Software

10 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Saat Ini!

Home / Windows / Software / 10 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Saat Ini!

Feature Image Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat kata-kata atau tulisan dan akan disimpan menjadi sebuah dokumen.

Di zaman serba online saat ini, tentunya jenis aplikasi ini sangat dibutuhkan. Contohnya untuk membuat surat lamaran kerja yang merupakan dokumen penting untuk melamar pekerjaan.

Saat ini sudah ada berbagai macam aplikasi pengolah kata yang bisa kamu download di internet. Nah, kira-kira aplikasi pengolah kata apa saja yang ada saat ini? Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

1. Microsoft Word

Microsoft Word

Aplikasi pengolah kata pertama adalah Microsoft Word, tentunya di antara kalian yang membaca artikel ini tidak asing bukan dengan aplikasi tersebut.

Microsoft Word ini sendiri merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan atau pembuatan tugas yang berhubungan dengan pengolahan kata.

Kemudahannya dalam memproses, memformat, mencetak, hingga berbagi dokumen berbasis teks yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi pengolah kata yang sangat populer hingga saat ini.

Hampir semua orang yang memiliki laptop atau komputer, atau bahkan smartphone itu di dalam software-nya pasti ada aplikasi Microsoft Word.

Tidak hanya itu, keamanan yang dimiliki oleh aplikasi Microsoft Word juga sangat baik. Kamu bisa mengunci file Microsoft Word yang isinya adalah tulisan yang telah kamu buat sebelumnya. Dengan begitu, tulisan yang sudah kamu buat dan simpan menjadi file tersebut tidak akan bisa di-“Copy-Paste” orang lain.

Aplikasi Microsoft Word ini dirilis pada tahun 1983 oleh sebuah perusahaan besar yang bernama Microsoft Corporation. Sebelum memiliki nama Microsoft Word, nama dari aplikasi pengolah kata ini adalah Multi-Tool Word.

Karena memiliki kelebihan dari segi kemudahan dan keamanan yang ditawarkan oleh aplikasi Microsoft Word ini membuatnya menjadi salah satu produk unggulan dari Microsoft.

Aplikasi pengolah kata yang populer ini sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat surat lamaran kerja, mengerjakan tugas, membuat draft blog, artikel, buku, karya ilmiah, penelitan, dan lain sebagainya.

2. Notepad

notepadd

Aplikasi pengolah kata selanjutnya adalah Notepad. Notepad merupakan salah satu alternatif perangkat lunak pengolah kata.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis pada sistem operasi Windows. Notepad telah hadir di sistem operasi Windows sejak mulai versi Windows 1.0 tahun 1985.

Notepad ini sendiri sering digunakan untuk mengolah kata secara sederhana dan simple, menulis catatan kecil, serta tak jarang dipakai oleh Programmer untuk membuat program sederhana yang berbasis HTML atau PHP.

Memiliki tampilan yang sederhana dan simpel, membuat aplikasi ini sangat cocok dimanfaatkan untuk mengolah kata yang cepat dan singkat, seperti mencatat poin penting hasil meeting.

Tidak hanya itu, bagi para blogger Notepad ini juga berfungsi untuk membantu edit file XML, serta menetralisir format dokumen yang di-copy dari jenis file lain.

3. Google Docs

Google Docs

Google Docs merupakan aplikasi pengolah kata yang memiliki tampilan Interface (antarmuka) yang hampir sama seperti Microsoft Word. Aplikasi ini sering digunakan oleh kalangan profesional untuk produktivitas kantor, seperti pengolahan kata dan dokumen.

Google Docs dirilis perdana pada tanggal 9 Maret 2006 oleh perusahaan pengembang Google. Popularitas yang dimiliki Google Docs juga tidak kalah dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word.

Hal ini dikarenakan Google Docs memiliki tampilan yang mudah dipahami, digunakan, layanannya tersedia gratis, dan juga tanpa harus di-download supaya bisa mengaksesnya.

Tidak hanya itu, jika kamu menggunakan Google Docs di komputer atau laptop dan membuat dokumen di sana, Kamu juga bisa mengakses dokumen tersebut lewat perangkat lain. Baik sama-sama komputer, tablet, maupun Smartphone.

Hal tersebut membuat kamu tidak perlu membawa copy-an yang sama di berbagai perangkat dan melakukan perubahan secara manual, serta terus-menerus. Cukup buat satu kali, dan dokumen bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Menariknya, software pengolah kata ini juga memiliki fitur yang bernama link Sharing. Dimana jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, maka dokumen yang telah dibuat bisa dibuka oleh semua orang yang memiliki link yang mengarah ke dokumen tersebut.

Namun, meskipun bisa dibuka bersama-sama, kamu tetap bisa mengatur siapa saja orang yang bisa mengakses dokumen tersebut. Semuanya berkat fitur permissions yang ada saat kamu mengaktifkan fitur share di Google Docs. Hanya email dari orang-orang yang terdaftar saja yang bisa mengakses sebuah dokumen.

Dan juga jika kamu menempatkan dokumen tersebut di dalam file Google Drive, maka izin yang ada juga akan mengikuti izin yang berlaku di dalam file tersebut, sehingga kamu tidak perlu mengatur izin akses untuk setiap file. Dengan mengaktifkan fitur permissions, maka dokumen kamu tidak akan bisa digunakan oleh sembarang orang.

4. WPS Office

WPS Office

Aplikasi pengolah kata berikutnya adalah WPS Office. WPS Office merupakan produk perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan asal China yang bernama Kingsoft. Aplikasi ini bisa berfungsi untuk membuat, mengedit, melihat, dan juga berbagi sebuah dokumen secara gratis dan mudah.

Tidak hanya dokumen Word saja, namun aplikasi yang dirilis pada tahun 1988 ini juga bisa digunakan untuk, membuat, melihat, dan mengedit berbagai jenis dokumen, seperti Excel, PowerPoint, PDF, dan lain-lain.

Fitur yang ditawarkan oleh WPS Office juga hampir mirip dengan fitur yang dimiliki oleh Microsoft Word. Hal tersebut yang membuatnya menjadi satu rival terkuat dan menjadi pesaing Microsoft Word.

Saat ini WPS Office sendiri sering dimanfaatkan bagi para pekerja profesional yang masih belum bisa membeli lisensi Microsoft Office original.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi WPS Office. Semua fungsi yang dibutuhkan untuk mengedit dan membuat dokumen mulai dari membuat tabel, menyisipkan gambar, membuat animasi, menambahkan komentar,dll bisa dilakukan aplikasi ini.

Format dokumen yang mendukung WPS Office, bahkan mencapai 23 format, diantaranya DOC, DOCX, TXT, XLS, XLSX, PPT, PPTX, PDF, dan lain sebagainya.

5. Pages

Pages

Pages merupakan aplikasi pengolah kata yang hanya tersedia secara ekslusif di sistem operasi Apple (Mac OS). Aplikasi Pages tersedia secara gratis tanpa perlu membayar biaya lisensi kepada pihak developer, tetapi tidak semua sistem operasi yang mendukung aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat nyaman digunakan untuk membuat catatan, laporan meeting, membuat makalah, atau proposal untuk kebutuhan bisnis perusahaan. Pages bisa digunakan untuk menyediakan sesuatu supaya bisa memenuhi kebutuhan berbagai jenis file, seperti Doc, Docx, PDF, TXT, dan lain sebagainya.

6. Open Office Writer

Open Office

Aplikasi pengolah kata selanjutnya adalah Open Office Writer. Open Office Writer merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dari program OpenOffice.org buatan perusahaan Sun Microsystems Inc. Aplikasi ini dapat menjadi alternatif bagi penggunanya karena dapat diakses secara gratis tanpa harus membelinya.

Dari segi fitur, kamu bisa menggunakan Open Office Writer sama seperti Microsoft Word dengan kemampuan format teks hingga fleksibilitas dalam menyimpan jenis file dokumen. Namun, pengguna aplikasi ini tidak sebanyak pengguna Microsoft Word, karena pada umumnya sudah terbiasa dengan aplikasi pengolah kata dari Microsoft itu.

7. Docs To Go

Docs To Go

Walaupun saat ini aplikasi Google Docs dan Microsoft Word sudah ada versi mobile, namun aplikasi pengolah kata seperti Docs To Go masih sangat layak untuk menjadi aplikasi pengolah kata sederhana. Terutama bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

Aplikasi yang dirilis pada 09 Maret 2006 ini bisa dibilang sebagai aplikasi legend yang sudah sejak dahulu banyak digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai hingga pekerja kantoran untuk melakukan aktivitas editing dokumen.

Sebab, Docs To Go ini sendiri berfungsi untuk mengedit sebuah dokumen teks, dan juga bisa untuk melihat dokumen berbentuk PDF. Selain itu, aplikasi Docs To Go juga dapat menyimpan file dari berbagai format file lain.

8. FreeOffice TextMaker

Free Office Text Maker

Berikutnya ada aplikasi FreeOffice TextMaker. FreeOffice TextMaker merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang berbasis Windows. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat perhitungan, bagan, lembar kerja yang rumit, gambar, bingkai teks, grafik 2D dan 3D, dan juga bisa digunakan untuk menyisipkan gambar.

Tidak hanya itu, FreeOffice TextMaker juga dilengkapi dengan berbagai macam template menarik untuk membuat dokumen, surat, dan lainnya secara cepat dan efektif.

Pengguna juga bisa membuat template sendiri dan menyimpannya untuk digunakan pada lain waktu. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak bisa menyimpan dokumen dengan format .docx.

9. Focus Writer

Fokus Writer
Focus Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang ringan. Di dalamnya, tidak akan terlihat bila jendela seperti yang ada di dalam Microsoft Word. Seperti namanya, aplikasi ini dapat memblokir semua gangguan sehingga pengguna bisa benar-benar fokus pada saat sedang membuat draft.

Dalam penggunaan normal, yang hanya bisa pengguna lihat hanyalah halaman kosong. Namun, jika cursor nya di arahkan ke tepi layar, maka bilah alatnya akan terlihat.

Selain itu, FocusWriter juga menampilkan peringatan pada jam-jam tertentu, atau saat pengguna telah mencapai jumlah kata yang telah ditentukan sebelumnya.

Aplikasi ini memang kurang efektif bila digunakan untuk mengedit, namun untuk soal produktivitas, FocusWriter bisa dibilang tidak kalah dengan aplikasi pengolah kata yang lain.

10. AbiWord

Abi Word

Terakhir ada aplikasi AbiWord. AbiWord merupakan aplikasi pengolah kata yang berukurannya terbilang kecil dan gratis. Aplikasi yang dirilis pada tahun 1998 ini memiliki berbagai macam fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk meringankan beban pekerjaan, terlebih aplikasi AbiWord tidak akan memakan kapasitas penyimpanan yang besar.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti Undo dan Redo tanpa batasan kapasitas. Selain itu, kamu juga dapat mengakses file yang bukan dari dokumen AbiWord. AbiWord juga memiliki fitur dukungan berupa pengejaan dengan underline, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi pengolah kata terbaik yang bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan aplikasi pengolah kata.

Setiap aplikasi pengolah kata tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengolah kata yang sesuai dengan kebutuhan.

Oh iya, jangan lupa juga untuk share ke sobat lainnya supaya mereka tau jenis-jenis aplikasi pengolah kata yang ada hingga saat ini. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top