Power Bank

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 6

HATI-HATI dengan power bank yang beredar! ini loh Tips Membedakan Power Bank Xiaomi yang Asli dan Palsu untuk memudahkan kamu mengecek apakah power bank yang akan kamu beli baik secara online maupun offline merupakan produk asli dari Xiaomi

Tahukah kamu brand dengan nama Xiaomi? Brand ini selain memproduksi smartphone, laptop dan smartwatch. Xiaomi juga mengeluarkan produk Power Bank dengan kualitas yang sangat bagus dan kapasitas yang tentunya besar.

Kini banyaknya pedagang nakal yang ingin mengambil keuntungan, Xiaomi pun tidak luput dari pedagang tiruan. Ya! pedagang dengan mudahnya meniru produk power bank xiaomi yang secara kasat mata terlihat mirip. Hati-hati loh! dengan produk power bank tiruan yang dapat merusak smartphone kamu.

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu

Yuk simak artikel tentang Tips membedakan antara Power Bank Xiaomi yang Asli dengan Xiaomi yang Palsu berikut ini!

1. Periksa 20 Kode Digit Produksi pada Kemasan

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 7

20 Digit Kode Kemasan

Power bank Xiaomi asli dijual di China hadir dengan stiker pada kemasa. Stiker tersebut di berisi 20 digit kode produk, untuk mengetahuinya kamu terlebih dahulu menggosok bagian warna abu-abu pada stikernya.

Kamu bisa mengecek pada situs web resmi Xiaomi apakah power bank tersebut produk asli atau bukan. Caranya dengan meng-input 20 kode, kemudian masukkan kode keamaan google dan klik tombol verify.

Power bank xiaomi palsu biasanya tidak menyertakan stiker dengan 20 kode produksi. Perlu kamu ketahui biasanya pedagang nakal memanfaatkan 20 kode produksi 1 produk untuk produk yang lainnya. Jadi, pastikan kamu mengetahui perbedaan power bank xiaomi asli dengan power bank xiaomi palsu dengan menyimak 10 point penting ini yaa.

2. Periksa Panjang dan Brand pada Kabel USB

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 8

Kabel Data

Periksa kabel data yang include dengan power bank xiaomi. Brand Xiaomi yang asli tidak menyertakan MI dengan brand manapun. Jika pada kemasan terdapat kabel data dengan Brand MI itu adalah palsu.

Kabel data MI yang asli memiliki ukuran panjang sekitar 13 inch dengan icon petir diatas ujung Kabel Micro USB bukan dengan tulisan brand MI.

 

3. Perhatikan Micro USB pada Power Bank

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 9

Perbedaan Bentuk Port USB

Cara ini dibilang sangat mudah untuk membedakan power bank xiaomi asli atau palsu. Kamu perhatikan pada bagian port micro USB untuk pengisian daya pada power bank.

Power bank xiaomi asli pada bagian micro USB-nya berwarna putih nasi dan juga bentuk yang relatif lebih kecil.

Sedangkan pada power bank xiaomi palsu pada bagian micro USB-nya berwarna hitam dan bentuk micro USB-nya lebih besar dibandingkan dengan power bank xiaomi yang asli.

4. Periksa Cetakkan Label Informasi di bawah Power Bank

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 10

Perbedaan Label Infromasi

Cara ini sangat mudah untuk mengetahui apakah power bank kamu asli atau palsu. Power bank xiaomi yang asli memiliki warna abu-abu yang sangat bagus atau lebih pucat. Jika diraba dengan jari memiliki tekstur dan terdapat glitter-glitter sedikit.

Sedangkan untuk power bank yang palsu menggunakan tinta abu-abu dengan warna yang gelap dan tulisan yang sedikit kaku dan tebal. Jika diraba dengan jari power bank ini tidak memiliki tekstur.

5. Cek Fungsi Lampu Indikator ketika digunakan

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 11

Lampu Indikator

Cara ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu memperhatikan LED atau Lampu Indikator pada power bank xiaomi tersebut.

BACA
10 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Agar Tidak Tertipu

Power Bank yang asli jika ditekan tombol ON maka akan mengedip untuk menampilkan status perangkat dan jika menekan tombol ON maka lampu indikator akan mati. Selain itu cahaya lampu indakator tidak melebar.

Sedangkan, power bank yang palsu jika di tekan tombol ON maka menyala tetapi tidak berkedip. Selain itu juga cahaya lampu indikator pada power bank palsu lebih melebar atau besar.

6. Periksa Brand MI pada Port USB-Updated

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 12

Brand MI pada USB Port

Cara ini sedikit membutuhkan ketelitian karena kamu harus memeriksa apakah terdapat merk atau brand xiaomi yang terdapat pada port USB. Power bank yang asli memiliki tulisan brand MI pada bagian port tersebut.

Sedangkan, power bank yang palsu tidak tampak tulisan brand MI seperti gambar di atas. Untuk memeriksa ini kamu diperlukan cahaya yang cukup terang karena tulisan brand MI tersebut sangat kecil dan membutuhkan ketajaman mata kamu.

7. Bongkar Baterai pada Power Bank

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 13

Baterai pada Power Bank

Nah! Cara ini sedikit rumit karena kamu harus membongkar casing power bank untuk memeriksa baterai yang digunakan. Kamu bisa memeriksa Motherboard yang terhubung oleh baterai, power bank asli menggunakan bahan nikel sedangkan yang palsu menggunakan kabel biasa.

Power bank yang asli menggunakan baterai dengan merk atau brand yang terkenal seperti Panasonic, Samsung, LG dan lainnya. Sedangkan untuk power bank yang palsu menggunakan baterai dengan merk yang asing, biasanya baterai berwarna pink.

8. Cobalah Hubungan Arus Pendek I/O Port USB

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 14

I/O Port Power Bank

Cara ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu mencoba menghubungkan Port Output dari power bank ke Port Input dari power bank itu sendiri.

Jika power bank yang asli maka lampu indikator pengisian tetap mati, karena tidak ada sambungan arus. Sedangkan, power bank palsu lampu indikator tetap menyala seperti terjadi adanya hubungan arus listrik.

9. Power Bank Kapasitas 20800 mAh

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 15

Power Bank 20800 mAh

Perlu kamu ketahui jika ada penjual yang menjual power bank xiaomi dengan kapasitas baterai 20800 mAh itu adalah power bank palsu. Xiaomi tidak memproduksi power bank dengan kapasitas baterai 20800 mAh.

Variant kapasitas power bank yang di produksi secara resmi oleh Xiaomi adalah sebagai berikut :

  • MI 5000 mAh
  • MI 5200 mAh
  • MI 10000 mAh
  • MI 10400 mAh
  • MI 16000 mAh
  • MI 20000 mAh

Selain variant kapasitas baterai power bank diatas berarti power bank tersebut merupakan power bank xiaomi palsu yang di produksi oleh pedagang tiruan.

10. Harga Power Bank

10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 16

Mata uang rupiah

Nah! untuk yang terakhir mengenai harga dari power bank xiaomi. Power bank xiaomi yang asli dijual di pasaran dengan harga yang relatif lebih mahal sekitar Rp 200.000,- ribuan ke atas. Sedangkan, untuk power bank palsu bisa dijual dipasaran dengan harga yang lebih murah sekitar Rp. 50.000,-ribuan saja.

So, gimana sahabat Pintar kamu sudah bisa membedakan Power Bank Xiaomi yang Asli dan Palsu kan? untuk itu berhati-hatilah dalam memilih dan membeli produk yang palsu. Selain rugi finansial kamu juga nantinya akan dirugikan dengan kualitas yang akan mempengaruhi gadget kamu mudah rusak loh!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top