Kamera

10 Tips Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Kamera

Kamera DSLR adalah salah satu gadget atau elektronik untuk mengambil gambar dengan kualitas yang bagus. Oh iya, jika kamu berencana untuk membeli kamera DSLR, kami merekomendasi untuk membaca tips sebelum membeli kamera DSLR.

Tau nggak? Harga kamera DSLR terbilang cukup mahal. Makanya menggunakan kamera DSLR harus hati-hati dan tentunya harus dirawat agar tidak mudah rusak. Tapi kamu tenang aja! Ada loh cara merawat kamera DSLR agar tidak jamuran dan rusak.

Kamera Canon Powershot SX 530 HS

Kamera DSLR Canon

Ini Loh! Tips Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Cepat Rusak

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan memberikan tips untuk merawat kamera DSLR. Jadi, simak baik-baik ya gaiss..

1. STOP! Membersihkan Lensa Kamera Menggunakan Baju

Membersihkan Lensa Kamera

Jangan Membersihkan Lensa Kamera Menggunakan Baju

Tips yang pertama adalah dengan berhenti membersihkan lensa kamera menggunakan baju. Kenapa baju tidak boleh digunakan untuk membersihkan lensa kamera? Karena baju biasanya memiliki serat kain yang kasar.

Nah, ini menjadi salah satu penyebab mengapa lensa kamera kamu cepat tergores dan rusak. Jika lensa kamera DSLR sudah banyak goresan, maka gambar yang dihasilkan kamera akan menjadi buruk dan tidak bagus lagi loh gais.

Pilihlah kain yang memiliki serat kain yang halus atau kamu bisa menggunakan kain pembersih kacamata. Jadi, kamera kamu akan tetap awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: 1o Kamera Canon DSLR Dibawah Harga 5 Juta

2. Jangan Terlalu Sering Mengekspos Sensor Kamera

10 Tips Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Cepat Rusak 5

Sensor Kamera

Tips yang kedua adalah jangan terlalu sering mengekspos sensor kamera. Maksudnya adalah jika kamu memiliki kamera DSLR yang dapat diganti lensa-nya, sudah dipastikan sensor kamera kamu akan banyak terkena debu.

Nah! sebaiknya ketika kamu ingin mengganti lensa kamera. Usahakan body kamera menghadap ke bawah. Kenapa kebawah? Karena dengan cara ini akan mengurangi masuknya debu ke dalam sensor kamera. Jadi, kamera DSLR kamu tidak cepat rusak karena debu yang menumpuk.

Baca Juga: 10 Kamera Terbaik yang Digunakan oleh YouTuber

3. Jangan Mengeluarkan Kartu Memori

Mengeluarkan Memori Kamera

Jangan Mengeluarkan Memori Kamera

Tips yang ketiga adalah jangan sekali kali deh! Kamu mengeluarkan kartu memori ketika kamera sedang hidup. Mengapa demikian? Karena itu akan cepat merusak kartu memori kamera dan fatalnya lagi bisa merusak sistem kamera.

Apalagi jika kamu mengeluarkan kamera saat sedang transfer data, jangan sekali kali deh mengeluarkan kartu memorinya. Nah, untuk mengetahui tanda kamera sedang men-transfer kamera adalah terlihat cahaya yang berkedip cepat setelah memotret gambar.

Baca Juga: 12 Kamera Vlogging Terbaik Harga di Bawah 10 Juta

4. Matikkan Kamera dan Tutup Lensa Kamera Jika Sudah Tidak Digunakan

Tutupp Lensa Kamera

Tutup Lensa Kamera

Tips yang keempat adalah matikan kamera dan tutup lensa jika kamera sudah tidak gunakan lagi. Jika kamu tidak mematikan kamera ketika sudah tidak digunakan ini akan menyebabkan baterai kamera DSLR cepat rusak.

Sedangkan, jika kamu tidak menutup lensa yang sudah tidak gunakan lagi, lensa kamera akan terdapat tumpukkan debu dan juga jamur. Nah, jika sudah begini akan sangat sulit untuk membersihkannya.

Cara ini sangat mudah dan juga efektif banget untuk merawat kamera agar tidak berjamur. Nah! mulai dari sekarang matikan kamera dan tutup lensa kamera ketika sudah tidak digunakan lagi ya gais.

Baca Juga: 10 Kamera Mirrorless dengan Kualitas Gambar Terbaik 2017

5. Rutin Membersihkan Sensor Kamera

Bersihkan Sensor Kamera

Membersihkan Sensor Kamera

Tips yang kelima adalah dengan rajin-rajinlah membersihkan lensa kamera. Mengapa sensor harus dibersihkan? Karena biasanya kamera yang sering lepas pasang lensa, sensor kameranya terdapat tumpukkan debu dan juga jamur.

BACA
10 Kamera Terbaik yang Digunakan oleh YouTuber

Oh iya, untuk membersihkan kamera kamu harus menggunakan kuas yang halus ya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cutton buds. Nah, untuk membersihkan sensor kamera juga harus hati-hati ya gais! Nggak boleh sembarangan.

Cara ini sangat efekti untuk merawat kamera DSLR agar tidak jamuran dan juga tidak cepat rusak. Karena, gambar yang dihasilkan kurang berkualitas.

6. Update Firmware pada Kamera

Upgrade Firmware Kamera

Update Firmware Kamera

Tips yang kedelapan adalah dengan meng-update firmware kamera DSLR. Fungsi firmware pada kamera adalah untuk meng-upgrade program software pada kamera.

Nah, jika kamu meng-update firmware maka kamera akan berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya seperti fitur film simulation, fungsi ISO, fitur shutter speed dan juga tombol serta pilihan menu pada kamera.

Cara ini salah satu pembaruan dan perbaikan pada kamera. Sehingga, kamera yang digunakan lebih terlihat baru dan tidak mudah rusak karena sudah meng-update firmware pada kamera.

7. Hindari Suhu Dingin pada Kamera

Hindari Suhu Dingin pada Kamera

Hindari Cuaca Dingin pada Kamera

Tips yang ketujuh adalah dengan menghindari pemotretan dalam cuaca dingin seperti hujan atau turun salju. Karena, kamera DSLR tidak dapat beradaptasi sendiri dengan cuaca tersebut dan sangat sensitif dengan air.

Jadi, jika kamu ingin memotret ketika musim hujan, persiapkan peralatan yang dibutuhkan. Seperti tas tahan air, kamu juga bisa menggunakan kantong plastik untuk membungkus kamera DSLR.

Selain itu, untuk menghindari kerusakan yang disebabkan karena terkena air, kamu bisa menggunakan silica gel untuk menjaga kelembapan pada kamera DSLR.

8. Gunakan Filter Lensa Kamera

Filter Kamera DSLR

Filter Lensa Kamera

Tips yang kedelapan adalah dengan menggunakan filter lensa kamera. Lensa kamera memiliki sifat yang rapuh atau rentan terhadap goresan, retakan atau penyok.

Oh iya, jika kamera menggunakan filter dan sewaktu-waktu terjadi kecelakan atau kamera kamu terjatuh, sudah dipastikan yang akan pecah terlebih dahulu adalah filter-nya bukan lensanya.

Selain itu, fungsi lain filter kamera adalah untuk melindungi dari sinar Ultra Violet (UV). Point lebihnya adalah kamu akan mendapatkan gambar yang berkualitas.

9. Gunakan Tali atau Starp Kamera

Strap atau Tali Kamera

Menggunakan Tali Kamera

Tips yang kesembilan adalah dengan menggunakan tali kamera. Yaa.. memang sih terlihat tidak penting banget. Tapi, tali atau biasa disebut strap pada kamera itu sangat berguna dan penting sekali.

Kenapa dibilang penting? Karena, jika kamu menggunakan kamera yang tanpa tali dan sewaktu waktu terjadi kecelakaan atau terjatuh ke tanah, maka akan mengalami kerusakan fisik pada kamera.

Nah, jadi alangkah baiknya mulai sekarang gunakan tali atau strap pada kamera kamu untuk mengurangi kerusakan pada kamera DSLR ya.

10. Gunakan Tas Khusus Kamera

Gunakan Tas Kamera

Menggunakan Tas Khusus Kamera

Tips yang kesepuluh adalah dengan menggunakan tas khusus kamera DSLR. Cara ini merupakan salah satu merawat kamera yang paling sederhana.

Karena, jika kamu menggunakan tas khusus kamera ini berarti kamu telah merawat body, lensa dan baterai kamera DSLR. Oh iya, jika kamu memiliki cukup budget, cobalah pilih tas kamera yang memiliki ruang terpisah untuk body, lensa dan charger kamera ya.

Jadi, bagian-bagian kamera yang penting punya ruang khusus dan tidak mudah rusak. Karena biasanya jika tidak memiliki ruang terpisah kamera akan mudah rusak atau tergores. Point lebihnya adalah kamu lebih mudah mengambil bagian penting kamera.

So, bagaimana sobat pintar? Mudah bukan cara merawat kamera DSLR. Oh iya, jangan lupa juga untuk share artikel ini ke sobat pintar lainnya agar mereka juga tau cara merawat kamera DSLR dan lensa. Nah, jika kamu punya kritik dan saran, boleh banget kamu ketik di kolom komentar bawah sini ya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top