Tips

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 9

HP kamu sering panas? Overheat pada android merupakan suatu kondisi di mana perangkat smartphone android yang kamu miliki mengeluarkan panas yang berlebih sehingga bisa terasa ketika digenggam.

Permasalahan yang kadang sering kita tidak perhatikan, terkadang juga berdampak tidak baik terhadap handphone kita. Masalah yang sering terjadi yaitu masalah HP android yang cepat panas. Selain itu juga kadang hp android panas sendiri, walaupun tidak kita mainkan.

Ada banyak cara untuk mengatasi HP yang overheat. Tetapi pada kesempatan kali ini Tipspintar.com akan mengulas tentang 10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas. Apa saja sih penyebabnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas

1. Bermain Game Secara Berlebihan

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 10

Apakah kamu tahu ketika kamu sedang bermain game, berapa banyak komponen dalam perangkat smartphone android kamu seperti CPU, GPU dan RAM akan bekerja secara bersamaan dengan porsi yang lebih besar ketimbang jika kamu menggunakan aplikasi-aplikasi lainnya.

Memang jika hanya beberapa menit saja, kamu tidak akan begitu merasakan peningkatan panas yang terjadi akibat kalian bermain game (terutama game berat).Tapi jika sudah memainkan game selama 1 jam atau lebih.

pastinya kalian akan merasakan panas yang merambat di seluruh permukaan perangkat smartphone yang sebenarnya berasal dari CPU dan GPU kalian yang bekerja keras sehingga mengeluarkan panas yang berlebih.

2. Cek Kualitas Baterai

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 11Kualitas baterai juga sangat berpengaruh terhadap cepat panasnya ponsel kamu Biasanya jika baterai perangkat kamu sudah berumur, maka akan cepat habis dan men-charge, dan parahnya lagi kamu sambil men-charge jaringan wifi tetap berjalan, inilah yang nantinya akan membuat hape kamu cepat panas.

Usahakan ganti beterai yang sudah usang dengan baterai Ori, untuk mendapatkan baterai Ori kamu dapat membelinya di gerai resmi merek perangkat yang kamu punya.

3. Menjalankan Banyak Aplikasi

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 12

Dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus terutama yang membutuhkan koneksi internet juga merupakan faktor lain yang menyebabkan smartphone android kamu cepat panas. Jika kegiatan bermain game akan memberikan beban lebih besar pada GPU sehingga menghasilkan panas berlebih.

Maka membuka berbagai aplikasi sekaligus akan memberikan beban kerja yang lebih besar pada CPU. Seperti yang kamu ketahui, semakin berat pekerjaan yang dilakukan suatu mesin, semakin banyak pula panas yang dihasilkan.

4. Perhatikan Area Sekitar HP

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 13

Jika cuaca yang ada pada sekitar ruangan kamu terlalu pengap dan terlalu panas, hal ini dapat meningkatkan panas atau suhu terhadap HP android yang kamu punya. Selain itu, posisi cara  pemegangan perangkat juga sangat berpengaruh, jika kamu memegangnya dengan cara yang salah, HP android kamu juga dapat cepat panas.

5. Virus dan Malware

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 14

Virus dan Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab perangkat smartphone android kamu mengalami overheat. Hal ini karenan keduanya akan terus-menerus beroperasi tanpa kamu ketahui di background sistem smartphone android kamu untuk mengakses berbagai informasi.

Aktivitas yang dilakukan virus dan malware ini juga akan ikut membebani kerja CPU sehingga mengeluarkan panas berlebih, apalagi jika dibarengi dengan penggunaan aplikasi.

6. HP di Mainkan Saat Charging

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 15

Memainkan HP saat di charging adalah salah satu hal yang paling banyak dilakukan orang. Padahal menggunakan smartphone saat charging justru akan membuat daya baterai smartphone kalian semakin lama jadi penuh (baterai tetap menerima listrik).

BACA
10 Cara Menjadi Dropshipper Agar Cepat Untung dengan Modal Kecil

Sementara baterai terus menerima energi listrik, komponen dalam smartphone kalian seperti CPU juga akan terus menarik listrik dari baterai. Kondisi seperti ini menyebabkan baik CPU dan baterai mengeluarkan panas yang lama-kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan overheat pada perangkat smartphone kamu.

Jika kamu tidak berhenti menggunakan smartphone saat charging (terutama untuk penggunaan kelas berat seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game, dan multitasking).

https://www.tipspintar.com/android/apps/aplikasi-terbaik-untuk-mempercepat-performa-android/

7. Gunakan HP Secara Wajar

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 16

Perhatikan cara penggunaan perangkat, jika HP android yang kamu miliki nonstop untuk chatting, SMS, dan nelfon secara bersamaan, maka panas dalam komponen tidak bisa dihindari lagi. Solusi yang baik adalah dengan memakai perangkat secara wajar, jika ingin sms matikan chatting seperti whatsapp, wechat, dan aplikasi chating yang lainnya.

Selain itu, jangan bermain game dan internetan terlalu lama. Karena jika kamu memakai secara bersamaan, komponen yang ada pada HP juga akan bekerja lebih extra, dan tentunya cepat panas.

8. Overcharge

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 17

Overcharge merupakan suatu kondisi yang terjadi pada baterai kamu jika kamu meninggalkan smartphone android kamu dalam kondisi charging secara berlebihan. Misalnya ketika meninggalkan smartphone android kalian dalam kondisi charging sebelum tidur.

Tentunya hal ini akan membuat smartphone android kamu menerima listrik yang berlebih (energi panas) dan akan merambat ke bagian smartphone kamu yang terbuat dari bahan penghantar panas.

9. Perhatikan Aplikasi yang Sedang Bekerja di Background

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 18

Di perangkat android, meskipun kamu sudah mengeluarkan aplikasi dengan menekan tombol back berulang kali, ada beberapa aplikasi yang tetap terbuka pada background layar ponsel, padahal kamu sudah mengeluarkannya. Nah hal inilah yang bisa membuat perangkat kamu cepat panas.

10. Perhatikan Kekuatan Jaringan HP

10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas 19

Pernahkah kamu perhatikan, bahwa meletakkan HP di ruangan yang tertutup akan mempengaruhi kualitas sinyal HP kamu? Tidak usah ditempat tertutup, di dalam kamarpun biasanya juga susah untuk mendapatkan sinyal bukan? Nah karena HP susah mendapatkan sinyal maka komponen akan bekerja lebih untuk mendapatkan sinyal kembali keperangkat yang kamu punya.

Lalu bagaimana jika kamu hendak sms dan browsing internet, carilah tempat terbuka yang memiliki kualitas sinyal yang bagus, jangan menggunakan HP android untuk berselancar di internet pada saat sinyal HP lemah.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya sobat pintar…

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top