Android

Cara Mengatasi HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

Cara Mengatasi HP Android Lemot Menjadi Lebih cepat

Pernah nggak? Kamu mengalami masalah laptop yang lemot atau HP Android yang tiba-tiba menjadi lemot, padahal baru beberapa hari belinya? Pasti pernah dong ya.

Wah! Pasti ngeselin banget yaa, kalau perangkat elektronik seperti HP Android menjadi lebih lemot. Nah, biasanya penyebabnya karena kamu tidak memperlakukan HP Android kamu sebagaimana mestinya.

Tapi tenang, ada cara mengatasi HP Android yang lemot agar seperti baru kembali. Yaudah, daripada lama-lama langsung simak aja ya gaes..

Ini Cara Atasi HP Android Lemot Jadi Lebih Ngebut

Nah! Kali ini kami akan membagikan cara mengatasi HP Android yang lemot. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Selalu Update Aplikasi di Android

Perbaharui Aplikasi

Update Aplikasi

Cara yang pertama adalah dengan selalu melakukan update aplikasi di HP Android kamu. Fungsinya adalah untuk memperbaiki setiap masalah atau bug yang masih ada di aplikasi tersebut.

Karena, setiap aplikasi yang melakukan pembaharuan maka secara otomatis aplikasi tersebut juga akan memperbaiki sistem pemakaian di Android. Selain itu, sistem juga akan memperbaiki penggunaan baterai.

Nah, cara memperbaharui aplikasi di HP Android:

  • Pertama, Buka aplikasi Play Store > Kemudian tap icon menu di pojok kiri atas > Selanjutnya tapAplikasi & Game Saya“.
Aplikasi Play Store

Pilih Aplikasi & Game Saya

  • Kedua, Kemudian pada halaman pembaharuan, kamu tapUPDATE SEMUA“.
Update Aplikasi

Pilih Update Semua

Jika cara di atas tidak berfungsi, kamu bisa membaca artikel mengenai cara mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa di-update aja ya gaes!

2. Jangan Menggunakan Widget

Widget

Menggunakan Widget

Cara yang kedua adalah dengan tidak menggunakan widget di homescreen HP Android kamu. Penggunaan widget ini selain membuat HP Android menjadi lemot juga membuat baterai HP Android bocor loh gaes.

Karena sudah dipastikan kinerja RAM akan menjadi terbagi-bagi dan juga akan mengkomsumsi RAM yang lebih besar dibandingkan yang lainnya. Jadi kamu nggak perlu lagi deh menggunakan widget!

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Uninstall Facebook

Uninstall Aplikasi Facebook

Cara yang ketiga adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi. Karena, biasanya pengguna Android sering banget men-download aplikasi tidak berguna atau yang tidak dibutuhkan.

Nah, salah satu penyebab HP Android kamu lemot karena sumber CPU yang terus berjalan di latar belakang sistem Android. Selain itu, aplikasi juga akan mengambil ruang memori tersebut.

Jadi, mulai sekarang uninstall aja deh aplikasi yang tidak kamu gunakan dan yang tidak kamu butuhkan lagi gaes. Kalau kamu bingung mau uninstall aplikasi apa, kamu bisa cek aja artikel mengenai aplikasi paling boros baterai di Android.

4. Rutin Membersihkan Data Cache pada Aplikasi

Clear Data

Clear Data Aplikasi

Cara yang keempat adalah dengan rutin membersihkan clear cache pada aplikasi. Apa itu cache? Jadi yang perlu kamu ketahui, setiap aplikasi menyimpan berbagai data di ruang penyimpanan internal.

Nah, kapasitas data tersebut akan tersimpan di cache dan penyimpan internal inilah yang membuat kinerja HP Android menjadi lebih lemot.

Nah, cara membersihkan clear cache pada aplikasi di HP Android:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan > Kemudian tapAplikasi Terinstall> Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache.
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan tapHapus Cache“.

5. Gunakan Aplikasi CCleaner

CCleaner

Aplikasi CCleaner

Cara yang kelima adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Oh iya, kamu pasti udah tau kan? Kalau aplikasi ini termasuk aplikasi pembersih RAM, dimana berfungsi untuk mengatasi HP Android yang lambat dan bisa menghapus aplikasi bawaan Android.

Selain itu, Aplikasi ini juga dapat membersihkan sampah berupa file history yang terdapat pada sistem HP Android kamu. Nah, sampah-sampah file history itulah yang menyebabkan HP Android kamu menjadi lebih lemot gaes.

Nah, berikut cara mempercepat HP Android yang lemot menggunakan aplikasi CCleaner:

  • Pertama, Download dan install aplikasi CCleaner.
CCleaner

Aplikasi CCleaner

  • Kedua, Jalankan aplikasiny dan kemudian tapANALYZE” dibagian bawah > Selanjutnya tunggu proses analisa sampai selesai.
Analyze CCleaner

Pilih Analyze

  • Ketiga, Setelah itu pilih sistem atau aplikasi yang ingin kamu hapus cache > Kemudian tapCLEAN” dan tunggu proses clean sampai selesai.
Clean di CCleaner

Pilih Clean

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara agar HP Android tidak lemot. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top