Intermezzo

8 Website Belajar Coding Online Terbaik, Gratis!

Home / Intermezzo / 8 Website Belajar Coding Online Terbaik, Gratis!

Website Belajar Coding

Dalam kemajuan teknologi saat ini, pembelajaran coding saat ini bisa dibilang menjadi salah satu hal yang paling diminati oleh masyarakat, khususnya para kaum milenial.

Yaps, hal tersebut juga didukung dari kesadaran para pebisnis yang mulai menyadari akan pentingnya untuk memiliki sebuah website profesional atau aplikasi sendiri untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Nah, dari hal tersebut, tentunya bagi mereka yang awam tentang pengembangan aplikasi, akan memerlukan tenaga profesional seperti programmer atau pun web developer untuk bisa meng-create sekaligus me-maintenance aplikasi yang mereka inginkan.

Bahkan, di beberapa sekolah menengah kejuruan pun mulai banyak yang membuka jurusan baru yakni pemrograman bagi para calon mahasiswa yang memang sudah menaruh minat ke dalam pelajaran ini.

Akan tetapi, belajar coding bukan lah sebuah hal yang mudah ya guys. Ada banyak hal detail yang harus Kamu pelajari, sebab di sini Kamu akan berurusan langsung dengan sebuah basis data. Jadi perlu ketekunan dan ekstra effort untuk bisa mempelajari hal yang satu ini.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini, TipsPintar ingin memberikan informasi terkait website belajar coding terbaik yang bisa Kamu kunjungi untuk menambah wawasan Kamu tentang ilmu coding.

Tenang saja, karena sebagian besar dari rekomendasi website ini bisa Kamu ikuti secara gratis tanpa ada biaya sepeser pun!

So, buat Kamu yang penasaran apa saja website nya. langsung aja simak ulasan berikut ini ya!

Seputar Coding

Seputar Coding

Seputar Coding

Apa itu Coding? Yaps, mungkin bagi Kamu yang benar-benar awam tentang hal ini akan mempertanyakan pertanyaan ini.

Coding sendiri merupakan sebuah proses penulisan kode yang berfungsi sebagai instruksi kepada komputer untuk menjalankan sebuah perintah tertentu.

Mungkin sebagai contoh, jika Kamu pernah memesan makanan secara online, pastinya Kamu akan meletakkan catatan jika memang ada permintaan khusus, kan?

Nah, sama hal nya dengan coding, untuk bisa menyampaikan pesan tersebut, maka harus ada proses penulisan/pengetikan sebuah code supaya perintah tersebut dapat tersampaikan.

Akan tetapi, pastikan semua perintah tersebut sudah tertulis dengan penulisan yang tepat. Jika ada yang salah, maka Kamu harus periksa secara keseluruhan untuk menemukan letak titik kesalahannya.

Pentingkah Belajar Coding?

Penting kah Belajar Coding

Penting kah Belajar Coding

Jika ditanya penting atau tidak, maka jawabannya Iya. Tapi, coding ini sendiri akan jauh lebih mudah untuk dipelajari jika Kamu memang sudah menaruh minat di dalamnya.

Jadi jika Kamu hanya sekedar nyemplung tanpa ada kemauan besar, pasti akan menemukan banyak kesusahan dalam proses pembelajaran.

Akan tetapi, jika Kamu bisa menguasainya. Akan ada banyak keuntungan yang akan Kamu dapatkan, seperti:

  • Mempunyai keahlian untuk menjalankan bisnis aplikasi dan juga software.
  • Bisa membuat website sendiri.
  • Bisa dijadikan jembatan untuk mengembangkan karier.

10 Website Belajar Coding Terbaik

Belajar coding dan bahasa pemrograman untuk pemula bisa dilakukan dimana saja lho! Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, Kamu bisa andalkan berbagai situs/website belajar coding terbaik dimana Kamu dapat mengikuti setiap pembelajarannya secara gratis!

Nah, pada kesempatan kali ini. TipsPintar sudah merangkum beberapa website belajar coding terbaik yang dapat Kamu ikuti secara gratis, tanpa biaya sepeser pun!

Website tersebut di antaranya:

1. Codecademy

Codecademy

Codecademy

Di Urutan pertama ada Codecademy. Di dalam situs ini, Kamu akan belajar coding bersama dengan lebih dari 24 juta orang yang ada di Indonesia.

Selain itu, di dalam website ini juga telah tersedia berbagai bahasa pemrograman yang akan dipelajari seperti Javascript, HTML, CSS, PHP, dan masih banyak lagi.

So, kalau Kamu benar-benar ingin mempelajari coding dari dasar nya. Website ini akan menjadi opsi yang sangat tepat bagi Kamu untuk mempelajarinya.

2. Coursera

Coursera

Coursera

Di Urutan selanjutnya, Coursera. Yaps, Coursera ini merupakan situs online gratis yang menawarkan berbagai kelas/pembelajaran pemrograman yang hampir setara dengan kurikulum perkuliahan.

Kamu juga dapat mengambil beberapa kelas dengan jadwal dan waktu fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kesibukan Kamu.

Nah, nantinya jika Kamu berhasil menyelesaikan kursus ini, Kamu akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa Kamu telah menguasai bahasa pemrograman.

3. BitDegree

BitDegree

BitDegree

Sebagai tempat belajar coding terbaik, BidDegree menawarkan kursus gratis yang membahas berbagai topik, mulai dari programming sampai ke game development.

Nah, ada dua jenis kursus di BitDegree yang harus Kamu ketahui. Yaitu, kursus online standar dan juga kursus gamifikasi. Kursus gamifikasi ini sendiri menerapkan proses pembelajaran yang interaktif sehingga peserta bisa melakukan sejumlah pencapaian.

Tidak ada persyaratan khusus bagi Kamu untuk bisa mengikuti kursus ini, cukup pilih bahasa dan Kamu sudah bisa mulai belajar.

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di dalam website ini, seperti:

  • HTML
  • CSS
  • PHP
  • Javascript
  • SQL
  • JQuery

Keunikan kursus online ini sendiri terletak pada program blockchainnya. Yaps, reward yang transparan dan sistem pencapaian akan memudahkan perusahaan merekrut talenta terbaik, dan juga membantu peserta dalam mengukur keberhasilan belajar.

Gimana, tertarik untuk belajar coding di BitDegree?

4. Edx

Edx

Edx

edX merupakan sebuah platform belajar coding yang sudah mendidik hampir lebih dari 5 juta siswa. Di Dalam website ini, Kamu akan menemukan berbagai kategori yang tak hanya membahas seputar pemrograman.

Bagi yang ingin mendapatkan materi cara belajar bahasa pemrograman beserta coding untuk pemula, maka pilih kategori “Computer Science”.

edX ini juga menyediakan tutorial yang mencakup bahasa dan skill dari materi berikut:

  • HTML dan CSS
  • Java
  • JQuery
  • C++
  • C#
  • Python
  • SQL
  • Mobile app development

Meskipun ada kursus berbayar, kursus gratis sudah lebih dari cukup jika Kamu ingin mempelajari dasar-dasar coding.

5. Khan Academy

Khan Academy

Khan Academy

Kalau ingin mengembangkan pengetahuan dan skill coding, Khan Academy adalah tempat yang tepat!

Di sini, Kamu akan mengikuti berbagai kursus serta membaca tutorial yang meliputi berbagai topik, mulai dari dasar-dasar programming komputer sampai aplikasi tingkat lanjut.

Semua kursusnya diajarkan oleh ahlinya. Dan poin plus di Khan Academy ini, Kamu juga didorong untuk membagikan pengalaman dan apa saja yang sudah didapat melalui proses pembelajaran di dalam website.

6. Codewars

Codewars

Codewars

Di Urutan kelima, ada situs Codewars. Berbeda dari kursus online sebelumnya, Codewars ini memakai metode tantangan untuk mengajarkan bahasa pemrograman. Bisa dilihat dari penamaan setiap tantangan yang merujuk pada “Kata”.

Tujuan tantangan ini sendiri adalah untuk mempertajam skill bahasa pemrograman yang sudah dimiliki atau memotivasi pemula yang baru belajar programming otodidak.

Setiap kali “Kata” berhasil ditaklukkan, akan muncul tantangan yang juga semakin sulit. Nah, kalau sudah menyelesaikan semua tantangannya, Kamu juga bisa melihat perbandingan solusi yang selama ini dipakai dengan solusi orang lain.

Dengan begitu, Kamu jadi tahu teknik lain untuk menangani suatu masalah di bidang pengembangan.

Di dalam website ini Kamu akan mempelajari beberapa bahasa pemrograman, seperti:

  • Java
  • Javascript
  • C#
  • Ruby
  • Python
  • SQL

7. Code.org

Code-org

Code-org

Selanjutnya, ada Code.org. Yaps, Code.org merupakan sebuah website pembelajaran coding yang dibangun dengan tujuan menjadikan website ini sebagai bagian dari kurikulum pendidikan umum.

Situs belajar coding gratis ini juga sudah digunakan oleh lebih dari jutaan orang yang ingin mengasah pengetahuan dan kemampuan pemrograman mereka.

Metode pembelajarannya juga bisa dipilih. Misalnya, Kamu lebih suka mengikuti tutorial satu jam atau ternyata Kamu lebih nyaman dengan pembelajaran yang terstruktur.

Di Code.org ini juga dikategorikan berdasarkan umur. Levelnya mulai dari K-5, 6-12, hingga Universitas.

8. Udemy

Udemy

Udemy

Udemy merupakan sebuah portal edukasi online yang telah mengadakan ribuan kursus baik yang gratis maupun berbayar. Situs ini juga sering memberikan kupon serta penawaran spesial. Keuntungannya, Kamu juga akan mendapatkan potongan harga atau bahkan versi gratis dari kursus berbayar ini.

Beberapa topik yang akan dibahas dalam website ini adalah:

  • Pengembangan website
  • Pengembangan game
  • Pengembangan aplikasi seluler
  • Pembuatan eCommerce
  • Bahasa pemrograman

9. MIT OpenCourseWare

MIT

MIT

Di Urutan kesembilan ada MIT OpenCourseWare. Meskipun MT dikenal sebagai tempat belajar para orang-orang jenius. Namun sebenarnya, kursus online gratis ini juga cocok untuk para pemula loh!

Seperti halnya dengan Coursera, di kursus coding online gratis ini Kamu dapat mengambil beberapa macam pelajaran sekaligus. Namun, karena MIT adalah situs untuk kursus coding, maka pembelajaran yang akan didapat juga lebih berfokus pada Coding itu sendiri.

Bahkan, para pengguna MIT OpenCourseWare biasanya akan mendapatkan tugas untuk membantunya lebih memahami pelajaran yang akan diberikan.

10. Github

Github

Github

Terakhir ada Github, bisa dikatakan bahwa situs ini merupakan buku referensi untuk para coder karena mampu menjawab hampir seluruh keingintahuan Kamu. Kamu bisa berdiskusi tentang hasil coding yang di dapatkan bersama dengan pengguna Github lainnya.

Banyak industri kreatif yang memanfaatkan Github untuk mencari programmer yang handal. Jadi jika Kamu adalah salah satu programmer profesional, buatlah akun Github mulai dari sekarang.

Nah, itulah beberapa informasi terkait website belajar coding terbaik yang bisa Kamu coba ikuti.

Semoga dengan ini Kamu bisa jadi lebih mudah dalam mengasah kemampuan mengetik mu ya!

Kalau Kamu punya saran untuk topik menarik lainnya, silahkan komen di kolom komentar postingan ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top