VPS sehingga bisa menampung traffic yang sangat tinggi dan menyimpan data yang sangat banyak (big data).

Harga layanan dedicated hosting lebih mahal dan kamu harus memiliki kemampuan konfigurasi server untuk menggunakannya.

Dimana Bisa Membeli Web Hosting Terbaik untuk Kamu?
Kalau kamu sudah memilih jenis web hosting yang akan dipakai, saatnya layanan penyedia hosting yang tepat. Nah, Niagahoster bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilihan jenis paket layanan hostingnya beragam dan kualitasnya terjamin.

Bahkan kalau bicara teknis, ada Litespeed server yang merupakan web server tercepat di dunia untuk meningkatkan kecepatan website kamu.

Tak hanya itu, data center yang berkualitas tinggi dengan jaminan uptime hingga 99,99% membuat website kamu akan tetap online 24 jam penuh tanpa ada gangguan server (server down).

Jadi, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan pentingnya web hosting untuk website. Oh iya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top