Intermezzo

5 Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Sebelumnya kita sudah pernah membahas hal yang harus dilakukan sebelum lulus kuliah yaitu mempersiapakan membuat surat lamaran kerja dan CV atau portofolio. Membuat surat lamaran kerja yang menarik mudah banget! Apalagi kalau kamu mengikuti tahapan tips melamar pekerjaan agar cepat diterima.

Nah, untuk membuat CV juga sudah mudah karena udah banyak template CV yang menarik dan bisa kamu gunakan menggunakan software edit foto seperti Photoshop. Jadi, kamu gak perlu design dari ulang deh.

Eits, tapi kamu harus catat juga nih kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja berikut ini!

CATAT! Ini Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Menghindari kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja berikut ini termasuk salah satu tips ampuh dapat kerja setelah lulus kuliah. Jadi, wajib kamu catat dan jalankan ya!

1. Terlalu Panjang

Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Terlalu Panjang

Kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja yang pertama adalah terlalu panjang. Mungkin kamu memiliki banyak skill yang dikuasai dalam melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Tapi perlu kamu ketahui, untuk membuat surat lamaran kerja, kamu tidak perlu menaruh semuanya di dalam surat lamaran.

Cara mengakalinya adalah dengan menyantumkannya di dalam portofolio. Begitu pula dengan sederet pengalaman kerja yang kamu miliki. Cobalah pilih skill dan pengalaman yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

2. Banyak yang “Typo”

Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Banyak yang “Typo”

Kesalahan fatal dalam menulis surat lamaran kerja yang kedua adalah banyak tulisan yang “Typo”. Typo ini maksudnya adalah salah menulis kata dengan benar sesuai dengan KBBI maupun seseuai dengan penulisan bahasa Inggrisnya. Walaupun hanya berupa kata keinginan untuk melamar, akan tetapi ini bagian terpenting.

Jangan sampai kamu dianggap tidak teliti dalam menulis surat lamaran, entah itu salah menulis tanggal, nama perusahaan, skill dan lain sebagainya. Jadi, harus tetap teliti walaupun kamu memang mahir mengetik 10 jari. Tapi, tidak ada salahnya kamu membacanya dari ulang untuk mencegah adanya typo.

3. Salah Menyantumkan Informasi Kontak

Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Salah Menyantumkan Informasi Kontak

Kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja yang ketiga adalah salah menyantumkan informasi kontak. Nah, ini juga bagian penting nih dalam mengirim surat lamaran kerja baik secara langsung maupun online.

Karena, ketika kamu lolos dalam pemberkasan surat lamaran kerja maka kamu akan dihubungi oleh HRD. Jadi, untuk bisa diterima di perusahaan, pastikan kamu menyantumkan kontak yang bisa dihubungi dengan benar. Jika tidak bisa maka kamu tidak akan lulus dalam tahap selanjutnya.

4. Isinya Terlalu Bohong

Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Isinya Terlalu Bohong

Kesalahan fatal dalam menulis surat lamaran kerja yang keempat adalah isinya terlalu bohong. Nah, ini juga penting banget! Jangan sampai kamu menuliskan informasi yang bohong. Karena, HRD perusahaan sudah pasti akan mengeceknya.

Salah satunya lampiran ijazah, di ijazah tersebut terdapat nomor ijazah, nama kamu dan lain sebagainya. HRD pasti akan mengecek ijazah asli atau palsu. Jika kamu sampai berbohong, bukan hanya tidak lolos ke tahap selanjutnya aja. Tapi, bisa juga kamu kena tuntut perusahaan tersebut.

5. Terlalu Kreatif

Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Terlalu Kreatif

Kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja yang terakhir adalah terlalu kreatif. Memang sih untuk menarik perhatian HRD kamu harus membuat surat lamaran dan membuat CV yang menarik, tapi kalau terlalu penuh dengan warna dan font yang aneh, akan membuat HRD enggan tertarik denganmu. Jadi, buatlah yang sewajarnya saja ya!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top