Apps

10 Alternatif Pengganti Microsoft Word (Gratis) 2017

Home / Android / Apps / 10 Alternatif Pengganti Microsoft Word (Gratis) 2017

Seiring berkembangnya zaman, kini banyak sekali software mirip Microsoft Office yang bisa anda jadikan pengganti. Selain memiliki fitur yang mirip Microsoft Office, aplikasi berikut ini juga bisa di-download secara cuma-cuma alias GRATIS.

Microsoft Office merupakan software yang berisi paket aplikasi perkantoran dan dibuat oleh perusahaan milik Bill Gates yaitu, Microsoft. Terdapat banyak sekali aplikasi yang ada pada Microsoft Office, beberapa yang paling sering digunakan adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Saking terkenalnya, software ini bisa dibilang merupakan software yang harus ada pada setiap PC/Laptop. Namun, harga software yang satu ini bisa dibilang mahal bahkan hingga jutaan rupiah. Tidak jarang sebagian di antara kita memilih untuk memasang Microsoft Office di komputer atau laptopnya secara ilegal, dengan menggunakan crack atau key generator (keygen) misalnya.

Sebenarnya masih ada program alternatif selain Microsoft Office, yang menawarkan kinerja yang serupa dengan Microsoft Office. Nah, pada kesempatan kali ini Tipspintar.com akan mengulas tentang 10 Alternatif Pengganti Microsoft Word (Gratis) 2017. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Alternatif Pengganti Microsoft Word (Gratis) 2017

1. Zoho Docs

Zoho Docs

Zoho Docs merupakan layanan berbasis web. Zoho Docs terdiri dari beberapa aplikasi seperti Documents, Spreadsheets, dan Presentations. Zoho Docs sangat membantu pekerjaan kantor maupun tugas kuliah kamu.

Zoho Docs awalnya hanya support untuk Documents saja namun seiring berkembangnya zaman, Spreadsheets dan Presentations juga ditambahkan. Selain itu, Zoho Docs menyediakan penyimpanan cloud yang lumayan besar yaitu sebesar 5 GB.

2. Libre Office

LibreOffice

LibreOffice adalah aplikasi Office Suite berbasis freeware dan open-source. LibreOffice juga memiliki 6 buah fitur yang dibawa dalam paket softwarenya yakni, Writer, Calc, Impress, Draw, Math dan Base.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang hingga berjuta-juta rupiah untuk menggunakan LibreOffice ini, karena LibreOffice diberikan secara gratis dan dapat digunakan seumur hidup. Tampilannya juga cukup bagus dan tidak terlalu sulit digunakan.

3. Polaris Office

Polaris Office

Software ini dikembangkan oleh Infraware.Inc dan bisa kamu gunakan secara gratis. Polaris Office ini memiliki tampilan yang sangat modern dan minimalis sehingga memudahkan kamu untuk menggunakannya.

Dengan software ini kamu bisa dengan mudah mengedit maupun membuat sebuah dokumen. Polaris bisa digunakan untuk mengedit file yang berasal dari Microsoft Office dan juga file berformat TXT serta PDF.

Polaris Office sudah terintegrasi dengan beberapa Cloud Storage seperti Google Drive, DropBox, dan OneDrive. Selain itu, Polaris Office juga sudah tersedia untuk Microsoft Windows, Android, serta iOS.

4. Google Docs

Google Docs

Google Docs adalah aplikasi office berbasis web-based buatan Google. Enaknya dari Aplikasi berbasis Web-Based adalah hasil pekerjaanmu otomatis akan disimpan pada Google Drive. Jadi akan lebih aman dan juga tidak memakan ruang HardDisk. Cukup menggunakan Google Chrome dan koneksi internet, kamu sudah bisa menggunakan Google Docs.

BACA
Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan pada Film

Fitur-fitur yang ada pada Google Docs bisa dibilang lumayan lengkap dan bisa digunakan sebagai pengganti Microsoft Office. Google Docs memiliki 3 paket aplikasi utama yaitu Docs, Sheets, dan Slides. Google Docs bisa digunakan untuk PC lewat Google Chrome, Android, dan iOS.

5. WPS Office

WPS Office

Software alternatif Microsoft Office WPS Office ini awalnya bernama Kingsoft Office yang dikembangkan oleh perusahaan asal China yaitu Kingsoft. Software ini terdiri dari 3 aplikasi utama yaitu WPS Writer, WPS Presentation, dan WPS Spreadsheet sebagai pengganti Word, PowerPoint, dan Excel.

Fitur-fitur yang lengkap serta tampilan yang simpel bisa memudahkan kamu dalam menggunakan software ini. Software office gratisan ini tersedia dalam banyak platform seperti Microsoft Windows, Linux, iOS, dan juga Android.

6. SoftMaker FreeOffice

Softmaker FreeOffice

Salah satu alternatif Microsoft Office lainnya yakni SoftMaker FreeOffice. SoftMaker FreeOffice memiliki fitur yang hampir sama dengan WPS Office. SoftMaker FreeOffice sudah termasuk TextMaker, PlainMaker dan Presentations.

Kelebihan dari SoftMaker adalah sudah support format file terbaru Microsoft Office 2007, 2010 dan 2013 yakni *Docx. Selain itu, kamu juga bisa membuat file PDF langsung dari SoftMaker FreeOffice.

7. Neo Office

Neo Office

Neo Office juga merupakan salah satu “cabang” dari program Open Office. Namun, sebelum Libre Office dan Open Office tercipta, program Neo Office ini sudah lebih dahulu ada. Aplikasi Neo Office ini hanya mendukung untuk sistem operasi Apple Mac. Oleh karena itu, aplikasi ini sudah tidak di ragukan lagi akan compatibilitas terhadap sistem operasi produk Apple tersebut.

8. Etherpad

Etherpad

Selanjutnya adalah Etherpad, Etherpad ini memiliki tampilan antarmuka yang saat ini bisa dikatakan tergolong jadul. Eits, jangan salah Etherpad tetap memiliki fitur umum sebagai pengolah dokumen yang bisa kamu andalkan.

9. Word Pad

Word Pad

Program yang satu ini merupakan aplikasi bawaan dari Microsoft Windows (Windows XP, 7, 8, 10), yang artinya kamu tidak perlu repot-repot untuk mendownload nya terlebih dahulu. Saya sendiri pada awalnya masih menggunakan Word Pad ketika masa-masa peralihan dalam mencari aplikasi yang pas untuk menggantikan Microsoft Office Bajakan.

10. Open Office

Open Office

Yang terakhir adalah Open Office. Aplikasi Open Office di sebut sebagai pengolah dokumen gratis yang bisa di bilang jadul, karena kepopulerannya yang cukup lama sebagai salah satu pengolah dokumen gratis. Namun, Open Office merupakan fitur pengolahan data yang cukup baik.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Alternatif Pengganti Microsoft Word (Gratis) 2017. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi harus membuat artikel apa selanjutnya, boleh comment di bawah ya sobat pintar…

 

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top