Tips

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Tanpa Anti Virus

Home / Windows / Tips / Cara Menghilangkan Virus di Laptop Tanpa Anti Virus

Virus merupakan sesuatu hal yang sangat menyebalkan. Virus bisa membuat file terhapus pada memory card, Android menjadi lemot maupun laptop menjadi lemot.

Khusus untuk laptop, ada beberapa software anti virus terbaik yang dapat menghapus virus tersebut. Namun apa kamu pernah mengetahui, cara menghilangkan virus di laptop tanpa anti virus?

Pasti kamu belum tau ya? Tenang kok, kita akan kasih tau kamu caranya. Maka dari itu, yuk simak artikel ini sampai habis sobat pintar.

Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Anti Virus

Sebelum kita kasih tau cara untuk menghapus virus, kita akan kasih tau dulu nih. Apa saja sih penyebab virus bisa masuk  ke dalam laptop. Untuk lebih lanjut, yuk lihat di bawah ini.

Penyebab Virus Bisa Masuk ke Laptop

1. Sembarangan Men-download File

Download FIle

Download FIle

Penyebab pertama adalah kamu sering men-download file yang sembarangan. Ketika kamu download sebuah file, akan ada virus yang ikut. Terlebih lagi jika kamu men-download file yang tidak jelas. File tersebut pasti terdapat banyak virus.

Jadi usahakan download file dari situs yang terpercaya, sehingga file-file tersebut yang kamu download bebas dari virus dan laptop kamu bebas dari virus.

2. Install Software Sembarangan

Install Software Berbahaya

Install Software Berbahaya

Penyebab selanjutnya adalah meng-install software yang sembarangan. Software memiliki peran penting untuk mendukung kinerja laptop maupun kebutuhan/keperluan kamu.

Namun, berbeda lagi dengan software yang tidak jelas kegunaanya. Itu bisa saja software untuk menyebarkan virus ketika kamu memasangnya. Jadi kamu harus hati-hati ketika ingin meng-install software ya.

3. Membuka File yang Tidak Jelas

Install Software Berbahaya

File Virus

Penyebab selanjutnya adalah membuka file-file yang tidak jelas. Ada beberapa file yang tidak jelas seperti file yang memiliki ikon tanda tanya atau yang lainnya. Itu bisa salah satu file yang tidak jelas.

Ketika kamu membuka file yang tidak jelas tersebut, bisa saja file tersebut terdapat virus dan ketika kamu membukannya maka virus langsung masuk ke dalam laptop kamu.

4. Membuka Situs yang Mencurigakan

Situs Berbahaya

Situs Berbahaya

Penyebab selanjutnya adalah kamu sering membuka situs yang mencurigakan. Ada beberapa situs yang terdapat virus di dalamnya.

Salah satu tanda situs yang memiliki virus adalah situs yang memiliki banyak iklan. Jadi jika kamu mengunjungi suatu situs yang memiliki banyak iklan. Sebaiknya langsung kamu tinggalkan ya.

5. Tidak Scan Flashdisk yang Masuk

Tidak Scan Flashdisk

Tidak Scan Flashdisk

Penyebab selanjutnya adalah tidak men-scan flashdisk yang masuk ke dalam laptop kamu. Flashdisk memang digunakan untuk mentransfer file dari laptop ke laptop lain.

Apa kamu pernah menemukan virus shortcut di dalam flashdisk? Nah, virus tersebut bisa masuk dengan mudah ke laptop kamu loh. Jadi alangkah baiknya adalah, kamu harus scan flashdisk dengan anti virus ya sobat pintar.

BACA
10 Games PC yang Paling Susah Ditamatin

6. Tidak Update Anti Virus

Tidak Update Virus

Tidak Update Virus

Penyebab selanjutnya adalah tidak update anti virus. Anti virus memang memiliki peran penting di setiap laptop untuk menghapus seluruh virus yang ada di dalamnya.

Termasuk untuk meng-update anti virus tersebut. Agar bisa membersihkan virus-virus terbaru seperti virus Malware /Adware yang ada di dalam browser kamu.

7. Tidak Ada Anti Virus Di Laptop

Tidak Ada Anti Virus

Tidak Ada Anti Virus

Penyebab yang terakhir adalah tidak adanya anti virus di dalam laptop. Setiap laptop yang tidak ada anti virus, akan sangat mudah terkena virus.

Jadi, sebaiknya pasang anti virus di laptop kamu agar laptop kamu terhindar dari berbagai macam virus. Sehingga laptop kamu tidak error atau lemot nantinya.

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Anti Virus

Setelah kita kasih tau apa saja penyebabnya. Kini kita akan kasih tau kamu cara menghilangkan virus tanpa anti virus. Kok bisa ya? Pensaran kan. Yuk lihat di bawah ini.

Cara Menghapus Virus dengan CMD

1. Buka CMD lalu akan muncul kotak hitam seperti di bawah ini.

Buka CMD

Buka CMD

2. Masukan format “dir D: attrib -s -h /s /d” lalu tekan “Enter“. Oh iya jika kamu ingin cek pada hardisk lain, kamu bisa mengganti D dengan lokasi drive.

Masukan Format

Masukan Format

3. Akan banyak muncul folder-folder. Kamu bisa mencari software yang mencurigakan dengan menekan tombol “CTRL + F” lalu masukan kata kunci “.exe“. Lalu kamu tinggal mencari software mana yang kamu curigai.

CTRL + F

CTRL + F

4. Setelah menemukan, kamu tinggal meng-copy saja.

Copy Data

Copy Data

5. Jika sudah, kamu bisa membuka “RUN” lalu masukan format “regedit” lalu tekan “Enter“.

Buka RUN

Buka RUN

6. Klik menu “Edit” lalu klik “Find“.

Edit lalu Find

Edit lalu Find

7. Paste data tadi yang dari CMD.

Paste Data

Paste Data

8. Klik “Yes” untuk menghapus virus tersebut.

Klik Yes

Klik Yes

Cara Menghilangkan Virus Melalui Task Manager

Pertama, buka Task Manager dengan cara menekan tombol kombinasi pada keyboard yaitu “CTRL + SHIFT + ESC“.

Buka Task Manager

Buka Task Manager

Kedua, cari software yang menurut kamu mencurigakan.

Pilih Software Mencurigakan

Pilih Software Mencurigakan

Ketiga, buka menu File lalu pilih Run new task.

Klik RUn

Buka File Lalu Run new task

Keempat, masukan format “msconfig“.

Masukan FOrmat

Masukan FOrmat

Kelima, cari software tadi, lalu dihilangkan ceklis. Jika sudah klik “OK“.

Hilangkan Ceklis

Hilangkan Ceklis

Nah, itu dia cara untuk menghilangkan virus tanpa anti virus. Gimana guys, mudah bukan? Jika kamu memiliki kritik/saran, kamu bisa berikan di kolom komentar ya…

Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top