Internet

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Menarik untuk HRD

Home / Tech-Fun! / Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Menarik untuk HRD

Cara Membuat CV

Cara membuat CV agar menarik untuk dilihat oleh HRD sebenarnya mirip seperti membuat surat lamaran pekerjaan ya. Kamu harus rapih serta kreatif agar HRD sangat tertarik untuk melihatnya.

Kamu bisa menggunakan beragam template CV yang saat ini banyak beredar di situs pembuatan template CV. Selanjutnya kamu tinggal mengeditnya sendiri sesuai selera kamu.

Airy Rooms

Oh iya, jika kamu bingung ketika membuat CV, kamu bisa mengikuti cara yang akan kami sajikan berikut ini. Langsung disimak aja ya guys!

Cara Membuat CV yang Sangat Menarik

Cara Membuat CV

Cara Membuat CV

Ketika kamu mengirim surat lamaran melalui email, maka harus disertakan dengan CV yang bagus untuk menarik minat HRD.

Jika CV yang kamu kirimkan tidak membuat HRD tertarik, jangankan dipanggil untuk interview, membalas email kamu pun tidak akan dilakukan oleh si HRD.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu harus membuat CV yang cukup menarik untuk dilihat. Kamu dapat mengikuti beberapa tips yang kami sajikan berikut ini.

1. Lakukan Job Research

Lakukan Job Research

Lakukan Job Research

Sebelum membuat sebuah CV, ada baiknya kamu menganalisa terlebih dahulu perusahaan yang akan kamu lamar. Karena CV yang menarik adalah CV yang relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dicari.

Kamu bisa mencari segala macam informasi mengenai perusahaan yang akan kamu lamar melalui internet, serta bertanya kepada teman atau kerabat yang bekerja disana.

Konsultasi dengan Teman

Konsultasi dengan Teman

Kumpulkan segala informasi yang kamu dapat, seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, hingga usia yang dibutuhkan.

Dengan begitu kamu dapat menyaring perusahaan mana yang akan kamu tuju untuk dikirimi surat lamaran kerja beserta Curriculum Vitae di dalamnya.

2. Pahami Isi CV

Pahami Isi CV

Pahami Isi CV

Mungkin bagi sebagian orang yang sudah pernah bekerja, pasti sudah mengetahui isi dari CV itu sendiri ya. Namun bagi para fresh graduate yang ingin langsung mencari kerja, maka harus memahami terlebih dahulu isi dari CV.

CV sendiri terdiri dari riwayat hidup kamu. Oleh sebab itu kamu harus berhati-hati dalam membuat CV, karena HRD melihat kualitas diri kamu melalui CV yang kamu lampirkan.

Isi dari CV itu sendiri antara lain adalah:

  • Identitas Diri – Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat, Nomor Telepon, Pas Foto, dan Alamat Email.
  • Pendidikan – Pendidikan awal hingga akhir.
  • Keterampilan – Isi keterampilan yang kamu miliki dengan spesifik.
  • Pengalaman Kerja – Pengalaman kerja yang sebelumnya pernah kamu jalani. Jika kamu Fresh Graduate, bisa mengisinya dengan “Fresh Graduate”.
  • Informasi Lain Mengenai Diri Kamu – Hobi, Referensi, Pelatihan atau hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

3. Cara Membuat CV

Membuat CV

Membuat CV

Jika kamu sudah memahami isi dari CV yang akan dibuat, kini kamu tinggal membuat CV. Ketika membuat CV, pastikan kamu menggunakan desain yang jelas dan mudah dipahami.

BACA
Cara Melacak Seseorang Menggunakan Nomor Telepon (100% Akurat)

Ingat! Jangan buat desain yang terkesan kaku atau norak, cari perpaduan warna yang tepat agar enak untuk dipandang oleh mata.

Buat Desain yang Menarik

Buat Desain yang Menarik

Kamu bisa melihat beberapa template CV melalui berbagai situs untuk membuat CV seperti Canva. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot membuat desain.

Apabila tampilan desain menurut kamu sudah bagus dan rapih, maka kamu tinggal menuliskan isi dari CV tersebut sesuai dengan identitas kamu.

  • Cantumkan identitas diri kamu secara lengkap di dalam CV tersebut. Atur posisinya agar sesuai dengan desain yang kamu gunakan.
  • Isi jenjang pendidikan yang pernah kamu jalani.
  • Jelaskan keterampilan serta skill yang kamu miliki terutama untuk menunjang dalam pekerjaan yang akan dilamar.
  • Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, isikan pengalaman kerja kamu. Jika kamu juga pernah mendapatkan penghargaan pada pekerjaan kamu sebelumnya, maka kamu bisa memasukkannya. Tentunya hal tersebut menjadi nilai lebih di mata HRD.
  • Masukkan segala informasi mengenai diri kamu, entah itu hobi atau bahkan referensi dari orang penting di perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.

Baca Juga10 Situs Membuat Template CV Gratis Terupdate 2018

4. Cek Ulang Hasil CV dan Memperbaikinya

Cek CV Kembali

Cek CV Kembali

Jika hasil CV kamu sudah selesai, ada baiknya kamu untuk mengecek ulang secara lebih detail. Jangan sampai kamu sudah membuat CV sebagus mungkin, namun terdapat sebuah kesalahan yakni kesalahan penulisan kata atau typo.

Cek kembali penulisan hingga tata bahasa yang digunakan. Gunakan kalimat yang jelas, singkat, serta efektif. Kamu dapat memanfaatkan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk melihat kata-kata atau kalimat yang pas.

5. Kirim CV

Kirim Email

Kirim Email

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengharuskan para pelamar kerja mengirim surat lamaran atau CV dalam bentuk email.

Oleh sebab itu kamu harus menyimpan file CV dalam bentuk format PDF guys, kenapa harus PDF? Karena dengan format ini, segala jenis komputer atau laptop dapat dengan mudah mengaksesnya. Desain yang digunakan pun juga tidak akan berubah.

Kirim Lewat PDF

Kirim Lewat PDF

Bayangkan jika kamu sudah membuat CV semenarik mungkin, namun pas dibuka oleh HRD, tampilan dari CV tersebut berubah menjadi tidak jelas. Pastinya sangat mengesalkan ya!

Oleh sebab itu kami menyarankan kamu untuk menggunakan format PDF. Jika file CV kamu berformat Word, kamu dapat mengubahnya menjadi PDF.

Nah, begitulah cara membuat CV yang menarik untuk HRD. Jangan lupa di share artikel ini ke teman kamu yang ingin melamar pekerjaan ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top