Kamera

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 6

12 Tips sebelum membeli kamera DSLR ini adalah menjadi bahan pertimbangan kamu dalam membeli kamera DSLR. Mulai dari merk kamera, ISO, Sensor kamera, Flash Kamera sampai budget.

Akhir-akhir ini sudah banyak orang yang hobby berfoto menggunakan kamera DSLR. Yap! kamera DSLR mampu menghasilkan foto menjadi lebih bagus atau lebih autofocus dibandingkan menggunakan kamera dari smartphone.

Nah! untuk yang masih awam mengenai dunia fotography ataupun pemula pasti akan sangat membingungkan untuk memilih kamera DSLR yang terbaik. Sama dengan smartphone kamu harus tahu dulu nih apa aja sih yang menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli kamera DSLR.

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR

Nah! kali ini TipsPintar.Com akan mengulas tips sebelum memilih kamera DSLR terbaik, agar nantinya kamu tidak salah dan menyesal di awal dalam memilih kamera DSLR. Di simak yah guys!

1. Menentukkan Tema dan Project

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 7

Tema dan Project

Pertimbangan pertama sebelum membeli kamera DSLR kamu harus menentukkan terlebih dahulu tema maupun project yang ingin kamu fokuskan. Hal ini penting karena nantinya akan menentukkan lensa, pencahayaan dan peralatan lengkap lain yang perlu dibeli.

Seperti kamera DSLR merk Nikon yang dirancang untuk menciptakan gambar yang sangat berwarna dan bagus untuk mengambil foto dan object foto yang nyata.

Sedangkan kamera DSLR Canon sangat bagus untuk memotret kegiatan olahraga dan fashion. Kedua merk kamera DSLR tersebut memiliki kelebihan masing masing. Oleh sebab itu tentukan tema apa yang ingin kamu fokuskan terlebih dahulu ya!

Baca Juga : 10 Masalah WiFi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

2. Pikirkan untuk Jangka Panjang

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 8

Pikirkan Jangka Panjang

Yang kedua, Pikirkan terlebih dahulu jangka panjang jika kamu ingin membeli kamera DSLR. Maksudnya adalah hal ini menjadi inventasi tersendiri untuk kamu jika ingin membeli kamera DSLR.

Ya idealnya adalah jika kamu ingin foto kamu terlihat bagus jika memiliki semua peralatan pendukung kamera DSLR. Kamu terlebih dahulu harus mencari tahu lensa apa sih yang kompatibel dengan body kamera DSLR milik kamu.

Baca Juga : 10 Games PC yang Paling Susah di Tamatin

3. “Body Camera!”

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 9

Body Camera

Yang ketiga, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melengkapi peralatan atau akseksoris yang tidak penting untuk body kamera DSLR kamu.

Lensa sudah cukup menjadi kunci yang akan menambahkan hasil foto kamu terlihat lebih unik dan menarik. Selain itu tentunya skill fotografi kamu.

Walaupun body camera adalah pondasi dari hasil fotografi, akan tetapi kamu masih tetap bisa berhemat untuk mendapatkan beberapa lensa pendukung dan kamu bisa membeli DSLR di pasar menengah kebawah terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan File di Dalam Kalkulator Smartphone

4. “Foto atau Video?”

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 10

Foto menggunakan DSLR

Yang keempat, kamu terlebih dahulu harus menentukkan apakah kamu ingin membuat project foto atau video ataupun keduanya?

Saat ini sudah banyak kamera DSLR yang memiliki kualitas video HD dan sudah banyak juga fotografer yang mendapatkan kamera dengan opsi video, yaa walaupun mereka juga tidak yakin apakah fotografer membutuhkan atau tidak.

Karena jika kamu membutuhkan untuk project video ini akan menambah biaya keseluruhan kamera berbeda jika dibandingkan kalau kamu hanya melakukan project foto saja.

Baca Juga : Cara Melacak Sesorang Dengan iPhone Tanpa Ketahuan

5. Mencoba Kamera Terlebih Dahulu

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 11

Mencoba kamera DSLR

Yang kelima, kamu harus terlebih dahulu mencoba atau merasakan kamera DSLR yang ingin kamu beli. Kamu bisa meminjam kamera yang sejenis dengan teman kamu, apakah kamera DSLR tersebut cocok dengan kamu atau tidak.

Kamu juga bisa mencobanya di toko, kamu bisa melihat bentuk fisik kamera DSLR, kamu bisa mengetahui sistem yang digunakan, menu dalam kamera dan pegangan dari kamera itu sendiri.

Baca Juga : Daftar Harga Endorse Selebgram Termahal 2017

6. Teliti dalam Memilih Merk

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 12

Merk Kamera

Yang keenam, kamu harus terlebih dahulu teliti dengan merk yang akan kamu beli di toko. Seperti yang dijelaskan pada point ke 1 kamu harus fokus terhadap tema dan project apa yang akan kamu buat.

Karena pada setiap merk memiliki keunggulan masing-masing dalam hal fotografi. Jangan sampai kamu membeli merk kamera DSLR dengan harga mahal tetapi sebenarnya project kamu bisa saja cukup bagus jika menggunakan kamera DSLR dengan harga murah.

BACA
5 Tips Jitu Bedakan Power Bank Asli atau Palsu (100% Akurat)

Baca Juga : 10 Games Android Terbaik di Bawah 100MB

7. ISO

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 13

ISO

ISO atau yang biasa disebut ASA dalam dunia fotografi film adalah suatu kemampuan atau tingkat sensor yang pada kamera terhadap cahaya. Nah jika semakin besar nilai setting-an ISO pada kamera maka akan semakin besar sensitifitas cahaya kamera yang didapatkan.

ISO pada kamera bener-benar akan memungkinkan kamu untuk melakukkan pemotretan dalam berbagai keadaan dan juga lingkungan.

Sehingga jika kamu ingin melakukkan pemotretan dengan cahaya yang minim, kamu bisa membeli kamera DSLR yang memiliki setting-an ISO yang sudah tinggi.

8. Jangan Terlalu Memikirkan Megapixels

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 14

Megapixels

Yang kedelapan, Kamu jangan terlalu memikirkan megapixels dari kamera DSLR. Karena banyak orang yang berpendapat bahwa semakin besar megapixels pada kamera maka akan semakin bagus pula hasil foto yang diharapkan.

Padahal hal ini belum menjadi jaminan bahwa hasil foto kamu terlihat bagus karena nyatanya kamera dengan megapixels yang besar tidak selalu membuat hasil foto terlihat bagus danĀ berkualitas.

Hal yang membuat foto terlihat bagus adalah tergantung dari kualitas komponen pada kamera secara keseluruhan terutama pada bagian sensor kamera. Jadi jangan terlalu memikirkan megapixels pada kamera DSLR yaa!

9. Pertimbangkan Flash Kamera

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 15

Flash Kamera

Yang kesembilan adalah pertimbangan kemampuan flash yang mungkin atau tidak mungkin kamu butuhkan.

Jika kamu berencana foto shoot dengan lampu studio atau lampu kilat kamera, kamu harus mempertimbangkan hal ini saat membeli kamera.

Jika kamu ingin melakukkan sesi foto didalam ruangan saja, kamu cukup membeli penambahan alat bantu kamera yaitu lampu studio.

Tetapi jika kamu melakukkan foto shoot di luar ruangan, lampu kilat pada kamera DSLR sangat penting dan kamu dapat membeli kamera yang sudah memiliki flash atau kamu dapat membeli penambahan aksesoris berupa flash kamera yang lebih bagus.

10. Pelajari Ukuran Sensor Kamera

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 16

Sensor Kamera

Yang ke sepuluh, Sensor merupakan nyawa dari kamera. Kamu harus pelajari terlebih dahulu ukuran sensor apa dan mengapa sensor kamera itu penting.

Yap karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas dari gambar yang akan kamu potret. Kamu dapat mencari referensi di internet maupun seorang photografer profesional mengenai ukuran sensor.

Karena hal ini menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli kamera DSLR. Jangan sampai kamu membeli kamera DSLR dengan sensor yang tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

11. Format Foto yang Digunakan Kamera

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 17

Format Foto

Yang kesebelas, kamu harus mencari tahu format foto yang digunakan pada kamera DSLR yang akan kamu beli. Apakah kamu perlu untuk memotret dengan format RAW?

RAW adalah format yang paling banyak digunakan photografer profesional. RAW dapat mengambil file besar yang tidak dapat dinilai secara deskruktif dan dimanupulasi pada tahap publish foto tanpa kehilangan kualitas gambar pada foto.

Banyak juga kamera sekarang yang memiliki pilihan untuk melakukan pemotretan menggunakan format RAW dan dapat meningkatkan kualitas gambar pada foto.

Jika kamu tidak memerlukkan format RAW kamu bisa membeli kamera DSLR biasa yang bisa juga menghasilkan foto yang berkualitas.

12. Sesuaikan Budget

12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR 18

Mata uang rupiah

Yang terakhir, Tentukan anggaran kamu untuk membeli kamera DSLR, yang perlu kamu tahu membeli kamera DSLR bukan hanya tentang body camera, lensa pada kamera sama pentingnya dengan body kamera.

Membeli kamera DSLR berarti membeli lebih dari sekedar body kamera. Kamu nantinya juga akan membeli baterai tambahan, kartu memory, filter, flash, tripod da proteksi kamera berupa tas ataupun case kamera.

Jadi sesuaikan juga ya dengan budget kamu dalam membeli kamera. Jangan sampai kamu ingin membeli kamera yang harganya jauh dengan budget yang kamu miliki.

So, bagaimana sobat pintar sudah tahukan apa saja sih pertimbangan sebelum membeli kamera DSLR? Jika kamu punya tips selain yang disebutkan di artikel ini jangan lupa ya beritahu kami di kolom komentar šŸ™‚

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top