Tech News

Waspada! Virus Malware Ditemukan di Dalam Game Google Play

Home / Tech News / Waspada! Virus Malware Ditemukan di Dalam Game Google Play

Pada November 2017 lalu Avast Threat Labs berhasil mendeteksi malware JSMiner yang terdapat pada aplikasi di Google Play. Malware yang memiliki kemampuan untuk menambang uang (cryptocurrency) digital ini ternyata ditemukan dalam aplikasi game Cooee.

BACA
Indonesia Masuk Daftar Serangan Malware Melalui GitHub

Malware Bekerja Secara Diam-Diam di Latar Belakang Perangkat!

Saat malware ditemukan ternyata adanya peningkatan malware untuk menambang uang digital pada smartphone. Nyatanya cyber melakukan pengalihan kepada para korban dari PC ke perangkat yang serupa. Peneliti Avast juga telah menemukan 2 aplikasi penambang uang digital yang ada di Google Play yaitu aplikasi SP Browser dan aplikasi Mr. MineRusher dan jumlah pelanggan telah mencapai ribuan setelah digabungkan.

Airy Rooms

Aplikasi SP Browser dan Aplikasi Mr. MineRusher

Menurut peneliti Avast aplikasi tersebut hampir mirip dengan aplikasi yang sebelumnya telah ditemukan pada tahun lalu. Ketika pengguna telah men-download aplikasi dan menjalankan aplikasi, maka proses penambangnya dimulai. Hanya saja, malware ini tidak perlu sampai ada tindakan tertentu dari korban untuk mulai menambang uang digital, contohnya seperti ketika mengklik tombol tertentu.

Namun, aplikasi tersebut secara otomatis langsung terkoneksi dengan situs web AppTrackers.org, situs yang menyimpan CoinHive JavaScript. Jadi ketika sudah terkoneksi dengan domain tersebut maka penambangan uang digital dimulai.

Source Code yang Terdapat di Dalam Aplikasi

Selanjutnya untuk proses penambangan uang digital bekerja di latar belakang secara diam-diam saat layar dimatikan dan juga saat PC terkoneksi internet maupun WiFi. Cara ini sebenarnya hanya menyamarkan serangan malware yang hampir sudah terlihat.

Nah! Berikut ini adalah teknik source code yang digunakan si cyber. Hal ini menunjukkan cara kerja malware menggunakan AppTrackers.org untuk menambang Monero melalui aplikasi di Google Play.

Source Code yang Disisipkan Cyber

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top