Tech News

Wow! Inilah Aplikasi Pemantau Bencana Pertama di Dunia Buatan Indonesia

Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berhasil menciptakan aplikasi untuk meningkatkan mitigasi bencana yang diberi nama MAGMA Indonesia.

Kini, masyarakat bisa mengetahui informasi tentang bencana geologi yang bisa dilihat secara real time melalui aplikasi ini.

MAGMA (Multiplatform Application fo Geohazard Mitigation and Assesment) diklaim menjadi aplikasi mobile pertama di dunia yang menyajikan informasi tentang bencana geologi yang terintegrasi dalam satu jendela dan bisa diakses secara real time.

MAGMA Indonesia

Aplikasi ini bisa di unduh di ponsel Android melalui Play Store atau diakses melalui website magma.vsi.esdm.go.id. Bermacam-macam informasi tentang bencana alam mulai dari status gunung berapi, tsunami, gempa bumi, dan gerakan tanah tersaji dalam aplikasi tersebut.

“Tinggal di Indonesia berhimpitan sekali dengan potensi bencana. Kita harus meningkatkan kewaspadaan dengan mitigasi bencana yang baik. Melalui MAGMA saat ada potensi bencana bisa disampaikan secara cepat” kata Kasbani, kepala PVMBG.

BACA
Ikutan Pre-Order Vivo V9 Dapat Banyak Bonus Spesial!

Dia melanjutkan, sumber informasi atau status bencana yang berada di aplikasi ini didapatkan langsung dari lapangan. Contohnya gunung berapi, pihaknya menyebar lebih dari 200 pengamat di seluruh Indonesia.

“Jadi datanya langsung dari lapangan. Setelah kita lakukan validasi akan langsung tampil atau dinformasikan di dalam MAGMA. Intinya ini sangat membantu sekali”, tambahnya.

Founder dan Developer MAGMA, Devy Kamil Syahbana menambahkan “Aplikasi ini dibuat sejak 2015 lau. Tujuannya untuk memangkas alur informasi tentang bencana yang selama ini terkesan lamban” ujarnya.

Dia menyatakan, setiap laporan yang masuk ke PVMBG bisa langsung dilihat masyarakat melalui aplikasi ini. “Apa yang dilaporkan bisa langsung diakses masyarakat. Informasi bencana geologi yang up to date seperti gunung berapi, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah bisa dilihat”, ucapnya.

 

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top